Tips

Cara Mengatasi Sinyal 4G Smartfren yang Hilang

Smartfren salah satu penyedia layanan seluler yang juga menghadirkan perangkat komunikasi berkualitas dengan harga terjangkau, guna mendukung adaptasi jaringan yang disediakannya. Melalui smartphone Andromax, Smartfren bertujuan menghadirkan akses bagi konsumen untuk menikmati jaringan 4G dengan fitur VOLTE yang diunggulkannya.

Mungkin bagi kamu yang suka ngoprek tentu tahu, Andromax Series ini salah satu smartphone yang tergolong sulit di oprek, banyak proteksi yang mereka terapkan seperti memproteksi USB Debugging, rawan terjadi broken permanen apabila di root dan partisi modem yang sensitif sehingga terkadang sinyal tidak muncul.

Hal ini dapat dimengerti karena selain pembuat smartphone, mereka juga operator telekomunikasi. Jika diberikan akses tak terbatas, pengguna akan mudah memodifikasi Andromaxnya sehingga tak perlu lagi menggunakan layanan Smartfren. Tapi tentunya tidak semua opreker bertujuan mengganti layanan mereka.

Ya, hilang sinyal memang tidak bisa dihindari. Kendati begitu, ada sejumlah tips yang bisa kamu coba

Untuk memastikan kehilangan sinyal apakah dari smartphone kita ataupun memang ada perbaikan jaringan di lokasi kita, coba kamu ke tempat terbuka dulu atau berpindah tempat lain. Apabila di tempat lain sinyal smartfren muncul berarti memang di BTS di sekitar tempat kamu lagi ada perbaikan. Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode (Mode Pesawat) terlebih dahulu dalam beberapa menit kemudian mengaktifkan kembali.

Satu hal yang mungkin banyak pengguna yang belum tahu, mengaktifkan internet di SIM 2 pada custom rom otomatis jaringan smartfren akan hilang, karena SIM 1 yang berisi Smartfren akan beripindah ke 2G. Sedangkan frekuensi jaringan Smartfren tidak support 2G.

Apabila cara di atas tidak berhasil kamu bisa mencoba trik berikutnya dengan merefresh jaringan melalui SIM Toolkit

Mengatasi Hilang Sinyal 4G Smartfren Dengan SIM Toolkit

  1. Buka aplikasi SIM TOOLKIT Smartfren
  2. Kemudian pilih Roaming
  3. Disitu ada 2 pilihan Smartfren (on) dan Smartfren+. pilih Smartfren+
  4. Nanti akan muncul notifikasi yang berbunyi “You have to restart your phone now” pilih OK kemudian kamu matikan Andromax nya dan hidupkan lagi.
    Gambar Cara Mengatasi Sinyal 4G Smartfren yang Hilang 1
  5. Langkah selanjutnya kamu buka kembali SIM Toolkit, kemudian pilih Smartfren

Demikianlah tips dari saya ini semoga berguna, nanti kalau ada kesempatan lagi coba menambah tips lainnya.

3 Comments

  1. Ketika coba memperbaiki dgn cara sim toolkit jaringan dan toolkit malah hilang min.
    Gimana cara memperbaikinya kembali. Konter gak bisa, angkat tangan. Mungkin saudara bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *