ROOT

2 Cara Root Termudah Di Android 5.0.2 / 5.1.1 Lollipop Tanpa PC

Pada kesempatan kali ini saya bagikan 2 metode terbaru cara mendapatkan akses root di Android 5.0.2 dan 5.1.1 Lollipop dengan cepat dan mudah tanpa harus menggunakan perangkat PC/Laptop. Tentunya kamu pengguna Android setidaknya pernah mendengar istilah ROOT baik itu dari teman, blog ataupun info lainya. Root adalah hak akses ke system, dimana kamu bisa melakukan modifikasi file sistem android yang tertanam di Android kamu.

Untuk mendapatkan akses ke sistem banyak metode yang bisa kamu coba terapkan dan yang paling mudah dengan menggunakan aplikasi Root tool seperti Kingroot,Framaroot,Kingoroot dan aplikasi yang lainya. Bagi kamu pengguna Android Lollipop bisa mencoba metode root paling mudah di bawah ini.

Aplikasi Root tool seperti yang saya sebutkan di atas cukup mudah untuk menggunakanya, dalam beberapa langkah saja smartphone atau tablet android kamu sukses ter-root. Tapi tidak semua perangkat android bisa di root dengan cara seperti ini.

Defaultnya para pembuat perangkat Android tidak mengijinkan kita untuk mengakses system yang berjalan di smartphone/tablet yang mereka buat karena memang kesalahan memodifikasi sistem dapat menyebabkan android kalian mengalami kerusakan. Dan itu menjadi alasan mereka menolak klaim garansi meskipun kerusakan itu bukan ditimbulkan karena melakukan modifikasi sistem.

Aplikasi Root tool ini biasanya menggunakan celah keamanan yang terdapat di smartphone/tablet android kamu. Dan aplikasi yang paling populer dan memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi adalah KingRoot dan Kingo Root. Aplikasi ini bisa me-root Android 2.1 Eclair sampai Lollipop.

Aplikasi Kingroot dikembangkan oleh developer KingStudio sedangkan Kingo Root oleh FingerPower Digital Technology, mereka membuat aplikasi ini 2 versi yakni versi Mobile dan PC. Versi PC digunakan apabila memang menggunakan versi mobile tidak berhasil juga membuka akses root di Android kamu.

Nah disini saya akan memberikan tutorial cara root Android Lollipop dengan aplikasi Kingroot dan Kingo Root, tapi sebelumnya sebaiknya kalian pahami dulu arti root serta kelebihan dan resiko yang akan di akibatkan terlebih dahulu.

Pengertian Root Android

Root adalah akses sistem android dimana kita akan memiliki akses penuh sehingga bisa menghapus, menambah, mengurangi isi sistem android yang ada di Xiaomi Mi Notebook Air dan melakukan hal lainnya atau dengan kata lain pengguna memiliki akses tanpa batas pada perangkat android yang dimilikinya.

Kelebihan dan Kekurangn Root

Kelebihan

  • Bisa Hapus Aplikasi Bawaan
    Rata-rata perangkat Android sudah di bekali dengan berbagai aplikasi baik itu dari Google maupun dari vendor pembuat perangkat Android.
    Pastinya aplikasi sistem yang terlalu banyak akan emnghabiskan memori internal dan juga RAM. Dan kita tidak bisa begitu saja menghapus aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware ini. Kamu hanya bisa menghapus aplikasi bawaan ini kalau memiliki akses Root dalam perangkat android kamu.
  • Dapat Melakukan Backup dan Restore Aplikasi
    Salah satu cara agar Android tetap dalam kondisi prima adalah dengan rutin melakukan Reset. Dan pasti kita akan kerepotan apabila harus memasang kembali semua aplikasinya. Cara paling mudah adalah dengan melakukan backup terlebih dahulu semua aplikasi lewat Titanium Backup. Titanium Backup hanya dapat bekerja kalau kita memiliki akses Root.
  • Kontrol Kernel dan CPU
    Dengan mendapatkan akses root, kamu bisa melakukan overclock pada CPU perangkat android kamu. Overclock bertujuan untuk memaksa prosesor agar dapat bekerja sampai pada batas maksimalnya. Tentunya dengan Overclock ini perangkat Android yang kamu gunakan akan semakin cepat dan enteng.
  • Menghindari Wakelock
    Wakelock menyebabkan perangkat Android kita selalu bekerja oleh aplikasi yang selalu berjalan di background. Tentunya hal ini bisa membuat Android kamu menjadi kurang responsive dan juga cepat menghabiskan baterai. Untuk mengatasinya hal ini, kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify yang akan mematikan sementara aplikasi-aplikasi saat tidak digunakan. Untuk menggunakan Greenify kamu butuh akses root.

Kekurangan

  • Rooting dapat menghilangkan garansi
  • Tidak Bisa Update Sistem Operasi Secara OTA
  • Mengalami kegagalan saat update OTA
  • Celah Keamanan Semakin Lebar

Cara Pertama: Root Android Lollipop Dengan Kingo Root

  1. Dapatkan aplikasi KingoRoot versi terbaru
  2. Kemudian install aplikasi tersebut, kalau ada warning dari Google Play Protect pilih Detail kemudian pilih Tetap install (tidak aman) dan pilih OKE.
    install kingo root
  3. Kalau masih tetap tidak terinstall, kamu non-aktifkan Google Play Protect. Buka Play StorePlay ProtectPemindaian lengkap dinonaktifkan.
  4. Setelah itu buka Kingo root dan pilih One Click Root
  5. Tunggu sampai selesai ditandai dengan tulisan ROOT SUCCEEDED
    kingo root sukses
  6. Kalau muncul seperti gambar dia tas bearti kamu telah sukses melakukan rooting di Android Lollipop.

Cara Kedua: Root Android Lollipop Dengan Kingroot

  1. Download Aplikasi Kingroot
  2. Setelah itu install filenya tapi sebelumnya kalian harus mengaktifkan opsi Unknown Source/Sumber tidak dikenal yang ada di Pengaturan Android kamu. Biasnya terdapat di Security/Keamanan.
  3. Setelah terinstall buka aplikasi tersebut
  4. Nanti aplikasi Kingroot akan melakukan memeriksa terlebih dahulu apakah bisa di root atau tidak.
    2 Cara Root Termudah Di Android 5.0.2 / 5.1.1 Lollipop Tanpa PC 2
  5. Kalau muncul tombol Coba bearti ada kemungkinan bisa di root. silahkan diklik tombol tersebut.
    2 Cara Root Termudah Di Android 5.0.2 / 5.1.1 Lollipop Tanpa PC 3
  6. Proses rooting sampai 100% akan di mulai dan membutuhkan waktu beberapa menit tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan
    2 Cara Root Termudah Di Android 5.0.2 / 5.1.1 Lollipop Tanpa PC 4

Problem Dan Solusi

– Kalau aplikasi tidak terpasang, kamu matikan dulu internetnya setelah sukses di install baru aktifkan kembali internetnya.
– Terkadang saat proses rooting HP kamu tiba-tiba reboot/mati, apabila begitu hidupkan lagi kemudian jalankan kingrootnya lagi.
– Kalau masih belum berhasil, coba lakukan 2-3 x lagi dan pastikan koneksi internet cepat dan stabil.

Nah, demikianlah 2 metode root android Lollipop 5.0.2 dan 5.1.1 tanpa menggunakan perangkat PC. Semoga apa yang saya share di atas dapat bermanfaat.

Loading...

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *