Cara Hard / Factory Reset Redmi Note 3 / Pro Tanpa PC

Cara Reset Redmi Note 3 / Pro – Semakin lama kita menggunakan Redmi Note 3, tentunya semakin banyak problem yang akan menimpa HP kesayangan kamu. Hal ini wajar, tidak hanya manusia saja bahkan sebuah mesin pun akan mengalami hal tersebut. Itulah mengapa di setiap smartphone atau tablet ada yang namanya fitur Reset atau kembali ke pengaturan awal.

Fitur Reset hampir semua smartphone Android memilikinya, karena memang sengaja dihadirkan untuk mengatasi berbagai problem atau error yang diakibatkan karena kerusakan data, penyimpanan sudah mulai penuh, bootloop ringan dan masalah yang lupa dengan sandi atau pola yang dibuat untuk mengunci HP.

Untuk itu kamu tidak perlu khawatir, selama itu error tergolong ringan, sangat besar kemungkinannya bisa kamu perbaiki sendiri dengan mencoba mereset kembali Redmi Note 3 yang digunakan. Tapi ingat ya, kalau memang masalah tergolong berat seperti hardware yang rusak atau ada file sistem yang terhapus tentunya tidak akan bisa diselesaikan dengan hanya mereset saja tapi harus di flash ulang atau diganti hardware yang rusak tersebut.

Disini ada 2 metode reset yang dapat kamu praktekan pertama melalui fitur Factory Reset yang ada di menu Setting dan yang kedua melalui Recovery Mode. Opsi Factory Reset yang ada di menu Setting bisa kamu gunakan apabila masih bisa mengakses Redmi Note 3 nya sedangkan Reset via Recovery berguna untuk yang memang mengalami bootloop dan lupa password atau pola.

Sebelum mencobanya sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Pastikan masih ingat Akun Google dan Mi Akun yang dibuat pada Redmi Note 3 kamu. Sebab nantinya setelah reset kamu akan disuruh memasukan kedua Akun tersebut, kalau lupa tidak akan bisa menggunakan HP Xiaomi kamu terkecuali melakukan flashing ulang via PC.
  2. Pastikan kondisi baterai minimum masih tersisa 50% untuk berjaga-jaga saat proses reset HP kamu kehabisan baterai.
  3. Melakukan Reset akan menghapus semua data baik itu kontak, SMS, aplikasi dan game yang pernah kamu install. Intinya HP kamu akan seperti pertama kali membelinya.

Cara Factory Reset Redmi Note 3 via Setting

  1. Buka Setelan selanjutnya pilih Setelan Tambahan kemudian Buat cadangan & setel ulang
  2. Langkah berikutnya Kembalikan ke setelan pabrik di menu tersebut ada pilihan Data Personal kemudian klik tombol Setel Ulang Telepon yang ada di bawah. Kalau kamu memilih Hapus isi yang tersimpan maka semua foto,video dan lain-lain akan ikut terhapus.
  3. Tunggu sampai proses reset sampai selesai, kalau telah selesai otomatis Redmi Note 3 kamu akan Reboot, proses reboot akan sedikit lama dari biasanya

Langkah berikutnya apabila metode Reset melalui pengaturan tidak berhasil menyelesaikan masalah di Redmi Note 3 kamu, bisa mencoba lanjut dengan melakukan Hard Reset via Recovery.

Cara Hard Reset Redmi Note 3 via Mi Recovery

  1. Matikan HP Xiaomi Note 3 kamu terlebih dahulu, setelah itu tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama dan tahan kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi
  2. Kalau benar prosesnya akan masuk ke Mi Recovery. Pilih Wipe Data dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
  3. Setelah itu kamu pilih menu Wipe All Data.
  4. Selanjutnya akan muncul Confirm Wipe of all data?, kamu pilih Confirm kalau merasa yakin untuk Reset data.
  5. Kalau sudah muncul Data Wipe Successfully, pilih tombol Back to main menu kemudian Reboot dan pilih Reboot System.

Apabila tidak langsung masuk ke Mi Recovery tapi hanya ke boot menu bahasa cina seperti gambar di bawah ini, kamu pilih recovery kemudian klik tombol biru.

Sekarang kamu tunggu mungkin agak lama sedikit sekitar 5 – 15 menit untuk bisa masuk ke Homescreen. Kalau berhasil, berarti sekarang sudah bisa menggunakan Redmi Note 3 tanpa mengalami masalah lagi.

Demikianlah tutorial bagaimana cara mereset kembali Redmi Note 3 dan Redmi Note 3 Pro. Cara diatas bisa kamu terapkan baik itu di Mediatek maupun Qualcomm yang menggunakan MIUI 7, MIUI 8, MIUI 9 bahkan MIUI 10.

Semoga apa yang saya share ini bisa bermanfaat mengatasi berbagai problem ringan seperti Hang, Lag, memory penuh, aplikasi Force Close, lupa kata sandi atau pola lockscreen dan lainnya.

Exit mobile version