Tips

3 Cara Menambahkan Lirik Lagu di Musik Player Android

Cara Menambahkan Lirik Lagu Di Android – Sekarang rata-rata musik player di ponsel berbasis Android sudah support extension lrc. Yang mana file LRC adalah sebuah format file yang dapat mensinkronkan sebuah lirik dengan sebuah format audio seperti MP3.

Ketika music player di Hp Android kita memainkan sebuah lagu otomatis akan muncul lirik dari lagu tersebut. Tentunya tidak serta merta muncul lirik tersebut tapi kita harus memasukan file lrc di media penyimpanan dimana file MP3 berada.

Untuk mendapatkan lirik berformat lrc kita harus mencari di situs-situs yang menyediakan file lirik lagu yang berformat lrc. Atau juga dengan menggunakan software pada komputer, software yang terkenal dan memiliki database yang cukup lengkap dikenal dengan “Minilyric“.

Waktu jamanya Winamp pasti sudah kenal dengan software ini, yang merupakan salah satu plugin populer di Winamp.

Crintsoft yang merupakan developer Minilyric juga membuat aplikasi ini dapat berjalan di operasi system Android. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store seharga sekitar Rp.20rb, cukup murah untuk sebuah aplikasi yang sangat membantu ini.

Bagi yang tidak mempunyai kartu kredit jangan khawatir sebab kamu bisa melakukan pembelian dengan metode potong pulsa. Bagi yang belum tahu caranya coba ikuti tutorial yang pernah di posting disini cara beli aplikasi di Google Play.

Perhatian

  • Tidak semua lagu yang ada di seluruh dunia ini tersedia liriknya, apalagi lagu2 indie atau yang kurang populer.
  • Cararoot.com hanya sebagai penyedia informasi dan apabila aplikasi ini tidak sesuai dengan harapan kamu, itu bukan tanggung jawab kami.
  • Pastikan Musik Player yang kamu gunakan support lirik lagu. Karena tidak semua aplikasi Musik Player support menampilkan lirik lagu.
  • Untuk hal-hal lain yang berhubungan dengan aplikasi Minilyric silahkan kontak developernya

Menambahkan Lirik Lagu Dengan Aplikasi Minilyric

Aplikasi Minilyric Android

  1. Unduh aplikasinya Di sini. (maaf saat ini Minilyrics sudah tidak bisa lagi menampilkan lirik lagu, silahkan gunakan metode yang lain)
  2. Setelah terinstall buka aplikasi tersebut
  3. Plih lagu yang ingin didapatkan liriknya (pastikan internet di android kamu aktif)
  4. Saat kita memainkan lagu otomatis Minilyric akan menampilkan lirik lagu tersebut (jika ada dalam database mereka)
  5. Apabila lirik lagunya muncul otomatis akan langsung tersimpan file lirik yang berformat .lrc di penyimpanan smartphone kamu sehingga kamu bisa menggunakannya secara offline atau saat menggunakan musik player yang lain.
  6. Apabila liriknya tidak muncul, gunakan fasilitas pencarian di Minilyric kemudian tulisakan nama judul lagunya atau nama penyanyinya. Apabila tersedia akan muncul file liriknya kalau ada pilih yang format .lrc

Menambahkan Lirik Lagu Tanpa Aplikasi

Kalau kamu ingin menambahkan lirik lagu secara manual (offline) memang sedikit ribet tapi kalau sudah terbiasa akan mudah melakukannya.

  1. Cari file lirik format .lrc di google yang di share oleh situs penyedia lirik lagu seperti megalobiz.com atau syair.info dan lainnya.
  2. Buka browser di HP kamu kemudian ketikan megalobiz.com pada kolom pencarian kamu ketik nama penyanyinya.
    Situs Lirik Lagu Megalobiz
  3. Nanti akan muncul lagu-lagu dari artis yang kamu inginkan untuk mendownload file liriknya. Pilih lagu yang ingin kamu tambahkan liriknya.
    Pilih Lirik Lagu Di Megalobiz
  4. Setelah itu kamu klik tombol download yang berwarna hijau.
    Download Lirik Lagu Di Megalobiz
  5. Setelah berhasil di download, kamu buka File Manager. Cari file lirik lagu tersebut biasanya ada di folder Download.
    Letak Folder Download Lirik Lagu
  6. letakan file lrc bersama lagunya dalam satu folder dan juga nama antara file lrc dan lagunya harus sama persis. Seperti contoh di bawah ini.
    Stairway_To_Heaven.mp3
    Stairway_To_Heaven.lrc
    Samakan Judul dan Lirik Lagu
  7. Sekarang coba putar lagu tersebut, kalau benar penamaan filenya, pastinya lirik lagu akan tampil di Musik Player Android kamu.

Menambahkan Lirik Lagu via Musixmatch – Lyrics & Music

musiXmatch Lyrics Player adalah aplikasi music player yang sudah terintegrasi dengan lirik lagu di Android kamu. Aplikasi ini memiliki lirik lebih dari tujuh juta lagu, sehingga memudahkan kita untuk menemukan lirik dari tiap lagu yang kita dengar.

  1. Kamu install dulu aplikasi Musixmatch ini, dengan mengunduh nya di Google Play Store. Cara nya sangat mudah, buka aplikasi Google Play Store, lalu ketik di kolom pencarian dengan kata “Musixmatch”, setelah itu download.
  2. Setelah terpasang aplikasi nya, buka aplikasi Musixmatch lalu anda akan diminta login ke akun sosial media.
  3. Kamu tinggal memutar lagu yang ada di playlist, maka secara otomatis lirik lagu akan muncul (menggunakan koneksi internet).
  4. Untuk bisa download lirik lagu, kamu harus menjadi member premium dengan membayar biaya bulananan sekitar 7 ribu rupiah.

Nah itulah 3 cara menambahkan lirik sebuah lagu lewat HP Android, kamu saat ini pastinya sudah bisa berkaraoke melalui HP. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *