TIPS n TRIK

Cara Hard / Factory Reset Lenovo A6000, A6010 dan A2020 (Vibe C)

Hard reset atau kembali ke kondisi awal adalah metode paling cepat dan mudah untuk mengembalikan Android ke keadaan normal. Cara ini bisa kamu lakukan ketika sistem kamu sudah berjalan terasa sangat lambat, sering hang, aplikasi force close ataupun terinfeksi virus bahkan dalam kondisi bootloop. Hard Reset tidak hanya membuat Android kamu bersih tetapi juga mengembalikan ke performa optimal.

Android menerapkan teknologi penyimpanan cache yang bertujuan untuk menyimpan proses-proses yang dijalankan oleh sistem, sehingga akan mempercepat Android saat digunakan atau juga mempercepat proses Restart perangkat.

Akan tetapi lama kelamaan cache akan terus menumpuk di background dan memperlambat kinerja Android kamu. Untuk menjaga agar Android kamu tetap cepat, kamu bisa menghapus cache sebulan sekali. Dan cara paling ampuh untuk menghapus cache adalah dengan Factory Reset.

Selain itu, untuk melindungi data-data yang ada di dalam smartphone dari ulah tangan jahil, sebaiknya kamu kunci smartphone milikmu. Semakin ribet password atau kunci pola yang kamu gunakan, maka akan semakin aman pula smartphonemu.

Tetapi, ada kalanya kamu pasti lupa PIN atau password atau kunci pola smartphone kamu, kan? Untuk mengatasi lupa password yang telah kamu buat cara yang paling mudah dan tanpa PC adalah dengan melakukan Wipe Data atau hard reset. Dimana akan menghapus semua settingan yang kamu buat serta aplikasi maupun game yang pernah di install. So, aplikasi yang mungkin mengandung virus akan ikut terhapus juga.

Bagi yang belum tahu cara reset Lenovo A6000, A6010 dan Vibe C bisa mengikuti tutorial di bawah ini. Tapi sebelumnya kamu harus ingat Akun Google yang kamu daftarkan melalui smartphone Lenovo kamu. Sebab kalau lupa Akun Googlenya, smartphone kamu akan terkunci terkena FRP atau Factory Reset Protection yang di terapkan Google.

Cara Reset Lenovo A6000, A6010 Dan A2020 via Recovery

  1. Masuk ke Recovery Lenovo, caranya matikan Lenovo kamu terlebih dahulu kemudian tekan tombol Volume Atas Dan Power, tahan sampai masuk ke Recovery.
  2. Setelah itu pilih menu Wipe data/Factory Reset. Gunakan tombol Volume Bawah untuk mengulir ke bawah dan tombol Power untuk Enter.
    Cara Hard Reset Lenovo A6000, A6010 Dan A2020
  3. Kemudian pilih Yes – Delete All User Data. Opsi ini akan menghapus semua data yang pernah terinstall di Lenovo kamu.
    Cara Hard Reset Lenovo A6000, A6010 Dan A2020
  4. Setelah Data Wipe Complete, sekarang kamu lakukan hal yang sama pada menu Wipe Cache Partition
    Cara Hard Reset Lenovo A6000, A6010 Dan A2020
  5. Setelah selesai pilih Reboot System Now. Proses reboot sedikit lebih lama dari biasanya, kalau berhasil masalah-masalah yang menimpa lenovo kamu bisa teratasi.

Sekarang kamu sudah berhasil melakukan reset dan Lenovo A6000, A6010 dan A2020 atau Vibe C sudah kembali ke kondisi semula seperti saat pertama kali kamu membelinya.

Kesimpulan

Melakukan reset bisa dibilang sebagai hal pertama yang harus kamu coba lakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di HP Lenovo. Selama masalah atau error tersebut tergolong ringan, kemungkinan besar bisa diperbaiki, tapi kalau tergolong berat seperti ada file sistem yang terhapus, ataupun kerusakan hardware tentunya tidak bisa terselesaikan dengan hanya mereset saja. Tapi kamu harus mencoba melakukan instalasi ulang firmware dari HP Lenovo kamu. Seperti yang pernah saya share tutorial Cara Flash Lenovo A6000 via PC.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian yang bingung mengatasi masalah di HP Lenovo.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!