Cara Install Ulang / Flashing Cross A66 Menggunakan SPFlash Tool

Cross A66 adalah salah satu ponsel Android yang menggunakan chipset Mediatek, jika ingin melakukan flashing, kamu membutuhkan tool yang bernama SPFlash Tool. Tool flash ini memang dikembangkan sendiri oleh Mediatek.

Setelah sekian lama menggunakan sebuah barang elektronik resiko mengalami error bahkan mati semakin besar, kadang kala penyebabnya hanya karena masalah software.

Apabila kamu mempunyai smartphone Cross A66 yang mati atau bootloop ataupun sering terjadi error tidak usah terburu-buru untuk membawa ke tukang service lebih baik mencoba memperbaiki sendiri apabila berhasil tentunya akan menambah pengalaman kita dalam menyelesaikan problem di smartphone Android.

Cara Install Ulang/Flashing Cross A66

Bagi yang memgalami smartphone Cross A66 mati ataupun Bootloop yang tidak bisa terselesaikan dengan melakukan Wipe data bisa mencoba dengan melakukan flashing ulang system dan partisi di HP kamu.

Tentunya harus mempunyai seperangkat komputer/laptop untuk mengikuti tutorial ini dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan Windows 7.

  1. Download 3 file di bawah ini
  2. Extract ketiga file yang kamu download tadi
  3. Buka folder MT6577 VCOM USB Driver dan double klik InstallDriver.exe
  4. Buka folder SP Flash Tool dan double klik Flash_tool.exe
  5. Setelah program spflashtool terbuka pilih tombol Scatter-loading
  6. Arahkan ke folder Firmware Cross A66 dan pilih file MT6589_Android_scatter_emmc.txt
    SP Flash Tool Scatter File
  7. Hilangkan checklist/centang pada PRELOADER dan UBOOT
  8. Kemudian klik download
    SP Flash Tool Download
  9. Sambil menekan tombol Volume Bawah segera hubungkan ke PC dengan kabel data(biasanya kalau kedetek PC akan bunyi, dan di notifikasi bar muncul proses install driver vcom)
  10. Kalau benar proses flashing berjalan akan ditandai dengan progress bar berwarna merah kemudian berubah menjadi kuning
  11. Setelah selesai akan ditandai dengan notifikasi Download OK berupa lingkaran hijau
    Flashing Sukses Flash Tool
  12. Cabut kabel datanya dan pasang batere kemudian hidupkan Cross A66 kamu

Akhir Kata

Demikianlah proses flashing HP Cross A66 menggunakan SpFlash Tool. Semoga dengan adanya panduan ini bisa memperbaiki segala macam masalah yang menimpa ponsel Anda entah itu bootloop, soft brick ataupun hard brick.

Jika flash berhasil tetapi ponsel masih tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya biasanya ada masalah pada hardware. Kamu perlu ke tempat service untuk mengganti komponen yang rusak.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close