Cara Cek IMEI HP Infinix untuk Otentikasi Asli Atau Palsu

Salah satu cara agar kamu terhindar dari HP Infinix palsu adalah dengan mengetahui nomor IMEI ponsel tersebut. Dengan mengetahui nomor IMEI, kamu bisa cek validitas IMEI tersebut apakah memang resmi atau tidak. Selain itu juga menjaga agar terhindar dari pemblokiran pemerintah.

Maraknya peredaran ponsel BM membuat pemerintah memberlakukan peraturan International Mobile Equipment Identity (IMEI). Dimana perangkat yang IMEI tidak terdaftar oleh pemerintah tidak akan bisa menggunakan kartu SIM dari operator seluler.

Seperti diketahui peraturan ini telah mulai diberlakukan pada bulan april tahun 2020. Perangkat yang diblokir usai pemberlakuan regulasi IMEI tidak akan bisa memakai kartu SIM.

Oleh karena itu, sebelum membeli pastikan HP Infinix tersebut memiliki IMEI yang terdaftar dan dapat dicocokan oleh operator telekomunikasi untuk aktivasi.

Untuk mengetahui itu asli atau palsu dan terdaftar oleh pemerintah, kamu perlu tahu beberapa proses dibawah ini dengan cek IMEI HP Infinix.

Cara Cek IMEI Infinix Lewat Kode

Cara cek lewat kode ini, dapat digunakan untuk semua smartphone maupun HP.

  1. Pertama buka aplikasi Phone atau Telepon di HP Infinix.
  2. Selanjutnya, ketik kode *#06#.
  3. Tekan tombol Call (berlambang telepon).
  4. Nantinya nomor IMEI akan tampil di layar HP Infinix.

Cara Cek nomor IMEI Infinix untuk otentikasi

Cek IMEI HP Infinix Di Infinixmobility
Selanjutnya kamu juga perlu untuk otentikasi IMEI tersebut di situs resmi dari Infinix. Tujuannya untuk mengetahui kalau IMEI tersebut memang valid.

  1. Masuk ke halaman situs resmi Infinix http://gc.infinixmobility.com/.
  2. Isi Nomor IMEI pada kolom yang disediakan.
  3. Isi kode VC yang dapat ditemukan di belakang HP.
  4. Klik tombol Submit yang ada dibawah.
  5. Nanti akan muncul Welcome to use orinal Infinix phone.

Untuk mengetahui kode VC bisa dilihat dibelakang Hp seperti contoh gambar dibawah ini.
Letak Kode VC HP Infinix

Sekarang kamu sudah tahu kalau IMEI yang tertera di HP Infinix milikmu itu valid atau tidak. Kalau valid itu menandakan HP yang kamu beli tersebut asli dan resmi.

Akan tetapi meski HP Infinix tersebut asli dan resmi tidak ada jaminan kalau IMEI tersebut di akui oleh pemerintah. Sejak pemerintah kita mengeluarkan peraturan mengenai IMEI ini, barang BM (Black Market) ataupun dibeli di luar negeri tidak akan berlaku di negara kita tetap HP tersebut tidak dapat menggunakan kartu SIM operator seluler di Indonesia.

Untuk itu kamu perlu cek kembali IMEI tersebut di Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Cara Cek IMEI HP Infinix Terdaftar di Kemenperin

Aturan tentang IMEI telah diberlakukan sejak 18 April yang lalu, setelah disahkan bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian pada Oktober lalu.

Aturan ini berfungsi untuk memerangi ponsel ilegal atau blackmarket, yang dijual dengan harga lebih murah karena tidak terkena pajak. Selain itu juga aturan IMEI juga untuk melindungi masyarakat dari HP ilegal atau rekondisi.

Saat ini pengecekan nomor IMEI berada di sistem Sibina yang dikelola Kemenperin.

  1. Kunjungi laman https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Masukkan 14 sampai 16 nomor IMEI yang ada di ponsel.
  3. Kemudian tekan tombol search atau cari.
  4. Jika nomor IMEI terdaftar, akan muncul notifikasi IMEI terdaftar di database Kemenperin.
  5. Sebaliknya, bila tidak terdaftar, bakal nongol pemberitahuan IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin.

Untuk yang membeli Hp Infinix dari luar negeri, baik ketika bepergian atau membeli secara online, wajib mendaftarkan IMEI Hp tersebut dan membayar kewajiban pajak.

Sekarang, kamu sudah tahu mengenai cara cek nomor IMEI HP Infinix. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu agar terhindar dari ponsel Infinix Palsu ataupun barang BM (tidak resmi).

Share informasi ini ke sesama pengguna infinix agar mereka juga tidak salah dalam membeli HP. Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu kamu untuk mengatasi masalah yang dialami.