ROOT

2 Metode Root Android 4.3 Jellybean dan 4.4 Kitkat Tanpa PC

Cara Root Android Jellybean dan Kitkat – Kalian pengguna smartphone atau tablet yang berjalan di Android 4.3 Jellybean dan Android 4.4 Kitkat yang ingin mendapatkan akses root dengan mudah dan tanpa PC, kamu bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini. Proses root yang saya share ini menggunakan aplikasi root tool yang terkenal yakni KingRoot dan KingoRoot.

Setiap 2 tahun sekali Google akan memperbaharui versi OS Android dan pada bulan september tahun 2013 Android versi 4.4 Kitkat resmi diumumkan dengan membawa banyak perubahan dibanding Android Jellybean. Dimana ada beberapa fitur baru dan tentunya peningkatkan dalam hal security/keamanan.

Dan biasanya rata-rata semua root tool sudah tidak bisa bekerja dengan baik, terkecuali developer dari root tool ini terus mengembangkan lagi aplikasinya sehingga suppport dengan versi Android Kitkat.

Aplikasi Root tool yang terkenal saat di Android Jellybean adalah Framaroot dan seiring nya waktu aplikasi ini sudah tidak kompatible lagi dengan versi Android terbaru.

Para pengembang aplikasi Kingroot dan Kingoroot masih terus meningkatkan kemampuan aplikasinya dalam mendapatkan akses root dan sekarang hampir 95% perangkat Android ber-operasi sistem Jellybean dan Kitkat bisa di root dengan mudah. Proses rooting di kedua aplikasi ini juga simple tanpa berbelit-belit.

Pengertian Root

Root adalah hak akses kita ke sistem operasi Android sehingga kita memiliki akses tanpa batas dimana kita berhak untuk melakukan perubahan pada sistem seperti menambah, menghapus, memodifikasi file-file yang terdapat di Android.

Manfaat Android di Root

  1. 3rd party app di safe mode
    Dengan mengconvert 3rd party app menjadi system app, maka kita bisa menggunakannya dalam kondisi safe mode sekalipun. Ataupun bisa diakalin dengan quick setting dari Gravity box.
  2. Memperbesar memory internal via link2sd
    Kalau terasa internal memory kurang memadai untuk instal aplikasi maupun game, kamu bisa memindahkan semua app yang ada di Internal Storage ke Memory Card.
  3. Merubah hardware key
    Swap tombol back dengan menu. Ganti ulang semua coding tombol hardware, matiin LED, matiin Hardware key dan backlightnya.
  4. Mengubah tampilan per APP
    Bisa Customize tampilan chrome jadi tablet version, ataupun besarin ukuran font untuk BBM, Lock orientation pas baca pdf, dan lain sebagainya.
  5. Speedup ataupun slowmo
    Untuk beberapa game yang menggunakan clock system, kecepatan game bisa dihack sehingga menjadi sangat cepat, sehingga progress lebih cepat selesai (misalnya bangun tower defense lebih cepat selesai). Atau untuk game yang memerlukan respon yang cepat, bisa diperlambat, sehingga lebih gampang melewatin momen2 critical, contohnya di game runner ataupun puzzle yang ada timernya.

Resiko Yang Di Timbulkan oleh Root

  1. Garansi hilang secara software
    kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error
    Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kalian bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware
    Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Cara Root Android Jellybean Dan Kitkat Dengan Kingo Root

  1. Download dan install aplikasi KingoRoot
  2. Setelah itu buka aplikasi tersebut dan klik One Click Root
  3. Silahkan kamu menunggu sampai 100% (pastikan internet yang kamu gunakan stabil agar root bisa sukses)
  4. Bila telah muncul Root Succeeded bearti akses root di Android kamu sudah didapatkan
    root kitkat dengan kingoroot

Cara Root Android Jellybean Dan Kitkat Dengan Kingroot

  1. Download Aplikasi Kingroot
  2. Setelah itu install filenya tapi sebelumnya kalian harus mengaktifkan opsi Unknown Source/Sumber tidak dikenal yang ada di Pengaturan Android kamu. Biasnya terdapat di Security/Keamanan.
  3. Setelah terinstall buka aplikasi tersebut
  4. Nanti aplikasi Kingroot akan melakukan memeriksa terlebih dahulu apakah bisa di root atau tidak.
    2 Metode Root Android 4.3 Jellybean dan 4.4 Kitkat Tanpa PC 2
  5. Kalau muncul tombol Coba bearti ada kemungkinan bisa di root. silahkan diklik tombol tersebut.
    2 Metode Root Android 4.3 Jellybean dan 4.4 Kitkat Tanpa PC 3
  6. Proses rooting sampai 100% akan di mulai dan membutuhkan waktu beberapa menit tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan
    proses rooting kitkat dengan kingroot

Problem Dan Solusi

  • Jika aplikasi Kingroot tidak bisa terpasang, solusinya matikan internet terlebih dahulu, kalau sudah terinstal baru hidupkan lagi internetnya.
  • Coba di ulangi lagi Root nya sampai 3X
  • Apabila saat proses root hp kamu tiba-tiba restart hal tersebut normal, buka kembali kingrootnya agar proses root berjalan kembali
  • Apabila muncul permintaan root, klik permintaan dan tunggu sampai proses pembaharuan selesai. Kalau proses permintaan terlalu lama coba di tutup dulu aplikasi kingrootnya melalui task manager atau matikan hp kamu terlebih dahulu dan buka kembali kingrootnya.
  • Alternatif lain kamu bisa mencoba root menggunakan 360 Root

Penutup

Demikianlah 2 metode root yang menurut saya paling baik, paling sukses dan paling ampuh dalam meroot perangkat Android yang masih menggunakan operasi sistem Jelly Bean Dan Kitkat. Semoga dengan tutorial di atas kamu berhasil mendapatkan akses root dengan mudah.

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!