Home / TIPS n TRIK / Cara UBL Redmi 5 PRO / Redmi 5 Plus Dan Redmi 5

Cara UBL Redmi 5 PRO / Redmi 5 Plus Dan Redmi 5

Cara UBL Redmi 5/Plus/Pro
UBL Xiaomi Redmi 5/Plus/Pro
Xiaomi saat ini lagi getol-getolnya mengeluarkan smartphone terbaru mereka, salah satunya yang baru di rilis adalah Redmi 5 baik itu varian PRo dan Plus nya. Kalau kamu sudah memiliki smartphone ini dan ingin lebih memaksimalkan pengunaanya dengan menginstall TWRP dan root hal pertama yang harus di lakukan adalah membuka kunci bootloader terlebih dahulu.

Bisa di bilang bootloder yang terkunci merupakan pegamanan tingkat tinggi, kalau hanya membuka akses ke system mungkin dengan mudah kita bisa melakukanya tapi kalau bootloadernya yang di kunci sampai saat ini belum ada tool pihak ke-3 yang bisa melakukannya tanpa seizin pihak Xiaomi.

Semoga saja kelak ada developer yang bisa menciptakan tool untuk membuka akses bootloadernya…hehehehe, terus terang saya juga kurang suka dengan pengamanan ini, selain ribet dan tentunya membutuhkan waktu yang lama berkisar hampir sebulan untuk proses UBL di perangkat buatan Xiaomi ini.

Bagi kamu yang ingin UBL/Unlock Bootloader di Redmi 5/PRO/PLUS dan semua perangkat buatan Xiaomi akan kehilangan garansinya. Kamu tidak bisa klaim garansi lagi.

Kalau menggunakan smartphone ini untuk bersosial media dan sebagai sarana komunikasi saja, lebih tidak perlu melakukan Unlock-Bootloader.

Tapi kalau gemar mengotak-atik dan memodifikasi sistem seperti saya ini, UBL hal yang wajib pertama kali di lakukan. kalau sudah terbuka bootloader-nya, kita sudah bisa me-root, atau menginstall Custom ROM, install Xposed serta hal lainya yang tidak bisa dilakukan saat belum di root.

Cara Unlock Bootloader/UBL Di Xiaomi Redmi 5 PRO / Redmi 5 Plus Dan Redmi 5

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat Akun MI terlebih dahulu. Untuk cara registrasi Akun MI bisa menggunakan hape Xiaomi kamu. Kalau sebelumnya sudah memilikinya silahkan login terlebih dahulu.
  2. Langkah berikutnya kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Lihat disini Ttutorial lengkap untuk mengaktifkan Debugging USB Dan OEM Unlock.
  3. Setelah itu kamu buka juga menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang tersebut
  4. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya tap Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses binding akun, akan seperti gambar di bawah ini. (kalau gagal coba di nonaktifkan fitur Cari Perangkat. Buka SetelanSinkronMi Cloud kemudian Restart setelah itu coba di bind lagi)
  5. Sekarang lanjut dengan meminta ijin untuk UBL terlebih dahulu ke pihak Xiaomi melalui web resmi mereka di http://en.miui.com/unlock/
  6. Disitu kamu akan di minta untuk mengisi data, nomor telpon yang sesuai dengan yang kamu daftarkan saat membuat Akun Mi dan alasan mengapa ingin di unlock. Untuk alasanya biar disetujui contohnya seperti ini “My Xiaomi Redmi 5 plus bootloop! I dont have any solution to fix this problem. I have to unlock bootloader, so i can fix this problem from fastboot method.
  7. Kalau Xiaomi telah mengirimkan SMS verifikasi, segeralah masukan kode 6 angka tersebut.
  8. Sekarang kamu tinggal menunggu lagi SMS persetujuan dari Xiaomi (biasanya antara 1-5 hari) yang mengijinkan kamu untuk UBL. Kalau ada SMS yang seperti ini “You’ve been granted the permission to unlock your device. Download Mi Unlock Tool at http://en.miui.com/unlock/” bearti kamu sudah di setujui untuk melakukan UBL
  9. Sekarang kamu download Mi Unlock Tool ini Mi Unlock Tool
  10. Kemudian extract file tadi di PC/laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  11. Setelah itu buka file MiFlashUnlock.exe.
  12. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan di minta masukan Mi AKUN yang telah di buat tadi.
  13. Sekarang Matikan smartphone kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara matikan hape nya kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, hubungkan ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  14. Apabila Redmi kamu sudah terhubung dengan baik, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock.
  15. Apabila failed muncul seperti ini “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan UBL.

Demikianlah proses Unlock Bootloader di Redmi 5 baik itu Redmi 5 Pro dan Redmi 5Plus, pengguna samrtphone Xiaomi yang lain juga bisa menerapkan tutorial ini.

Semoga apa yang saya tulis ini kamu paham dan memang proses UBL nya sedikit ribet dan tidak langsung bisa karena biasanya harus menunggu selama 15 hari, jadi silahkan membaca terlebih dulu dan pahami.

Loading...

Related

Tentang admin

Hanya seorang pengemar Android dari jamanya Nexus One, yang ingin berbagi pengalamanya tentang Android melalui Blog.

Beri Komentar

Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *