Home / TIPS n TRIK / Cara Edit Build.prop Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Cara Edit Build.prop Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Pada waktu yang lalu saya pernah membahas cara membuka/mengekstrak dan membuat file zip menggunakan aplikasi ES File Explorer. Dan kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial singkat cara edit build.prop melalui aplikasi ini.

Sebenarnya banyak aplikasi di Play Store yang menawarkan fungsi mengedit build.prop langsung seperti aplikasi build.prop editor, kernel adiutor dan lain-lain. Tapi kalau kamu masih tergolong baru belajar edit build.prop, menurut saya dengan aplikasi-aplikasi tersebut membuat pengetahuan dan pengalaman tentang system android tidak akan berkembang, hanya stuck bisa mengedit build.prop saja.

ES File Explorer atau ES Pengelola Berkas (dalam bahasa indonesia) adalah salah satu aplikasi file manager yang terdapat di Google Play Store. File Manager ini merupakan aplikasi favorit saya dalam mengelola file baik itu membuka file zip, membuat file zip, memindahkan file, edit file, share file antar perangkat dan berbagai hal lainya. Banyak fitur yang bisa kamu dapatkan di aplikasi ini yang tidak ada di file manager bawaan dari smartphone kita.

Salah satu fiturnya adalah bisa digunakan sebagai Root Explorer, dimana kamu bisa mengakses system android untuk melakukan modifikasi di salah satu file system yang ada di perangkat android. Salah satu filenya adalah build.prop.

Perhatian

– Untuk berjaga-jaga sebaiknya smartphone kamu sudah terpasang TWRP
– Jangan sembarangan mengedit isi dari build.prop

Cara Edit Build.prop Menggunakan Es Explorer

Mengikuti tutorial ini pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Es File Eksplorer dan wajib sudah sukses di ROOT Androidnya. Setelah itu buka aplikasi tersebut dan aktifkan Penjelajah Root akan ada Root Permission pilih Izinkan / Allow.

Selanjutnya kamu mengaktifkan Read Write System File atau RW, tanpa ini kamu tidak akan bisa mengedit file system Android. Sekedar informasi RW ini bearti Read (membaca/melihat) Write (menulis/mengedit/memodifikasi) sedangkan RO artinya Read Only, hanya bisa membaca/melihat saja. Cara megaktifkan kamu tingagal klik pada tulisan Penjelajah Root kemudian di bagian System aktifkan RW. Bagi yang tetap tidak bisa menggunakan fungsi RW ini, lihat pada bagian akhir tutorial untuk mengatasi masalah ini.

Sekarang kamu pilih Perangkat, kemudian pilih folder System;

Sekarang kamu sudah berada di System Android, pada bagian bawah ada file yang bernama build.prop. Sebelum di edit lakukan backup terlebih dahulu, pilih file build.prop kemudian Opsi lebih banyak dan pilih Salin ke. Dan pilih lokasi tempat menyimpan backupan file tersebut, terserah kamu ingin menyimpan dimana, pilih tempat yang mudah di ingat seperti folder Download.

Langkah berikutnya kamu edit file build.prop, klik filenya kemudian pilih ES Editor Catatan;

Untuk memulai mengedit, kamu klik 3 titik di pojok kanan atas, kemudian pilih Edit. Sekarang kamu sudah bisa mengedit file build.prop sesuai dengan tutorial yang kamu dapatkan.

Setelah selesai mengedit kamu klik tombol back, otomatis akan ada notifikasi konfirmasi simpan file, pilih Ya.

Sebelum di Reboot, kamu pastikan permission / perizinan (CHMOD) sudah rw-r-r. Untuk melihat dan merubah perizinan, pilih build.prop kemudian opsi lebih banyak dan pilih Properti. contoh screenshot perizinan yang benar. kalau sudah benar silahkan di Reboot.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *