Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

Cara Reset Samsung – Reset adalah salah satu cara paling mudah untuk memperbaiki masalah yang menimpa HP Samsung kamu selain itu bisa juga digunakan untuk menghapus semua data maupun file yang ada di HP kamu, berguna buat yang ingin menjualnya kembali.

Opsi reset ini tidak hanya ditemukan di HP Samsung saja, tapi disemua perangkat yang menggunakan operasi sistem sudah dilengkapi fitur reset. Fitur reset ini penting banget, yang mana menjadi cara pertama yang harus dilakukan apabila mendapatkan masalah pada perangkat milik kamu.

Pada dasarnya semua perangkat Android memiliki cara yang sama, cuma letaknya dan penamaan menu tersebut yang berbeda-beda. Untuk pengguna Samsung bisa mengikuti panduannya yang saya posting disini.

Cara Reset Samsung

Mereset HP Samsung, ada dua metode yang bisa kamu gunakan, pertama reset Samsung melalui menu pengaturan dan reset lewat recovery Mode. Kamu dapat memilih salah satu cara reset ini sesuai dengan kondisi HP Samsung kamu.

Jika Samsung kamu masih bisa digunakan, lakukan reset melalui menu pengaturan. Jika tidak, recovery mode jalan satu-satunya.

Tetapi sebelum melanjutkan, perlu kamu ketahui kalau reset ini akan menghapus semua data yang tersimpan di HP Samsung kamu. Jadi, pastikan sebelumnya untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Reset HP Samsung Lewat Pengaturan

Cara Reset Samsung via Settings
Cara Reset Samsung via Settings

Reset melalui menu pengaturan pabrik dapat kamu lakukan apabila hanya mengalami masalah seperti aplikasi terinfeksi virus, memory penyimpanan penuh, HP lemot, sering hang, menghapus file sampah dan cache, aplikasi sering menutup sendiri serta problem ringan lainya.

Jika kamu ingin mereset Samsung lewat menu pengaturan, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Settings dari aplikasi Home screen.
  • Pilih General management.
  • Pilih opsi Reset.
  • Pilih Factory data reset
  • Terakhir, tap tombol Reset yang ada dibawah

Otomatis, HP Samsung kamu akan restart. Silahkan menunggu beberapa menit untuk proses restart ini. Setelah itu Samsung kamu akan kembali bersih seperti saat pertama kali membelinya.

Reset HP Samsung Lewat Recovery Mode

Cara Reset Samsung via Recovery
Cara Reset Samsung via Recovery

Kalau masalah di HP Samsung kamu cukup berat misalkan hanya terdiam di logo samsung ataupun masalah lain yang tidak bisa terselesaikan dengan reset via pengaturan, bisa menggunakan metode reset melalui menu recovery.

Berikut ini adalah cara reset Samsung lewat Recovery Mode.

  • Matikan HP Samsung terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Volume Atas + Home + Power bersama selama beberapa detik.
  • Lepaskan tombol setelah logo Samsung muncul di layar.
  • HP Samsung akan masuk ke Android Recovery.
  • Pilih opsi Wipe data / Factory reset.
  • Klik OK dengan menggunakan tombol Power atau Home untuk konfirmasi.
  • Setelah selesai, pilih Reboot System Now.
  • HP samsung akan restart.
  • Silahkan tunggu beberapa menit untuk bisa boot ke Homescreen.

Catatan:
Pastikan sebelum mereset, kamu masih ingat sandi Akun Google dan Akun Samsung yang tersinkron dengan HP kamu.

Anda beberapa HP Samsung untuk masuk ke recovery menggunakan Volume Atas + Power atau Volume Bawah + Power.

Untuk memilih menu, kamu gunakan tombol volume atas atau bawah dan fungsi tombol Home/Power (tergantung tipe) kini menjadi tombol OK/Yes.

Akhir Kata

Sampai disini tutorial telah selesai, yang mana menjelaskan cara factory dan hard reset Samsung untuk memperbaiki error yang dialami pada HP kamu. Sedikit saran, agar HP kamu tetap optimal lakukan reset secara berkala setiap 3-6 bulan.

Terima kasih telah membaca posting ini. Saya harap kamu dapat mengatasi masalah ayng dialami HP Samsung kamu. Kunjungi situs web kami secara teratur. Untuk pembaruan lainnya, ikuti kami dan tetaplah bersama kami. Terima kasih!

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *