Home / TIPS n TRIK / Cara Mengaktifkan Developer Option Dan USB Debugging Di ASUS

Cara Mengaktifkan Developer Option Dan USB Debugging Di ASUS

Cara Mengaktifkan Developer Option Dan USB Debugging Di ASUS
Cara Mengaktifkan Developer Option serta USB Debugging Di smartphone atau tablet Android ASUS. Pada dasarnya USB Debungging digunakan oleh para developer atau pengembang aplikasi untuk melakukan koneksi antara perangkat Android ke komputer dengan dijembatani oleh software Android SDK (Software Development Kit). Sehingga mereka dapat menguji aplikasinya dan membaca log agar dapat menemukan masalah pada saat mengembangkan Android.

Selain USB Debugging banyak lagi tool-tool yang bermanfaat yang terdapat di Opsi pengembang, mulai dari Debugging, Networking, Input, Drawing, Hardware accelerated rendering, Monitoring, dan pengaturan aplikasi lanjutan lainnya.

Meskipun kita bukan developer, tapi bisa menggunakan fitur ini, sehingga kita juga bisa mengakses dan mengontrol Android kita dari PC, dengan begitu kamu bisa melakukan Unlock Bootloader, menginstal custom recovery TWRP, melakukan root, menginstal custom ROM, dan masih banyak lagi.

Semua perangkat Android memiliki fitur ini tapi sejak Android Kitkat keatas fitur ini disembunyikan dan untuk mengaktifkan membutuhkan trik tersendiri dan kali ini saya memberikan tutorial cara mengaktifkan fitur Opsi pengembang/Developer Option dan USB Debugging di ASUS.

Sebenarnya untuk mengaktifkan ini sama saja di semua perangkat Android, cuma memang ada yang sedikit berbeda dari tampilan layoutnya, seperti pada ASUS ini.

Cara Aktifkan USB Debugging Di ASUS

  1. Buka Setelan setelah itu pilih About kemudian kamu pilih Software Information
  2. Langkah selanjutnya tap 7x berturut-turut pada tulisan Nomor Bentukan, nanti muncul tulisan “Sekarang Anda adalah seorang pengembang“.
  3. Sekarang kamu balik ke Setelan disitu sudah muncul Opsi Pengembang yang biasa di sebut dengan Developer Option. Buka Opsi Pengembang nanti muncul banyak menu salah satunya Debugging USB, nah kamu aktifkan opsi debugging ini.
  4. Sekarang coba kamu sambungkan ke PC nanti muncul popup yang bertuliskan

    Izinkan melakukan Debug USB?
    Debugging USB dimaksudkan untuk tujuan pengembagan saja. Gunakan untuk menyalin data antara komputer dan perangkat Anda, Memasang apl pada perangkat tanpa notifikasi dan membaca data log.

Nah sekarang USB Debugging sudah aktif di ASUS kamu dan kamu sudah bisa melakukan aktifitas seperti ROOT,Install TWRP dan lain sebagainya.

Loading...

Related

Tentang admin

Hanya seorang pengemar Android dari jamanya Nexus One, yang ingin berbagi pengalamanya tentang Android melalui Blog.

Beri Komentar

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *