TIPS n TRIK

Cara Flashing Firmware Andromax EC dengan PC

Disini saya akan membagikan cara flashing atau instal ulang Andromax EC dengan PC. Cara ini untuk mengatasi masalah mati total yang tidak bisa di perbaiki dengan metode sdimage yang pernah di posting disini. Tapi tentunya selama masin bisa kedetek di komputer/PC dan bukan karena di akibatkan oleh kerusakan hardware.

Kita tidak pernah tahu kapan terjadi kerusakan pada smartphone kita. Untuk terjadi kerusakan hardware, seperti LCD/touchscreen yang pecah sudah pasti kita harus menggantinya ke service center. Namun, jika terjadi kerusakan software, kalian masih bisa mencoba memperbaikinya sendiri, hitung-hitung buat menambah pengalaman kalian menggunakan Android.

Andromax EC di bekali oleh Smartfren dengan chipset dari Qualcomm, nah untuk melakukan flash via PC kita butuh tool yang bernama QFIL, tool ini dikembangkan memang untuk memperbaiki masalah kerusakan software maupun partisi di perangkat yang menggunakan chipset Qualcomm.

Persyaratan

– Telah terinstall Driver Qualcomm, bagi yang belum instal bisa menggunakan Mi Flashtool yang saya share disini. Tujuan install Mi Flashtool hanya agar driver Qualcomm bisa terinstall, karena tool ini sudah dilengkapi dengan berbagai driver. Setelah terinstall silahkan di Reboot PC nya terlebih dahulu.
– Bagi yang menggunakan PC dari WARNET, biasanya di WARNET menggunakan Windows Lite alias Windows yang sudah di pangkas fitur-fiturnya. Dan mungkin drivernya tidak akan bisa terinstall. Sebaiknya minta tolong ke admin Warnetnya, menginstall tool ini atau menggunakan PC Admin.

Cara Install Ulang Andromax EC Dengan PC

  1. Install QPST Flashing Tool di PC
  2. Dan juga install Qualcomm USB Driver di PC
  3. Download Firmware Andromax EC disini kemudian extract filenya di PC
  4. Buka folder firmware andromax EC kemudian copy ke 4 file yg ada di folder Switch EDL ke Sdcard/Memory card
  5. Pasang Memory card ke Max EC kamu nanti jangan kaget kalo hape nya jadi Mati (itu cuma efek dari ke 4 file tersebut yg berfungsi untuk agar hape kita dalam kondisi Emergency Download Mode)
  6. Sekarang hubungkan hape ke PC dengan Kabel Data nanti di Windows Device Manager kedetek sebagai Qualcomm HS-USB QDloader 9008
  7. Buka QFIL Tool yang ada di QPST
    qpst - qfil
  8. Klik tombol Browse dan arahkan ke folder firmware Andromax E2
    QFIL andromax e2
  9. Nanti muncul prog_emmc_firehose_8916.mbn dan klik Open
  10. Selanjutnya pilih tombol “Load XML” dan pilih rawprogram_unsparse.xml dan berikutnya Patch0.xml
  11. Sebelum mulai flashing cek lagi udah benar pemilihan firmware, Kalo yakin klik tombol Download
  12. Proses flashing di mulai dan tunggu sampai selesai mungkin sekitar 5-10 menit, jangan sampai kabel terlepas atau mati lampu
  13. Kalo sudah selesai cabut kabel usb nya dan lepaskan SDcard/Memory Card kemudian hapus ke 4 file tadi
  14. Silahkan coba untuk menghidupkanya

Apabila proses flashing sukses dan smartphone kalian masih juga bermasalah kemungkinan besar kerusakan hardware. Sebaiknya di bawa ke Service Center smartfren ataupun ke tukang service.

Sekian panduan cara flash Andromax EC, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Tags