Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging Lenovo

Kali ini saya memberikan tutorial cara mengaktifkan fitur Opsi pengembang / Developer Option dan USB Debugging di HP atau tablet Android Lenovo. Mungkin bagi sebagian orang fitur Developer Option Dan USB Debugging tidak membutuhkan ini bahkan tidak tahu sama sekali keberadaannya.

Developer atau Opsi Pengembang memang letaknya tersembunyi, dan untuk mengaktifkannya membutuhkan cara tersendiri. Di dalam Opsi Pengembang terdapat beberapa fitur seperti OEM Unlock, USB Debugging, Scala Animation, serta lainya.

Sejatinya, fitur USB Debugging sudah ada sejak pertama kali Android diciptakan oleh Google, fitur ini memang dibuat agar Android kita bisa terhubung dengan PC dan memudahkan kita untuk mengontrol Android melalui PC. Fitur ini sangat berguna untuk para developer yang ingin mengembangkan aplikasi buatan mereka.

Bagi para opreker, salah satu menu yang penting yang ada di Opsi Pengembang ini adalah USB Debugging ini, fitur ini untuk mengakses dan mengontrol Android kita dari PC, dengan begitu kamu dapat Meng-unlock Bootloader, menginstal custom recovery TWRP/CWM, melakukan root dan masih banyak lagi.

Fitur lain yang bisa kita manfaatkan adalah Mock location atau menyembunyikan lokasi, biasanya sering di setting oleh para Gojek. Selain itu, ada fitur Perenderan GPU dan Lapisan HW yang biasanya digunakan oleh para gamer.

Nah, untuk kamu pengguna Lenovo yang ingin mengaktifkan fitur Opsi Pengembang dan USB Debugging bisa mengikuti panduanya dibawah ini.

Cara Aktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging di HP Lenovo

Buka Setelan selanjutnya kamu pilih About Phone yang ada di paling bawah.
About Phone Lenovo

Sekarang kamu klik sebanyak 8x berturut-turut pada tulisan Build Number sampai muncul tulisan “You are now a developer!”
Build Number Lenovo

Sekarang di atas menu About Phone telah muncul menu baru yang bernama Developer Option.
USB Debugging Lenovo

Klik Developer Option dan aktifkan USB Debugging.

Sekarang coba hubungkan Lenovo kamu ke PC, otomatis PC/Laptop akan menginstall driver yang dibutuhkan. Apabila terkoneksi di Lenovo kamu akan muncul popup perizinan seperti di bawah ini.

Maka, selesai sudah. Sekarang Developer Options dan USB Debugging di Lenovo kamu sudah aktif. Apabila kamu tidak menggunakannya lagi, sebaiknya kamu menonaktifkan kembali agar fitur yang ada di dalam Developer options tidak sengaja teraktifkan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *