Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Huawei & USB Debugging

Tutorial tentang cara agar Developer Option dan USB Debugging bisa di aktifkan di smartphone/tablet Android dari Huawei. Mungkin bagi sebagian orang fitur Developer Option Dan USB Debugging tidak membutuhkan ini bahkan tidak tahu sama sekali keberadaannya.

Memang sejak Android Kitkat di hadirkan oleh Google, fitur ini memang sengaja di sembunyikan karena banyak yang melakukan aktifitas root dan memang fitur ini sebenarnya hanya diperuntukan untuk para pengembang/developer yang ingin membuat aplikasi Android.

Dan bagi yang suka dengan aktifitas memodifikasi tampilan maupun meningkatkan performa di menu Developer option/Opsi pengembang ini memiliki beberapa fitur yang penting salah satunya adalah Debugging USB yang berguna untuk menginstal custom recovery, melakukan root, dan masih banyak lagi.

Intinya apabila sulit mendapatkan akses root tanpa PC, alternatif lain dengan menghubungkan Android kita dengan PC dalam mode debug, kemudian melakukan root dengan software PC seperti Kingroot ataupun menginject custom recovery TWRP.

Cara Mengaktifkan USB Debugging Huawei

Semua perangkat Android memiliki Opsi Pengembang tapi sejak Android Kitkat keatas fitur ini disembunyikan dan untuk mengaktifkan membutuhkan trik tersendiri.

Kali ini saya memberikan tutorial cara mengaktifkan fitur Opsi pengembang/Developer Option dan USB Debugging di HP atau tablet Android Huawei.

  1. Pertama buka Pengaturan kemudian pilih Tentang Ponsel
    Pengaturan Tentang Ponsel Huawei
  2. Setelah itu klik sebanyak 7x pada tulisan Nomor Bentukan, nanti muncul notifikasi “Sekarang Anda sudah menjadi pengembang
    Mengaktifkan Opsi Pengembang
  3. Setelah itu balik lagi ke pengaturan dan coba lihat sekarang ada menu baru yang bernama Opsi Pengembang, nah kamu buka menu tersebut dan disitu terdapat beberapa fitur, kemudian aktifkan Debugging USB yag ada disitu.
    Mengaktifkan USB Debugging Huawei
  4. Sekarang coba hubungkan ke PC, otomatis PC kita akan menginstall driver nya agar bisa terkoneksi dengan baik.
  5. Nanti di HP Huawei kamu akan muncul PopUP “Izinkan melakukan Debug USB“. Kemudian Klik OKEIzinkan USB DEbugging Huawei

Nah sekarang USB Debugging sudah aktif di HP Huawei kamu dan kamu sudah bisa melakukan aktifitas seperti ROOT, Install TWRP dan lain sebagainya.

Perlu kamu ketahui, didalam menu Opsi Pengembang ini terdapat banyak fitur-fitur khusus yang jarang kita kenal, oleh karena itu harap selalu berhati-hati saat mengaktifkan salah satu fitur yang ada disitu.

Demikianlah panduan dari saya ini mengenai Developer option atau Opsi Pengembang yang ada di HP Huawei. Semoga pengguna handphone Huawei bisa terbantukan dengan adanya tutorial ini.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close