Tips dan Trik

Cara Install USB Driver Android Di PC / Laptop Windows

Cara Install USB Driver Android – Saat ini kita tidak bisa lepas dari namanya PC atau komputer, meskipun menggunakan smartphone canggih ada kalanya kita diharuskan menghubungkan smartphone kita dengan perangkat PC. Banyak hal mengapa harus mengkoneksikan smartphone kita dengan PC seperti ingin Unlock Bootloader, memasang custom recovery TWRP/CWM, berbagi akses internet via tethering.

Tapi terkadang tidaklah selalu mulus terhubung dengan baik antara PC / Laptop dengan Android yang kita miliki. Rata-rata tidak terhubung karena masalah USB driver yang tidak bisa terinstall di PC Windows.

Untuk mengatasi permasalahan USB driver ini sebenarnya banyak caranya ada dengan melakukan instalasi manual, ada juga dengan bantuan software PC.

Rata-rata software PC yang bisa menghubungkan Android kita dengan PC sudah dilengkapi dengan USB driver seperti MiFlash Tool untuk melakukan flashing, Kingroot untuk mendapatkan akses root, PDAnet untuk thetering via USB atau Wifi dan lain sebagainya.

Meskipun begitu tidaklah selalu bisa mengatasi masalah USB driver ini, contohnya pengalaman saya mencoba menginstall MiFlash tool selalu stuck di USB Installing, dimana selalu muncul notifikasi “Windows can’t verify the publisher of this driver software“. Sudah saya pilih “Install this driver software anyway” tetap mengalami hal yang sama, kemudian saya non aktifkan Windows Firewall tetap tidak bisa menyelesaikan masalah ini.

Problem USB Driver ini bisa terselesaikan setelah saya memasang PDAnet di PC Windows 7 saya. Sekedar info pdanet adalah sebuah software untuk sharing internet yang sudah include USB driver.

Sekarang saya akan memberikan bagaimana cara install PDAnet ini, agar USB Driver bisa terpasang di PC atau Laptop Windows kamu.

Tutorial instalasi USB Driver via PDAnet

  1. Download dan install PDAnet di PC atau Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 /8.1 / 7 / Vista / XP.
  2. Pada saat proses installing USB driver akan sedikit lama sekitar 3 sampai 5 menit.
  3. Kalau muncul notiifkasi “An existing Android USB drivers is found on your computer. you can reinstall it if has problem.“. Kamu pilih Yes agar USB drivernya terupdate.
  4. Kalau sudah muncul Google USB Driver. Kamu pilih Install.
  5. Kalau sudah muncul seperti gambar dibawah ini, kamu aktifkan USB Debugging di Android. Bagi yang belum tahu caranya aktifin USB Debugging Xiaomi, OPPO, ASUS, Vivo, Samsung, Lenovo.
  6. Setelah itu hubungkan Androidnya ke PC dengan kabel USB. Pastikan kabel USB yang digunakan berkualitas baik.
  7. Otomatis USB driver akan terinstall, atau coba lihat di device manager.

Sekarang Andorid kamu sudah terhubung dengan PC, kamu sudah dapat melakukan Unlock Bootloader, pasang TWRP via Fastboot ataupun hal lainya yang membutuhkan akses ke PC.

Demikianlah tutorial cara install usb driver di PC Windows XP/7/8.1/10 32-bit maupun 64-bit. Semoga bermanfaat.

Tags

4 Comments

  1. Kalau posisi hh tidak bisa masuk ke menu setting karena stuck di logo mi, bagaimana cara mengatasinya (pasang USB Driver). Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *