TIPS n TRIK

Solusi Redmi 2 yang Mati Total dengan Mi Flash Tool

Cara Flash Redmi 2 Yang Mati Total Dengan Mi Flash Tool. Beberapa hari yang lalu Redmi 2 saya mengalami hardbrick di mana tidak bisa dihidupkan, di charger tidak ada reaksi sedikitpun, juga tidak bisa masuk ke fastboot, hubungkan ke PC portnya kedetek sebagai Qualcomm HS-USB QDLoader 9008. Beruntung bagi yang punya produk Xiaomi dikarenakan jarang ada vendor yang mau menyediakan ROM Fastboot dan software Mi Flash untuk flashing.

Kalo kamu mengalami hal yang sama seperti saya bisa coba flashing ROM Fastboot Redmi 2 dengan software yang disediakan oleh Xiaomi yaitu Miflash. Untuk mengikuti tutorial ini pastikan kamu mempunyai perangkat komputer/Laptop, Di tutorial ini saya menggunakan Windows 7, jadi saya rekomendasi gunakan windows 7 ya.

Apa itu Flashing?

Sekedar informasi, Flashing adalah kegiatan melakukan instalasi ulang system operasi yang ada di dalam perangkat android dalam usaha memperbaiki kerusakan atau error software. Flashing ada 2 metode yang biasa digunakan, via Recovery (untuk kasus ringan) dan Via Flash Tool (kasus berat). Kerusakan yang saya maksud di sini hanya di akibatkan oleh kerusakan software dan partisi saja, kalau karena hardware, pastinya tidak akan bisa menyelesaikan masalah kamu harus membawa ke Service Center Xiaomi atau ke tempat services.

Flashing Redmi 2 dengan Mi Flash yang saya share di bawah ini bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah lupa sandi Akun MI atau terkunci.

Persiapan

1. Pertama Install terlebih dahulu MiFlash Tool di komputer atau laptop windows kamu.
2. Silahkan pilih ROM sesuai dengan versi Redmi 2 kamu. Untuk mengetahui versi/ekor dari Redmi 2 yang kamu gunakan. Lihat di belakang batere.
ROM Fastboot Global 6.5.2.0. Buat pengguna Redmi 2 HM2014811, HM2014817, HM2014818, HM2014819, HM2014821
ROM Fastboot China 6.5.2.0. Buat pengguna Redmi 2 HM2014813, HM2014812, HM2014816

Cara Flash Redmi 2 Dengan Mi Flash Tool

  1. Selanjuntya Extract file ROM Fastboot Global Redmi 2 tersebut di directory D:/ ataupun C:/ (jangan letakan di dalam folder lagi. Lihat contoh gambar di bawah ini)
    miflashredmi2
  2. Berikutnya hubungkan Redmi 2 ke PC sambil menekan tombol Volume Down dan Power, cek Control PanelDevice Manager kalo port Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 sudah kedetek (lihat gambar yang ditandai merah) lepaskan tombol volume dan power.
    miflashbrick
  3. Selanjuntya jalankan Miflash nanti muncul port device kita (kalo belum muncul coba di refresh melalui tombol refresh di Mi flash), Kemudian klik Browse selanjutnya pilih Advanced
  4. Di Menu Advanced isi sebagai berikut:
    Fastboot Scriptflash_all.bat (yang berada di folder ROM Fasboot)
    NvBoot ScriptLewati saja ga usah diisi
    Flash programmerMPRG8916.mbn (ada di folder images)
    Boot Image8916_msimage.mbn
    RAW XML Filerawprogram0.xml
    Patch XML Filepatch0.xml
    Setelah terisi dengan benar klik “OK
    miflashbrick4
  5. Setelah itu klik tombol “Flash“, selanjuntya proses flashing dimulai…port yang tadi kedetek Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 akan berubah menjadi Qualcomm HS-USB Diagnostics 9006
    miflashbrick2
  6. Setelah ada tulisan “The operation complete successfull“, cabut batere Redmi 2 nya dan pasangkan lagi kemudian Hidupkan

Solusi Tidak Terdeteksi PORT Qualcomm HS-USB QDLoader 9008

– Coba habis di install Mi Flash Tool di Restart terlebih dahulu.
– Apabila menggunakan PC WARNET, sebaiknya minta tolong ke ADMIN nya. Sebab biasanya di WARNET menggunakan Windows versi LITE, di mana sudah di hilangkan berbagai fitur termasuk instalasi software dan driver.
– Kalau masih tidak terdetek juga, lakukan testpoint, hubungkan 2 titik dengan menggunakan Pinset ataupun kawat. (lihat gambar di bawah). Caranya hubungkan dulu ke 2 titik tersebut dengan pinset atau kawat dan tahan jangan sampai lepas atau bergeser, selanjutnya sambungkan ke PC kemudian cek di device manager apakah sudah terdeteksi atau belum. Lakukan lagi apabila belum terdeteksi.
Solusi Redmi 2 yang Mati Total dengan Mi Flash Tool 1

Sekarang Redmi 2 kamu sudah hidup lagi meski semua data-2 di Internal terhapus.

Saya harap kamu juga sukses memperbaiki Redmi 2, demikian penjelasan singkat untuk cara flashing Redmi 2 Via Mi Flashtool, Dan semoga kamu tidak bingung dalam tahapan flashing di atas dan semoga bermanfaat.

Tags
error: Content is protected !!