Portable Android Commander (Windows Tool)

Android Commander adalah tool windows yang berguna untuk mengontrol perangkat Android melalui PC. Bisa di bilang tool ini adalah terminal emulator yang berbasis GUI (Graphical User Interface) sehingga memudahkan kita untuk mengakses Android via perangkat komputer.

Android Commander di kembangkan oleh PanPiotr dari XDA apda tahun 2010 dan saat ini beliau sudah menghentikan pengembangan tool ini meskipun begitu tool ini masih bisa kita gunakan di Android Marshmallow ke bawah. Memang untuk versi resminya sejak android jellybean sudah tidak di update lagi updated adb dan aapt binaries sehingga tidak akan bekerja dengan baik kalau di gunakan pada Android Kitkat keatas.

Disini saya share Android Commander yang sudah di update adbd dan aapt binary nya sehingga kamu masih bisa menggunakan di Android Kitkat,Lollipop bahkan Marshmallow. Untuk Android Nougat keatas sudah tidak bisa lagi.

Dengan Android Commander kamu dapat melakukan instalasi aplikasi, reboot, screenshot, membaca logcat, bahkan memungkinkan kalian mengakses folder sistem dan melakukan modifikasi seperti menambah, mengganti, rename, menghapus file sistem android kamu.

Apa saja fitur yang dimiliki Android Commander ini

ScreenShot
Kamu bisa melakukan screenshot layar Android kalian via Android Commander tapi saya cuma bisa bekerja pada Android Jellybean ke bawah saja.

Install Aplikasi
Tool ini juga bisa digunakan untuk install aplikasi .APK

Reboot
Dengan tool ini memungkinkan juga untuk melakukan perintah reboot baik itu reboot recovery atau reboot fastboot.

Logcat
Tool ini sudah terintegrasi dengan Logcat, dimana kamu bisa membaca logcat pada Android kalian.

Shell Console
Dengan ini kamu bisa menulis perintah shell seperti menghapus, push file sistem dan lain sebagainya.

Akses Folder Sistem
Kamu bisa push file sistem, rename file sistem, mengganti, menghapus dan lain sebagainya tapi untuk hal ini Android kalian harus di root terlebih dahulu. Untuk pengguna Android Kitkat harus sudah terinstall aplikasi adbd insecure di Android yang kalian gunakan.

Download Android Commander

Portable Android Commander
adbd insecure

Cara Menggunakan

  1. Aktifkan USB Debugging Android yang akan kamu gunakan, selanjutnya sambungkan ke PC
  2. Buka ADBD Insecure kemudian aktifkan Enable at Boot dan Enable insecure adbd
  3. Buka Android Commander akan nampak seperti gambar di bawah ini
    Portable Android Commander (Windows Tool) 1
  4. Disini kamu sudah bisa memasukan, menghapus, rename, reboot dan lain sebagainya

Tips

Untuk mengganti build.prop kamu harus set permission dulu menjadi 644 dengan cara klik kanan pada build.prop kemudian pilih properties kemudian set 644.