Serba-serbi

Beberapa Fitur-Fitur Baru yang Ada di Android Nougat

Operasi system Android Nougat oleh google di bekali dengan berbagai perubahan dan pembaruan yang tidak terdapat pada sistem operasi sebelumnya. Lalu apa saja yang Fitur-fitur penting yang ada di Android Nougat? Simak beberapa fitur yang dirangkum cararoot dari berbagai sumber!

1. Split Screen Mode
Dengan fitur Split Screen atau Multi Window untuk pengguna Vivo biasa disebut Smart Split ini kamu bisa membuka dua aplikasi sekaligus pada layar yang sama. Dan kerennya lagi, kamu bisa melakukan drag and drop tulisan dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan mudah di mode ini.
Apabila kamu ingin mengaktifkan fitur ini cukup dengan menekan dan menahan tombol recent apps selama beberapa detik. Jika ingin keluar dari mode ini, kamu cukup melakukan hal yang sama sekali lagi.
Dengan fitur seperti ini kamu bisa menonton Youtube di browser sekaligus membalas email atau melakukan chatting

2. Easy Pull Down Shade Editing
Dengan fitur ini kamu bisa dengan mudah melakukan kustomisasi pada pull-down shade dengan tiles pilihan kamu.
Jika kamu menarik shade dan menekan arah panah kecil yang terletak di bagian kanan, akan muncul default easy-access tiles seperti WiFi, bluetooth, dan airplane mode. Untuk melakukan kustomisasi, cukup tekan tombol edit yang akan memunculkan seluruh list tiles. Nah, saat ingin mengeluarkan tiles yang default ataupun memasukkan tiles baru, cukup drap and drop tiles yang dimaksudkan.
Disamping itu, pull-down shade pada Android Nougat juga memungkinkan kamu untuk mengakses lebih banyak tiles dengan melakukan swipe kiri atau kanan. Kini, kamu bisa menjadi lebih efisien dalam mengakses fitur dan aplikasi penting di bagian pull-down shade.

3. Nougat Easter Egg
Di Android Marshmallow atau Lollipop terintegrasi game Flappy bird, Tapi kalau di Nougat mempunyai game baru yang bernama Kitty Collector, game tersembunyi ini bisa kamu akses dibagian pengaturan, about phone, android version, dan tekan logo Android Nougat berulang kali sampai muncul emoji kecil bergambar kucing pada layar.
Kemudian tarik notification shade dan tekan tombol edit di mana kamu bisa menemukan lambang kucing dengan label “???? Android Easter Egg”. Cukup Drag and drop lambang kucing ke bagian quick panel untuk memunculkan lambang empty dish.

Setelah itu, tinggal pilih empat jenis makanan untuk kitty, mulai dari bits, ikan, ayam, dan treat. Setelah satu jam, akan muncul notifikasi kalau kamu sudah menemukan kitty. Lucu, ya!

4. UI Tuner
Fitur customisasi ini memang sengaja di sembunyikan. Untuk mengaktifkan menu tersembunyi ini, tarik notification shade dan tekan agak lama sekitar 5 detik pada tombol pengaturan di bagian kanan atas. kamu kemudian akan menemukan menu baru di bagian pengaturan yang bernama “System UI Tuner”.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa memilih isi dari status bar pada smartphone kamu. Selain itu, pada UI Tuner ini, kamu bisa memilih untuk mengaktifkan mode “do not disturb” hanya dengan menekan tombol volume di bagian samping smartphone.

5. Membalas Chat langsung di Notifikasi
Pada Android Nougat, kamu bisa membalas chat langsung di bagian notifikasi, loh! Fitur baru dari sistem operasi Android ini memungkinkan penggunanya tidak hanya melihat isi chat dibagian notifikasi, tapi juga membalasnya.

So, kamu bakalan lebih produktif dan efisien karena nggak harus membuka aplikasi instant communication seperti Line dan Whatsapp terlebih dulu untuk membalas chat.

6. Kontrol Notifikasi
Dengan fitur ini kamu bisa mengatur notifikasi dari yang penting hingga yang kurang penting dengan cara mengaktifkan power notification controls di bagian UI Tuner. kamu bisa mengatur notifikasi dari setiap apikasi dengan memilih skala nol (tidak penting) sampai lima yang berarti sangat penting.

Contohnya seandainya kamu memilih salah satu aplikasi game di smartphone dengan skala nol, berarti setiap notifikasi dari game ini akan di non-aktifkan. Sedangkan notifikasi dari aplikasi berskala lima akan ditampilkan di list notifikasi teratas, bahkan full-screen.

Untuk memilih skala notifikasi dari setiap aplikasi, kamu bisa menuju ke bagian notifikasi di pengaturan.

7. Ukuran Layar
Bagi yang menderita rabun dekat atau suka dengan ukuran layar kecil supaya saat sedang nge-chat tidak diintip orang lain, fitur ini jawabannya!

Fitur yang satu ini memungkinkan kamu tuk mengubah ukuran layar demikian juga dengan tulisan dan ikon akan menyesuaikan dengan ukuran layar yang baru.Adapun tuk emngaktifkan fitur ini, Cukup akses bagian display, lalu pilih satu ukuran yang diinginkan dari lima ukuran layar yang tersedia.

8. Pengaturan Daya Baterai
Sebenarnya fitur yang bernama doze ini sudah ada di sejak Android Marshmallow. tapi berbeda dengan yang ada di Android Nougat akan tetap aktif walaupun smartphone kamu dalam keadaan bergerak.

Fitur pengaturan daya baterai bernama doze ini secara otomatis mematikan network access dan memblokir kemampuan aplikasi untuk terus berjalan saat smartphone sedang tidak digunakan.
Apabila kamu menyimpan smartphone di kantong, fitur doze tetap akan bekerja untuk menghemat daya baterai.

9. Update Seamless
Di Os sebelumnya kit sebagai pengguna android sedikit ribet dengan aktifitas update firmware OS android yang lumayan memakan waktu terlbih cukup repot dengan harus mereboot HP kita setelahnya, Di Nougat hal ini tidak akan terjadi lagi karena sudah diisi fitur seamelessly sehingga update firmware akan berjalan otomatis dibelakang layar sehingga pengguna tak perlu di repotkan dengan langkah2 manual yang cukup menyita waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *