Selasa , 12 Desember 2017
Home / Tips n trik / Cara Memasang Google Play Store, Google Framework Dan Google Services

Cara Memasang Google Play Store, Google Framework Dan Google Services

Rata-rata hampir smartphone android yang berasal dari china tidak menyertakan layanan Google seperti Play Store, Youtube, Gmail dan lain-lain, itu dikarenakan kebijakan dari pemerintah China yang melarang penggunaan Layanan Google. Makanya rata-rata para produsen hape disana membuat layanan App Store sendiri seperti Xiaomi dengan Mi Store nya. Tapi sayang App Store nya tidak sebaik dan selengkap punya Google.

Untuk menginstall layanan Google seperti Google Play, Google Framework, Google Services dan Google Play Store ada beberapa metode yaitu dengan menginstall Google Installer atau dengan melakukan flashing file Google yang telah di zip, biasanya yang terkenal buatan Opengapps.org.

Untuk itu pada postingan kali ini saya akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara memasang aplikasi Play Store tersebut secara manual.

1. Dengan Google Installer Tanpa Root
Metode ini tidak memerlukan akses root dan terinstall TWRP, sebab kamu cukup menginstall aplikasi ini dan menunggu sampai layanan Google terinstall di hape kamu. Metode ini berjalan di ROM MIUI, ROM Flyme dan beberapa ROM China yang lain. Tapi kadang sering tidak berjalan dengan baik.

  1. Pertama Aktifkan dulu “unknown source” kalo dalam bahasa indonesia “sumber tidak dikenal” , apabila kamu menggunakan ROM MIUI ada di Settings >> Additional settings >> Privacy >> Centang Unknown Source. Apabila menggunakan ROM selain MIUI cari di bagian Security atau Privacy
  2. Selanjutnya Download dan install Aplikasi Google Installer
  3. google installer miui

  4. Setelah terinstall buka aplikasinya dan klik bulatan Biru nya
  5. Tunggu sampai semua layanan google terinstall di hape kamu

Metode 2: Dengan Flashing GAPPS (Rekomendasi)
Menggunakan metode ini wajib sudah terinstall custom recovery seperti TWRP dan CWM dan saya lebih merekomendasikan menggunakan metode ini sebab layanan Google nya lebih terupdate.
opengapps

  1. Buka www.opengapps.org via browser hape
  2. Tunggu beberapa saat sampai web ini mendeteksi dan memilihkan GAPPS yang cocok dengan ROM yang kamu gunakan, tapi pada bagian variant kamu lebih baik memilih “Pico“.
  3. Selanjutnya kamu tinggal klik bulatan merah…nanti GAPPS nya akan terdownload
  4. Setelah selesai masuk ke TWRP/CWM dan flashing file tersebut

Related

Tentang admin

Hanya seorang pengemar Android dari jamanya Nexus One, yang ingin berbagi pengalamnya melalui Blog.

Beri Komentar

Beri Komentar

2 comments

  1. met siang saya pengguna samsung gt s7262 mau tanya bagaimana cara mengganti atau me replace google play store dan google play services dengan yang baru karena instalan sebelumnya tertulis minta update tetapi setelah update masih belum bisa hilang errornya
    perlu anda ketahui saya hanya ingin standar aja tidak usah root (itupun kalao bisa ) mohon bantuannya
    apo

    • kalo ingin tanpa root coba di di remove dulu akun google nya kemudian lakukan clear data di playstore sama di google play service nya…terus reboot setelah reeboot masukin akun google kamu lagi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *