Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Vivo dan USB Debugging

Kali ini saya akan memberikan cara mengaktifkan Debugging USB di HP Vivo, tapi sebelumnya kamu harus mengaktifkan Opsi Pengembang di Vivo.

Satu hal mengapa Android cepat sekali berkembang karena memiliki dukungan komunitas yang sangat besar. System operasi berbasis Open Source ini memberikan kemudahan bagi para developer untuk ikut mengembangkan Android.

Salah satu fitur di Android yang di khususkan untuk para developer adalah Opsi Pengembang, fitur ini memang sangat diperlukan bagi para developer aplikasi Android, maupun opreker Android yang ingin mengakses dan mengontrol Android mereka dari PC.

Tapi sayang semenjak Android kitkat rilis oleh Google fitur Opsi Pengembang ini sengaja disembunyikan, tapi kita masih bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan cara tertentu.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Vivo

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Vivo
Fitur Opsi Pengembang atau Developer option ini tersembunyi secara default dan kamu harus membuatnya menjadi tersedia dengan melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini.

  1. Buka Setelan yang ada di HP Vivo.
  2. Kemudian pilih Setelan lainnya.
  3. Pilih menu Tentang Ponsel.
  4. Klik 7x pada tulisan Versi perangkat lunak
  5. Nanti muncul tulisan “Sekarang Anda sudah menjadi pengembang.”
  6. Opsi Pengembang telah aktif.

Itu dia cara mudah mengaktifkan fitur Opsi Pengembang di VIVO. Cara ini bisa digunakan untuk kamu yang smartphonenya menggunakan Android KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo atau yang lebih baru.

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Cara Mengaktifkan USB Debugging Di VIVO
Di menu Opsi Pengembang/Developer Option ada salah satu fitur yang sering digunakan baik itu developer maupun opreker yakni Debugging USB dan OEM Unlock.

Fungsi Debugging USB adalah untuk menjembatani antara perangkat dan PC/Laptop. Sangat berguna untuk menginject suatu file ke system seperti file root ataupun custom recovery.

Untuk cara mengaktifkan kedua opsi tersebut bisa mengikuti panduan di bawah ini.

  1. Pada menu utama Setelan.
  2. Buka menu Setelan lainnya.
  3. Pilih menu Developer Options atau “Opsi Pengembang”.
  4. Aktifkan Debugging USB.
  5. Optional pilih Aktifkan buka kunci OEM.
  6. Selesai.

Nah sekarang USB Debugging sudah aktif di Vivo kamu, silahkan hubungkan ke PC, nanti akan muncul notifikasi “Izinkan melakukan Debug USB” pilih OKE.
Notifikasi Izinkan melakukan Debug USB

Akhir Kata

Tutorial ini bisa kamu terapkan di HP Vivo V5, Vivo Y91, Vivo Y15 dan berbagai smartphone Vivo yang lainnya.

Semoga tips ini bisa berguna bagi kamu pengguna ponsel Android Vivo dan apabila ada hal yang perlu kamu tanyakan berhubungan dengan postingan ini, silahkan komentarnya melalui form komentar di bawah ini.

Tags

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close