TIPS n TRIK

Cara Membuat TWRP Recovery Sendiri via Porting Dengan PC

Cara Buat TWRP – Hari ini saya akan membahas mengenai cara membuat custom recovery TWRP yang kompatible dengan perangkat Android yang kita gunakan. Untuk membuat TWRP ada 2 cara pertama dengan build langsung via source code dan yang kedua dengan porting. Dan berhubung saya kurang mengerti tentang build TWRP jadi disini hanya tutorial porting TWRP saja.

Porting menurut definisi saya adalah suatu proses memaksa sebuah sistem dari perangkat lain agar bisa berkerja di perangkat Android yang kita gunakan. Misalkan kita porting ROM ColorOS yang hanya ada di HP OPPO dengan melakukan porting kita bisa memasang ColorOS ini di HP kita.

Tapi disini saya tidak membahas tentang porting ROM tapi porting TWRP yang intinya sama saja dengan proses porting boot.img yang merupakan salah satu hal dasar yang harus kita lakukan agar bisa porting sebuah ROM.

Porting TWRP biasanya kita lakukan apabila Android yang kita gunakan tidak memiliki custom recovery seperti CWM dan TWRP entah itu memang tidak disupport secara official ataupun tidak ada developer yang membuild langsung TWRP untuk Android yang kita gunakan.

OK, kita langsung saja ke prosesnya ya… karena saya yakin kamu pasti sudah bukan user biasa lagi. Langkah pertama kamu harus mendapatkan TWRP yang bisa diporting terelbih dahulu.

Cara Mendapatkan TWRP Yang Bisa Di Porting

Pertama kita harus tahu dulu informasi spesifikasi perangkat Android yang kita gunakan terutama Chipset dan OS.

Untuk mengetahuinya kamu install aplikasi CPU-Z di Google Play Store.

Sekarang buka aplikasi tersebut dan coba lihat contoh screenshot dibawah ini terlihat menggunakan chipset Snapdragon 210/212 dan Android versi 5.1.1 (Lollipop)
Cara Membuat TWRP Recovery Sendiri via Porting Dengan PC 2

Sekarang kamu cari tahu HP Android apa saja yang menggunakan Chipset dan OS yang sama dengan HP kamu. Untuk mencari tahu silahkan gunakan google dengan mengetikan kata kunci contohnya seperti ini “Snapdragon 210 phones“.

Setelah itu kamu cek satu-satu di google apakah HP tersebut memiliki TWRP atau belum. Dan kamu download TWRP nya tapi sebaiknya download juga TWRP dari HP lain tujuannya untuk menentukan TWRP yang minim bug.

Cara Mendapatkan Stock Recovery

Sekarang kamu harus menyiapkan Stock Recovery dari HP Android kamu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengambil dari Stock Firmware dari HP kita, Stock Firmware yang saya maksud ini yang di flashing melalui Tool Flashing via PC ya.

Kalau tidak menemukan Stock Firmware, kamu bisa menggambil melalui aplikasi RashR. Dimana di aplikasi RashR ini ada opsi untuk membackup Stock Recovery. Tapi sebelumnya HP kalian harus sudah di root terlebih dahulu.

Kalau sudah mendapatkan TWRP dari HP target dan Stock Recovery dari HP kita sendiri, sekarang lanjut dengan proses porting, untuk proses porting di tutorial ini menggunakan PC.

Cara Porting TWRP

Download tool Unpack Repack Boot yang saya share disini. Setelah itu extract file tersebut di PC.

Sekarang masukan Stock Recovery dan TWRP yang sudah kamu download tadi
Cara Membuat TWRP Recovery Sendiri via Porting Dengan PC 3

Kalau sudah kita unpack dulu stock recovery, untuk cara unpacknya klik file Stock Recovery kemudian tahan dan seret ke file unpackimg.bat setelah berhasil di unpack kamu rename folder split_img menjadi stock_split_img dan ramdisk menjadi stock_ramdisk.

Berikutnya kamu unpack TWRP yang mau di port, setelah berhasil kamu buka folder split_img dan hapus file .dtb dan .zimage.
Cara Membuat TWRP Recovery Sendiri via Porting Dengan PC 4

Langkah selanjutnya buka folder stock_split_image copy file .dtb dan .zimage kemudian paste ke folder split_image.
Cara Membuat TWRP Recovery Sendiri via Porting Dengan PC 5

Langkah terakhir porting TWRP adalah repack dengan mengklik file repacking.bat. Hasil repacking dengan nama file image-new.img.
Cara Membuat TWRP Recovery Sendiri via Porting Dengan PC 6

Sekarang TWRP sudah berhasil kita porting, langkah selanjutnya kamu coba install file TWRP tadi ke HP kamu dengan menggunakan Flashfy, Rashr ataupun via cmd Fastboot.

Tapi perlu kamu ketahui di beberapa perangkat Android mewajibkan kita Unlock Bootloader terlebih dahulu agar TWRP bisa terpasang. Untuk hal ini kamu perlu cari info terlebih dahulu, karena tiap HP berbeda-beda proses Unlock Bootloader.

Demikianlah proses pembuatan TWRP recovery baik itu untuk chipset Qualcomm Snapdragon, Mediatek ataupun Spreadtrum. Semoga apa yang saya tulis diatas dapat kamu pahami.

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!