Cara Membuka / Ekstrak dan Membuat File Zip / Rar di Android

File dengan format zip dan rar tentunya sering kamu jumpai di internet, nah bagaiama cara membuka atau mengekstrak file zip atau rar di Android?.

File zip dan rar adalah arsip file yang sudah terkompresi dalam artian kumpulan beberapa file yang disatukan dan diperkecil ukuran file tersebut dengan menggunakan software atau aplikasi. Tapi tidak selalu beberapa file, terkadang hanya satu file juga yang memang bertujuan agar filenya bisa diperkecil ukuranya.

File yang sudah di zip atau rar, akan mempermudah untuk memindahkan file tersebut, coba kamu bayangkan bagaimana kalau ada 100 file yang harus harus di upload, tentunya akan memakan waktu lebih lama dan kamu juga akan kerepotan harus mendownload semua file tersebut kan?

Rata-rata smartphone android sekarang file managernya sudah support melakukan itu tapi ada yang masih sangat terbatas kemampuanya. Jadi di tutorial ini saya menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Banyak sekarang aplikasi yang bisa melakukan mengekstrak file zip seperti Winzip, Winrar dan berbagai aplikasi file manager seperti ES File Explorer, Solid Explorer dan lain lain.

Cara Extract File Zip dan RAR Di Android

Disini saya menggunakan ES File Explorer, karena menurut saya aplikasi ini multi fungsi bisa di jadikan root explorer berguna untuk mengakses file system dan data bagi yang androidnya sudah di root.

Selain itu juga bisa digunakan untuk transfer file dan folder antar perangkat android seperti Shareit, bisa backup aplikasi dan game dalam format apk dan lain sebagainya.

Langkah 1. Klik file yang mau di ekstrak kemudian pilih ES pembuka Zip.
ekstrak file zip dengan file manager


Langkah 2. Selanjutnya akan terbuka isi file zip atau rar yang akan kamu ekstrak. Pilih menu Ekstrak kemudian OK.
pilih lokasi hasil ekstrak

Langkah 3. Otomatis file akan terekstrak di lokasi file berada, apabila ingin hasil ekstrak di tempat berbeda kamu bisa memilih Opsi Pilih Jalur.
Hasil Extract File

Sekarang kamu sudah bisa membuka file zip dan rar dengan ES Explorer, tutorial di atas hanya sebagai contoh saja, kamu bisa menggunakan aplikasi yang lain ataupun menggunakan File Manager bawaan dari Android kamu.

Sebenarnya sama saja cuma mungkin nama opsinya berbeda-beda ada yang Ekstrak atau Extract, ada juga yang Decompress.

Cara Membuat File Zip dan RAR Di Android

Sekarang tutorial cara membuat file zip, persiapkan file-file yang akan di zip, kalau filenya banyak lebih baik letakan file-filenya dalam satu folder.

Pertama klik dan tahan file/folder yang ingin di zip setelah itu pilih menu lebih banyak selanjutnya klik menu Kompres.
Kompress File Menggunakan Es Xplorer


Nanti akan muncul opsi mengganti nama file, format file zip atau 7z, level kompressi, kata sandi. Kamu bisa merubah nama file tersebut dan bisa juga memberinya password.

Untuk format file lebih baik pilih zip dan level kompresi pilih Standar.
Proses pengkomnpresan file


Proses mengkompresi file membutuhkan waktu, semakin banyak dan semakin besar filenya tentunya akan lebih lama.

Kesimpulan

Di blog cararoot.com ini banyak di share file-file berformat zip dan rar dan ada beberapa tutorial yang menyuruh kamu untuk melakukan ekstrak atau extract terhadap file tersebut agar bisa digunakan.

Pengunjung blog ini sekitar 20% belum mengetahui cara membuka atau mengekstrak file zip dan rar melalui smartphone android. Saya juga saat pertama kali menggunakan Android seperti kalian tidak mengerti cara membuka file ini dan membuat file zip/rar.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *