TIPS n TRIK

Cara Menggunakan Smartfren 4G Di ASUS Zenfone

Cara Menggunakan Smartfren 4G Di ASUS Zenfone
Smartphone ASUS dengan seri Zenfone cukup sukses di pasar indonesia, itu terbukti dengan menduduki peringkat ke 5 saat ini sebagai produk smartphone yang paling laku di indonesia. Rata-rata Zenfone ini sudah di bekali dengan teknologi LTE/4G yang memberikan kecepatan internet untuk melakukan download dan upload dengan rata-rata 12,9 Mbps dan 7,3 Mbps.

Saya yakin juga banyak pengguna Smartfren yang memiliki smartphone ASUS atau mungkin telah mengganti Andromax nya ke Zenfone. Dahulu saya sempat memporting ROM Zenfone ini ke Andromax dan antusias pengguna Andromax cukup baik dengan ROM ini, sekitar 100ribu lebih ROM ASUS ini telah di download.

Nah, mungkin saat ini kamu lagi kebingunggan menggunakan kartu Smartfren di ASUS Zenfone, ya karena memang Smartfren ini berbeda frekuensi jaringannya dengan operator lain yang ada di indonesia. Jadi untuk mengaktifkanya butuh setting khusus agar bisa digunakan kartu Smartfrennya di Zenfone.

Smartfren menggunakan frekuensi LTE band 5 (850Mhz) dan band 40 (2300Mhz) dan rata-rata Smartphone Zenfone mendukung kedua frekeunsi tersebut, seperti ASUS Zenfone 2, Zenfone Selfie, Zenfone Max, Zenfone 3 dan mungkin masih banyak lagi yang support yang tidak tersebutkan.

Cara Setting Smartfren 4G Di ASUS Zenfone

  1. Pertama pasangkan kartu Smartfren di SIM1
  2. Setelah kartu Samrtfren terpasang dengan baik, buka Telepon kemudian dial ke *#*#4636#*#*
  3. Setelah itu akan muncul menu Testing dan disitu ada beberapa pilihan seperti Device Information, Usage Statistics, Wi-fi Information. Kamu pilih menu Device Information
  4. Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih Setel jenis jaringan yang disukai kemudian kamu set ke 4G Only
  5. Tunggu beberapa saat jaringan akan melakukan refresh, setelah itu sinyal 4G akan muncul dan sudah terkunci, tidak akan berpindah-pindah lagi.
  6. Langkah berikutnya buka Setelan kemudian pilih Dual SIM Card Settings kemudian kamu pilih Jaringan Layanan Data ke SIM 1
  7. Sekarang kamu buat APN baru, buka Setelan kemudian pilih Lainnya selanjutnya klik Jaringan Seluler
  8. Pada menu Setelan Jaringan Seluler ada beberapa opsi seperti Data Diaktifkan, Roaming Data, Jenis Jaringan yang di pilih, Mode 4G yang ditingkatkan, Nama Titik Akses dan Operator Jaringan. Nah untuk menambahkan APN Smartfren kamu pilih opsi Nama Titik Akses nanti akan terbuka menu APN. Setelah itu kamu pilih bulatan yang ada di atas disamping tiga titik (lihat contoh gambar).
  9. Isi APN Smartfen seperti di bawah ini, yang lain biarkan saja tidak isi.
    Nama: Smartfren
    APN: Smartfren4G
    Nama Pengguna: Smartfren
    Password: Smartfren

    Setelah itu kamu Simpan. pilih 3 titik di pojok kanan atas kemudian pilih Simpan.

Kalau memang smartphone ASUS kamu support frekuensi 4G punya Smartfren, tutorial di atas pasti berhasil kamu terapkan.

Oh ya ada satu hal yang yang perlu kamu ketahui, Jaringan Smartfren hanya berjalan di 4G saja, jadi tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui telpon dan SMS, hanya bisa untuk internet saja terkecuali kalau Zenfone kamu sudah support VOLTE. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama Smart Volte, aplikasi ini memang dibuat oleh pihak Smartfren untuk Smartphone atau tablet yang tidak support VOLTE.

Satu hal lagi, apabila kamu menggunakan internet pada SIM 2 otomatis sinyal Smartfren akan hilang. Dikarenakan jaringan 4G only akan berpindah menjadi GSM, sedangkan Smartfren hanya bisa di jaringan 4G, terkecuali HP ASUS kamu mendukung Dual 4G On seperti Zenfone Max Pro M1.

Tags
Loading...

Tautan Cara Menggunakan Smartfren 4G ASUS Zenfone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *