Tips

Cara Pasang / Install TWRP Xiaomi Redmi 6A “Cactus” Android Oreo

Cara Pasang TWRP Redmi 6A – Salah satu tujuan kita membuka akses bootloader supaya custom recovery TWRP bisa terpasang di HP Xiaomi milik kita.

Dengan adanya TWRP memungkinkan kita untuk membuka akses root ataupun mengganti Stock ROM dengan berbagai custom ROM serta berbagai file flashable zip lainnya. Untuk kamu yang belum paham mengenai cara install TWRP ini bisa mengikuti tutorial yang saya sampaikan di bawah ini.

TWRP Xiaomi Redmi 6A berfungsi untuk melakukan instalasi berbagai file baik itu signed maupun unsigned tidak seperti Mi Recovery yang hanya bisa digunakan untuk instal file dari Xiaomi saja seperti file OTA dan Stock ROM.

TWRP tidak hanya untuk menginstall file root saja, kamu juga dapat menggunakan untuk memasang berbagai custom rom dan file flashable zip lainnya. Selain itu dengan TWRP memungkinkan untuk melakukan Backup dan Restore, transfer file dari PC ke perangkat Android kita, Hard Reset, sebagai root explorer dan beberapa fungsi lainnya.

Cara Pasang TWRP Redmi 6A “Cactus”

Untuk memasang TWRP di Redmi 6A, jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan metode fastboot, jadi kamu harus menyiapkan perangkat PC atau Laptop.

Dan jangan lupa juga sebelum mengikuti tutorial pemasangan TWRP ini pastikan Redmi 6A kalian sudah berhasil di UBL (Unlock Bootloader).

  1. Download terlebih dahulu Toolkit TWRP Redmi 6A ini. Kemudian extract file toolkit TWRP tersebut di Komputer/Laptop.
  2. Download Noverity.zip (Lazyflasher) dan simpan di internal atau Sdcard (rekomendasi simpan di Sdcard)
  3. Masuk ke Fastboot Mode, Matikan HP terlebih dahulu kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, kemudian hubungkan smartphone ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
    Fastboot Mode Xiaomi MIUI
  4. Double klik file Flash-TWRP.bat yang ada di folder Redmi 6A.
    Toolkit TWRP Xiaomi Redmi 6A
  5. Kalau sudah muncul tulisan “press any key to continue“, klik ENTER (atau tombol apa saja yang ada di keyboard). Kalau mengalami kegagalan biasanya USB Driver di PC kalian belum terinstall dengan baik, agar usb driver bisa terinstall lihat tutorial “Cara Install USB Drivers di PC Windows“.
    Flash TWRP Redmi 6A via Fastboot
  6. Proses instalasi di mulai dan otomatis setelah terinstall akan langsung masuk ke TWRP. Kalau tidak langsung masuk ke TWRP, jangan di Reboot tapi langsung tekan tombol Volume Atas dan Power tahan terus sampai masuk ke TWRP.
  7. Setelah berada di TWRP, pilih Install kemudian cari file Noverity.zip dan geser tombol Swipe To Confirm Flash
    install noverity Redmi 6A
  8. Kalau sudah silahkan di Reboot

Sekarang kamu sudah bisa memasang berbagai custom rom Redmi 6A tapi kalau ingin di root juga bisa langsung ngeroot Redmi 6A melalui TWRP dengan root tool seperti SuperSU dan Magisk.

Kesimpulan

Redmi 6A dibekali dengan sistem operasi Android Oreo dan saat ini Android oreo tidak bisa diroot hanya dengan menggunakan aplikasi seperti Kingroot.

Dan saat ini hanya Magisk dan SuperSU yang bisa melakukannya, tapi sayang kedua Root tool tersebut hanya bisa berjalan dengan melakukan proses instalasi melalui TWRP.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *