Cara Cek IMEI Samsung Asli Atau Replika (100% Akurat)

Hp Samsung sampai saat ini masih sebagai perangkat seluler paling populer sedunia. Popularitas Samsung menjadi target para produsen barang tiruan. Salah satu cara agar mengetahui HP Samsung kamu replika adalah dengan melakukan validitas nomor IMEI.

Semakin tinggi tingkat penjualannya sebuah smartphone semakin besar kemungkinan HP tersebut di tiru (Replika). Mungkin kalau penjualnya jujur akan menyertainya dengan embel-embel Super Copy, King Copy, KW Super dan sebagainya.

Secara kasat mata sulit membedakan antara HP Samsung yang asli dan palsu/replika. Untuk mengetahui status HP tersebut kita bisa lihat pada nomor IMEI dan seri.

International Mobile Equipment Identity (IMEI) dan nomor seri adalah dua bentuk identifikasi untuk perangkat seluler seperti ponsel atau tablet. IMEI ini memuat informasi berbagai hal seperti nama produk, produsen, masa garansi, tanggal produksi dan sebagainya.

Dengan adanya IMEI akan membantu memastikan bahwa HP Samsung kamu bukan palsu dan selain itu juga, dapat membantu kamu menemukannya jika hilang atau dicuri.

Cara Cek Nomor IMEI Samsung

Di HP Samsung ada beberapa cara untuk melihat nomor IMEI. Kamu dapat dengan mudah cek nomor IMEI ini langsung di HP atau tablet Samsung.

Berikut adalah daftar metode alternatif yang dapat kamu gunakan untuk mengecek keberadaan nomor IMEI Samsung.
Cek IMEI Samsung Di Pengaturan

1. Lewat Pengaturan

  1. Dari layar beranda buka Pengaturan.
  2. Gulir daftar Pengaturan dan ketuk Tentang ponsel.
  3. Ketuk Status.
  4. Ketuk informasi IMEI. Kamu akan ditunjukkan IMEI di bagian atas.

2. Kode Dial

  1. Pada keypad, tekan kode *#06#.
  2. kemudian, tekan tombol call.
  3. kode IMEI akan segera tampil di layar.

3. IMEI Di Dus/Box

Selain kedua cara diatas, kamu juga bisa cek nomor IMEI yang tertulis di Box atau Dus. Biasanya tertera dibelakang tertulis IMEI 1 dan IMEI 2 dengan susunan angka terdiri dari 14 sampai 16 digit.

Kamu sekarang catat nomor IMEI HP Samsung tersebut, kemudian cocokkan IMEI tersebut, kalau berbeda bisa jadi HP kamu tersebut barang refurbish atau rekondisi.

Cek Validitas IMEI Samsung

Cek IMEI Samsung Di imei.info
Setelah kamu mendapatkan no IMEI Samsung, langkah selanjutnya coba melakukan validitas nomor IMEI tersebut. Bila informasi yang kamu dapatkan dengan sesuai dengan HP Samsung kamu bisa dipastikan itu bukan replika.

  1. Buka halaman situs cek IMEI ini https://www.imei.info/
  2. Masukan nomor IMEI HP Samsung kamu.
  3. Setelah itu klik Saya bukan robot yang ada dibagian reCaptcha.
  4. Kemudian tap tombol Check.
  5. Nanti akan muncul keterangan nama HP Samsung.
  6. Kalau sesuai dengan handphone kamu itu berarti asli bukan replika.

Sampai disini kamu sudah bisa membedakan ponsel Samsung yang asli dan replika sehingga tidak akan salah lagi dalam membeli.

Sebagai tambahan, kamu bisa cek nomor IMEI tersebut di situs pemerintah dalam hal ini Kementerian perindustrian. Karena sesuai dengan kebijakan pemerintah kita yang hanya mengizinkan HP yang dijual khusus di indonesia.

Meskipun HP kamu itu asli dan resmi tapi IMEI tersebut tidak terdaftar di database Kemenperin, maka HP tersebut akan tidak bisa menggunakan kartu SIM dari operator seluler indonesia.

Cara Cek IMEI Terdaftar Di Kemenperin

Sejak bulan April 2020 pemerintah sudah mensahkan peraturan tentang IMEI, dimana setiap perangkat seluler yang dijual di indonesia harus terdaftar IMEI-nya. Kalau tidak terdaftar HP atau tablet Samsung kamu akan di blokir tidak akan mendapatkan sinyal.

Untuk mengetahui IMEI terdaftar atau tidak bisa lihat prosedurnya di bawah ini.

  1. Buka halaman cek IMEI di web https://imei.kemenperin.go.id.
  2. Isi nomor IMEI SIM1 pada kolom sediakan.
  3. Tap pada icon yang ada di bawah.
  4. Kalau Samsung kamu terdaftar akan ada keterangan “IMEI terdaftar pada database Kemenperin”.

Sekarang kamu sudah tahu prosedur lengkap mengenai cara cek IMEI HP Samsung. Semoga dengan adanya panduan ini bisa membantu kamu agar terhindar dari handphone Samsung palsu, replika, tidak resmi sehingga terhindar dari pemblokiran.

Bagi yang masih kurang jelas dengan tutorial diatas, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close