Root

Xiaomi Redmi 5 / Plus Pasang TWRP Serta Root [Vince & Rosy]

Cara pasang TWRP dan Root Redmi 5 / Plus – Kali ini saya akan membahas tutorial tentang bagaimana cara menginstall atau memasang Kustom recovery TWRP di Redmi 5 (Rosy) atau Redmi 5 Plus (Vince). Kustom recovery yang paling terkenal saat ini adalah TWRP dimana memiliki fungsionalitas lebih dibanding recovery lain termasuk stock Mi Recovery/bawaan Redmi 5.

Dengan adanya TWRP terpasang di Redmi 5 / Plus ini menjadikan hidup lebih mudah, dalam artian dengan mudah kita bisa memperbaiki hp yang error/bootloop dengan cara melakukan restore atau menginstall stock rom/custom rom, kita dapat dengan mudah gonta-ganti ROM, menginstall berbagai tweak dan lain sebagainya.

Agar TWRP bisa terpasang, Redmi 5/plus kamu sudah harus ter-unlocked bootloadernya terlebih dahulu, apabila belum silahkan kamu ikuti tutorialnya Cara UBL Redmi 5 Dan Redmi 5 Plus disini terlebih dahulu.

Kalau sudah berhasil di UBL untuk tutorial cara install/pasang twrp di rosy dan vince ini lihat step by step nya di bawah ini.

Sekedar informasi disini saya menggunakan Tool Flasher TWRP yang dikembangkan oleh Fendy Perdana, tool yang beliau share ini bisa digunakan di Redmi 5A/Redmi 5/Redmi 5 Plus. Dan sekali lagi thanks buat beliau yang telah membuat Redmi 5 hidup menjadi mudah.

Sebelum memulai pastikan kamu sudah sukses UBL dan Debugging USB serta OEM Unlock sudah di aktifkan terlebih dahulu.

Perhatian – Lakukan Backup terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial ini, untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak di inginkan karena dari beberapa kasus ada yang TWRP nya terkunci (minta password), kamu bisa mencoba menggunakan password dari lockscreen yang kamu buat. Tapi kalau tetap gagal terpaksa harus melakukan Wipe Data/Factory Reset.

Cara Install Custom Recovery TWRP Di Redmi 5 Dan Redmi 5 Plus

  1. Download Toolkit Flasher TWRP by Fendy Perdana. Kemudian kamu extract filenya di PC/Laptop.
  2. Download juga No-verity Redmi 5/Plus dan file Magisk Root (untuk nge-root nya), kemudian filenya di letakan di Redmi 5/plus kamu, bisa di internal storage maupun memory card/Sdcard.
  3. Sekarang matikan Redmi 5/Plus kamu, selanjutnya tekan tombol Volume Bawah (tombol memperkecil suara) dan tombol POWER tahan kedua tombol tersebut sampai masuk ke Fastboot (seperti gambar di bawah ini).
    Fastboot Mode Xiaomi
  4. Sekarang buka folder TOOLKIT_TWRP_REDMI5A_5-5Plus kemudian double klik file TOOLKIT.
    Toolkit TWRP Redmi 5 dan Redmi 5 Plus
  5. Nanti muncul command prompt yang sudah di modifkasi sehingga memiliki tampilan yang menarik.
    TWRP Redmi 5
  6. Di situ ada keterangan kalau memilih “2” berarti menginstall TWRP Redmi 5 dan kalau memilih “4” berarti akan memasang TWRP Redmi 5 Plus. Silahkan pilih sesuai dengan hp kamu setelah itu klik ENTER.
  7. Otomatis TWRP akan terpasang/terinstall di Redmi 5 kamu dan akan langsung masuk ke TWRP mode.
  8. Apabila TWRP nya minta password, coba gunakan password dari lockscreen. Kalau masih gagal terpaksa lakukan Wipe Data dengan cara pilih WIPE kemudian Swipe To Factory Reset setelah itu pilih Reboot dan pilih Recovery. Sampai di sini seharusnya TWRP nya sudah tidak bermasalah lagi dengan password maupun internal yang hanya terbaca 0 MB.
  9. Sekarang lanjut ke step berikuntya dengan menginstall file no-verity.zip dan ini wajib di install sebab kalau tidak maka Redmi 5 kamu akan bootloop. Untuk caranya pilih Install kemudian pilih file no-verity.zip setelah itu Swipe to confirm flash.
    install no-verity Redmi 5
  10. Sekarang kamu sudah bisa melakukan root.
  11. Pilih Install dan pilih file Magisk.
    Root Redmi 5 Dengan Magisk
  12. Kalau proses pemasangan Magisk telah selesai silahkan di Reboot System.

Proses boot up mungkin sedikit lebih lama dari biasanya……

Demikian post tentang Tutorial Pasang TWRP dan Root di Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Kalau ada yang ingin ditanyakan kamu dapat berkomentar dikolom komentar di bawah ini.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *