TIPS n TRIK

Apakah HP OPPO Bisa Menggunakan Kartu Smartfren 4G?

OPPO adalah salah satu vendor smartphone Android yang cukup sukses di indonesia dan mungkin saat ini banyak pengguna Andromax yang sudah mengganti smartphonenya dengan perangkat Android buatan OPPO. Tentunya kamu pasti bertanya-tanya apakah bisa HP OPPO menggunakan kartu Smartfren? atau kenapa tidak bisa menggunakan internet dari Smartfren?

Saat ini semua smartphone OPPO keluaran terbaru sudah mendukung jaringan 4G. Demikian juga dengan salah satu operator tanah air yakni Smartfren yang dahulu dikenal dengan operator khusus CDMA. Mereka sudah mengadopsi teknologi 4G bahkan jaringan CDMA yang mereka gunakan sudah mulai dinonaktifkan.

Seperti kita ketahui sekitar tahun 2017 Smartfren mulai menonaktikfan layanan CDMA mereka dan akan fokus mengembangkan 4G di tanah air. Ini dibuktikan dengan hadirnya kartu perdana Smartfren 4G GSM, paket Internet Unlimited 4G dan teknologi Volte.

Cara Mengetahui HP OPPO Yang bisa Smartfren

Smartfren mengelar layanan 4G di Band 5 (850 MHz) dan Band 40 (2300 MHz), apabila OPPO yang kamu gunakan sudah mendukug salah satu ataupun kedua frekuensi 4G tersebut bearti kamu bisa menggunakan layanan Smartfren. Untuk mengetahui kalau HP OPPO yang kamu gunakan mendukung frekuensi Smartfren bisa dilihat dari Box atau Dus.

Coba lihat pada contoh gambar dus dari OPPO F3 yang memuat informasi band frekuensi. Disitu tertulis FDD – LTE : Bands 1/3/5/8 dan TDD LTE : Band 40.

Dari keterangan gambar diatas bisa dipastikan OPPO F3 bisa menggunakan kartu Smartfren asalkan kamu berada di area yang sudah terjangkau jaringan 4G Smartfren.

Meskipun OPPO kamu support dan daerahnya terjangkau sinyal Smartfren, pasti ada beberapa dari kalian yang mengalami sinyal Smartfren tidak muncul ataupun lemah sering hilang.

OK, disini saya sedikit menginfokan tentang kedua Band frekuensi 4G yang digunakan Smartfren.

  1. Band 5 yang beroperasi pada frekuensi 850 MHz memiliki jangkauan luas hampir seluruh indonesia, karena frekuensi ini dulunya digunakan Smartfren dan ESIA untuk mengelar layanan CDMA. Nah, kalau OPPO kamu sudah mendukung Band 5 ini tentunya akan mendapatkan kualitas sinyal yang lebih baik.
  2. Band 40 pada 2300 MHz, bisa dibilang masih tergolong baru, karena pemerintah baru saja mealokasikan frekuensi ini ke provider Smartfren dan Telkomsel. Sampai saat ini mungkin baru di kota-kota besar saja yang sudah terjangkau Band 40 ini. Jadi kalau OPPO yang kamu gunakan hanya support Band 40 saja pastinya akan kesulitan mendapatkan kualitas sinyal yang baik bahkan tidak ada sama sekali. Tapi Band 40 ini memiliki kelebihan dalam kecepatan internet yang lebih baik dibandingkan Band 5.

Mungkin saat ini kamu sudah menikmati layanan internet dari Smartfren, dan bagi yang mengalami masalah tidak bisa konek internet, coba cek terlebih dahulu konfigurasi APN Smartfren dan kalau belum ada, silahkan buat APN Smartfren terlebih dahulu.

Cara Membuat APN Smartfren di Oppo

  1. Pertama buka Pengaturan selanjutnya tap SIM Ganda & Seluler. Di menu tersebut nantinya ada pilihan SIM 1 dan SIM 2. Silahkan pilih sesuai letak kartu Smartfren yang terpasang. Tapi saya lebih merekomendasikan memasang kartu Smartfren di SIM 1.
    pengaturan seluler oppo
  2. Setelah itu pada bagian info dan pengaturan SIM Smartfren, kamu akan menemukan opsi Nama Jalur Akses, klik menu tersebut. Kalau APN Smartfren memang sudah ada dan aktif, coba cek konfigurasi apakah sudah sesuai dan apabila belum ada APN Smartfren, silahkan buat terlebih dahulu dengan tap pada tanda + yang ada di pojok kanan atas.
    nama jalur akses
  3. Selanjutnya isi konfigurasi APN terbaru dari Smartfren seperti ini dibawah ini.
    NamaSmartfren4G
    APNsmartfren4G
    Nama Penggunasmartfren
    Sandismartfren
  4. Kalau sudah selesai, kamu simpan settingan APN tersebut dengan tap pada tombol Simpan yang ada di atas. Setelah itu kamu aktifkan APN yang baru dibuat tadi. Kalau sudah coba gunakan untuk browsing internet.
    buat apn smartfren

Apabila kamu tidak bisa menggunakan layanan panggilan suara baik itu untuk menelpon atau ditelpon itu berati Hp OPPO yang kamu gunakan tidak support Volte ataupun belum mengaktifkan fitur tersebut.

Cara Mengaktifkan Volte di OPPO

VoLTE adalah layanan panggilan telepon yang berbasis 4G LTE yang hampir sama dengan layanan suara teknologi 2G/3G, tapi dengan kualitas suara yang lebih baik dan jernih. Dan Smartfren saat ini satu-satunya operator di indonesia yang sudah mengadopsi teknologi ini.

Pada dasarnya setelah memasukan Kartu Smartfren apabila HP kamu sudah support otomatis Volte akan langsung aktif biasanya di statusbar muncul icon Volte. Menurut informasi Smartfren, HP OPPO yang support Volte seperti A5s, F11, F11 Pro, A7, R17.

Tapi kamu bisa cek pengaturan Volte melalui menu SettingCallVolte atau di SettingDual SIM & CellularSIM1Volte Calls apabila ada kamu bisa coba mengaktifkannya.

FAQ

Bagaimana solusi untuk Hp Oppo yang tidak support Volte?

Kalau kamu menggunakan HP Oppo yang tidak support Volte bisa menggunakan aplikasi dari Smartfren yang bernama SmartVolte yang ada di Google Play Store.

Kenapa sinyal Smartfren sangat lemah bahkan sering tidak ada sama sekali?

Kemungkinan besar HP Oppo kamu hanya support frekuensi B40 2300MHz. Frekuensi B40 ini belum semua daerah tercover masih sangat terbatas.

Kenapa kalau default internet di pindahkan ke operator lain, sinyal Smartfren hilang?

Itu karena Hp Oppo kamu belum mendukung Dual 4G On, saat default internet kita pindahkan, otomatis pengaturan jaringan di Smartfren akan berpindah ke 2G Only sedangkan Smarfren tidak supoort 2G.

Kenapa Internet lemot/tidak stabil?

Untuk ini tergantung lokasi dan kepadatan pengguna Smartfren di area kamu tinggal. Kalau tempat tinggal kamu jauh dari BTS Smartfren, tentunya sinyal sering drop/naik turun.

Bagaimana cara agar Ping dan Sinyal Stabil?

Coba kamu paksa pindahkan ke Band 5 karena menurut saya Band 5 ini selain jangkauan luas dan juga penggunanya tidak banyak. Hampir semua Hp akan lebih memprioritaskan Band 40 ini. Tapi ingat sesuatu yang dipaksakan terkadang bisa berakibat buruk!.

Tags