Home / TIPS n TRIK / Cara Mengunci Jaringan / Sinyal 4G Di Xiaomi Redmi

Cara Mengunci Jaringan / Sinyal 4G Di Xiaomi Redmi

Operator telekomunikasi di Indonesia pada akhir tahun 2014 mulai mengadopsi layanan teknologi internet berkecepatan tinggi generasi keempat (4G) long term evolution (LTE) dan saat ini Indonesia termasuk dalam 5 negara teratas pengguna internet terbanyak di dunia, tapi sayang dalam hal kecepatan internet 4G indonesia masuk dalam 5 negara terendah dari 77 negara yang menggunakan 4G. Miris memang, semoga saja kedepanya layanan 4G di indonesia dalam hal kecepatan dan kestabilan lebih baik lagi..

LTE adalah teknologi 4G yang memberikan kecepatan download dan upload yang bisa mencapai puncaknya pada 100 Mbps (megabits per detik). Operator seluler di Indonesia menggunakan band frekuensi 4G di Band 5 (FDD LTE 850 MHz), Band 3 (FDD LTE 1800 MHz) dan Band 40 (TDD LTE 2.300MHz). Jika perangkat 4G LTE yang kamu gunakan tidak mendukung band frekuensi tersebut maka bisa dipastikan tidak dapat menerima sinyal 4G. Jadi, apabila kamu ingin membeli smartphone 4G LTE yang tidak resmi, pastikan sudah mendukung frekuensi 4G yang saya sebutkan di atas.

Smartphone Xiaomi hampir semua sudah mendukung frekuensi 4G di indonesia dan meskipun kamu menggunakan perangkat terbaru mereka belum tentu kualitas sinyal akan baik kalau memang kalian tinggal di daerah yang jauh dari jangkauan BTS operator yang kamu gunakan.

Tentunya bagi yang tinggal di daerah yang jauh dari BTS hanya bisa pasrah saja, apabila tiba-tiba jaringan 4G di smartphonenya berpindah ke 3G/HSDPA. Seringnya perpindahan jaringan ini akan menyebabkan internet kamu akan delay sehingga sering menyebabkan hasil download korup dan menjadi salah satu faktor penyebab PING membesar.

Selain itu operator seluler kita sering menawarkan internet dengan Kuota lebih besar apabila menggunakan jaringan 4G mereka. Sangat di sayangkan apabila yang terpakai cuma kuota utama saja (kuota di semua jaringan), sedangkan kuota 4G kamu tidak maksimal di gunakan.

Untuk mengatasi problem ini kamu terpaksa harus mengunci jaringan 4G di smartphone Xiaomi nya agar tidak berpindah-pindah lagi. Nah disini saya akan memberikan trik agar bisa mengunci sinyal 4G di Xiaomi.

Cara Mengunci / Lock Sinyal 4G di Xiaomi

  1. Dial ke *#*#4636#*#* kemudian pilih Informasi Telepon1 apabila kamu menggunakan internet di SIM 1 dan pilih Informasi Telepon2 kalau SIM 2 sebagai default Internetnya.
    Lock Sinyal 4G Di Xioami
  2. Langkah selanjutnya pada pilihan setel jenis jaringan yang disukai kamu lock jaringan 4G dengan memilih LTE Only.
  3. Apabila sinyal 4G memang tidak muncul juga bearti di daerah kamu terlalu lemah atau bahkan tidak ada sama sekali.

Perlu di ingatkan, salah satu kekurangan mengunci jaringan ke 4G Only, akan menyebabkan tidak bisa melakukan komunikasi melalui telepon seperti melakukan panggilan ataupun menerima panggilan telepon. Terkecuali kalau menggunakan Smartfren, karena operator ini memiliki layanan VOLTE (Voice Over LTE), sehingga bisa berkomunikasi via telepon di jaringan 4G/LTE.

Bagi yang ingin menggunakan Smartfren di Xiaomi silahkan baca postingan saya tentang “Cara Setting Smartfren 4G Di HP Xiaomi“.

Demikianlah solusi mengatasi sinyal 4G yang selalu berpindah ke 3G/H, semoga apa yang saya share ini bermanfaat buat pengguna xiaomi.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

2 comments

  1. bang bisa di redmi 4a? thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *