Tips

Cara Reset HP Realme Semua Tipe dan Versi

Sejatinya semua smartphone sudah dilengkapi dengan menu reset dan untuk kamu pengguna Realme bisa mengikuti 3 metode cara reset Hp Realme dengan baik dan benar yang saya posting disini.

Pada dasarnya, reset dilakukan untuk menghapus semua data yang tersimpan di smartphone kita. Dan ini berguna bagi kamu yang ingin menjual kembali atau memberikan ke seseorang. Tentunya kamu tidak mau kan, orang tersebut bisa mengakses data-data prbadi yang tersimpan di ponsel milikmu.

Selain itu, reset juga bisa digunakan untuk memperbaiki Hp Realme kita yang mengalami masalah. Pastinya semua smartphone ada keterbatasan, semakin lama digunakan semakin sering masalah yang akan menimpanya. Seiring waktu, data yang tersimpan di ponsel akan semakin menumpuk dan ini akan menggangu kinerja handphone kamu.

Masalah lain yang sering dialami pengguna adalah terinfeksi virus atau malware. Biasanya virus ini pintar menyembunyikan keberadaanya, sehingga kita akan sulit menghapus aplikasi yang mengandung virus tersebut. Cara paling ampuh dan bersih untuk menghapusnya adalah dengan reset ke pengaturan pabrik.

3 Cara Reset Realme Tanpa PC

Demikian juga dengan problem bootloop (stuck di logo Realme), kamu bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan reset. Selama bootloop bukan diakibatkan oleh kerusakan sistem atau hardware, kemungkinan besar bisa diperbaiki kembali.

Untuk cara reset Hp Realme, ada 2 cara yang bisa kamu gunakan. Pertama melalui menu reset yang ada pengaturan (Factory Reset) dan kedua reset lewat recovery (Hard Reset).

1. Factory Reset Realme Lewat Pengaturan

Cara Reset Realme Lewat Pengaturan
Untuk pengguna yang HPnya sering lag, penyimpanan internal penuh, aplikasi menutup sendiri atau ingin menghapus data bisa melakukan factory reset melalui pengaturan seperti yang saya jelaskan di bawah ini..

  1. Pertama buka menu Settings di HP Realme.
  2. Kemudian tap opsi Additional Settings.
  3. Setelah itu pilih menu Backup and Reset.
  4. Kemudian klik menu Reset to Factory Settings.
  5. Selanjutnya pilih opsi Erase All Data.
  6. Kemudian tap opsi Reset data pabrik.
  7. Bila diminta masukkan kata sandi / PIN untuk mengkonfirmasi proses.
  8. Selanjutnya HP Realme akan restart.
  9. Tunggu selama beberapa menit sampai reset selesai.

2. Hard Reset Realme Melalui Recovery Mode

Cara Reset Realme Lewat Recovery
Jika kondisi ponsel kamu mengalami bootloop atau hanya berhenti di logo realme, kamu bisa coba perbaiki sendiri dengan menggunakan fitur hard reset di Recovery Mode.

  1. Matikan ponsel Realme terlebih dulu.
  2. Setelah itu pencet tombol Volume Bawah dan Power bersamaan.
  3. Segera lepaskan apabila telah muncul logo Realme.
  4. Langkah berikut pilih English.
  5. Selanjutnya tap menu Wipe Data.
  6. Kemudian pilih Format Data dan selanjutnya klik OK.
  7. Jika telah muncul Wiped Successfully, tap tombol OK.
  8. Berikutnya tap opsi Reboot.
  9. Sekarang handphone kamu akan restart selama beberapa menit.

3. Reset Realme Lewat Google

Cara Reset Realme Melalui Google Find My Device
Layanan dari Google ini biasanya digunakan untuk mencari HP Android yang hilang, Selain itu ada beberapa fitur penting salah satunya Erase yang mana dapat kita gunakan untuk mereset Android dari jarak jauh.

  • Buka Browser PC atau HP lain selanjutnya browsing ke Google Find My Device.
  • Langkah berikutnya login dengan menggunakan akun Google yang digunakan di HP Realme kamu.
  • Jika akun Google kamu terhubung ke beberapa perangkat Android, silahkan pilih ponsel Realme yang akan di reset.
  • Setelah itu pilih opsi Hapus/Erase Device.
  • Berikutnya kamu akan diminta memasukan password Google lagi. Setelah itu konfirmasi dengan klik tombol Hapus.

Akhir Kata

Kalau salah satu metode ini berhasil, handphone milikmu akan kembali seperti baru lagi dan masalah yang ditimbulkan akan hilang. Kalau memang masih tidak bisa juga memperbaiki Hp Realme kamu, kemungkinan ada kerusakan sistem ataupun hardware untuk hal ini sebaiknya dibawa ke tempat service resmi Oppo.

Saran dari saya, agar handphone Realme kamu selalu dalam performa terbaik sebaiknya rutin melakukan factory reset minimal 6 bulan sekali.

Demikianlah panduan dari saya ini mengenai cara reset Hp Realme melalui menu Pengaturan dan Recovery. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa mengatasi masalah yang dialami ponsel milikmu.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close