Tips

Cara Pasang Xposed Framework Redmi Note 3 MIUI 9 Marshmallow

Cara Mudah Pasang/Instal Xposed Framework Redmi Note 3 PRO (Kenzo) Di MIUI 9 Marshmallow. Selain mengganti ROM ada hal lain yang sering dilakukan oleh pengiat Android yakni memodifikasi system Android tanpa perlu mengganti ROM dan cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa memodifikasi system android adalah Xposed Framework.

Xposed Framework adalah aplikasi yang mewadahi module-module untuk mengubah system android di HP kalian. Module Xposed banyak macam dan memiliki fungsi-fungsinya sendiri ada yang berfungsi mengubah tampilan seperti edit icon, sinyal, jam dan lain sebagainya. Selain buat kustomisasi ada juga module khusus tweaker seperti menonaktifkan aplikasi system, menambah zram, overclock/underclock CPU, mengganti governor dan masih banyak lagi fungsi dari setiap module yang dibuat oleh para pengembang.

Jadi Xposed ini memudahkan kita mengedit system android tanpa perlu merubah aplikasi system yang ada di smartphone kamu. Terimah kasih buat Rovo89 yang telah mengembangkan aplikasi ini.

Untuk menggunakan Xposed Framework harus sesuai dengan operasi sistem dan arsitektur prosesor yang digunakan di smartphone kalian apakah itu ARM untuk 32-bit atau ARM64 untuk 64-bit.

Pada dasarnya semua HP bisa menggunakan Xposed tapi ada beberapa vendor smartphone yang menggunakan framework yang berbeda sehingga Xposed ini harus di modifikasi lagi agar bisa berjalan seperti di MIUI atau Samsung dengan Touchwiz/GraceUI.

Nah untuk Redmi Note 3 menggunakan MIUI 9 yang berjalan di Android Marshmallow memerlukan Xposed Framework sendiri dimana Xposed ini sudah di modifikasi oleh salah seorang pengembang dari rusia yang bernama Solarwarez sehingga kompatible dengan MIUI.

Untuk cara install ada persyaratan wajib yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yakni sudah sukses terinstall TWRP dan melakukan Root.

Perhatian

  1. Khusus untuk Redmi Note 3 PRO (KENZO)
  2. Menggunakan ROM MIUI 9 Marshmallow
  3. Sudah terpasang TWRP dan Root
  4. Sangat di rekomendasikan sebelum menginstall Xposed, lakukan Backup ROM terlebih dahulu, bertujuan untuk berjaga-jaga apabila justru mengalami bootloop.

Bahan-bahan Xposed Redmi Note 3

  1. xposed-v87.1-sdk23-arm64–MIUI9-edition-by-SolarWarez-20170612-mod_by_us3r.zip
  2. Xposed Installer APK
  3. xposed-uninstaller-20150831-arm64.zip (berfungsi untuk menghapus Xposed atau mengatasi bootloop)

Cara Install Xposed Redmi Note 3 Marshmallow via TWRP

  1. Masuk ke TWRP dengan cara matikan Redmi Note 3 kemudian tekan Tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak, kemudian lepaskan saat terasa mau hidup.
  2. Setelah berhasil masuk ke TWRP pilih menu Install
    Install Xposed via TWRP
  3. Kemudian cari dan pilih file xposed-v87.1-sdk23-arm64–MIUI9-edition-by-SolarWarez-20170612-mod_by_us3r.zip
  4. Kemudian geser Swipe to confirm flash
  5. Setelah proses instalasi Xposed selesai, kamu pilih Reboot System

Proses booting memang sedikit lebih lama dari biasanya, jadi harap bersabar saja.

Sekarang lanjut kamu install aplikasi Xposed installer apk, menginstall aplikasi ini kalian harus mengaktifkan Unknown Source/Sumber tidak di kenal yang ada di SetelanSetelan tambahanPrivasiSumber Tidak di kenal.

Setelah terpasang buka aplikasi Xposed Installer, kalau Xposed berwarna hijau berarti sudah aktif dan berhasil terpasang.
Gambar Cara Pasang Xposed Framework Redmi Note 3 MIUI 9 Marshmallow 1

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan Xposed berserta module-modulenya. Tutorial pemasang Xposed di atas khusus buat yang root Redmi Note 3 dengan menggunakan SuperSU. Bagi yang menggunakan Magisk kemungkinan tidak bisa menggunakan Xposed ini, coba gunakan Xposed yang disediakan di aplikasi Magisk Manager.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *