TIPS n TRIK

Cara Install TWRP Lenovo A6000 Tanpa PC

Untuk menginstall custom ROM atau tweak dibutuhkan sebuah custom recovery seperti TWRP. Custom recovery adalah pengembangan dari stock recovery yang biasa terdapat di hampir semua devices android. Stock recovery yang disediakan para pembuat hape fungsinya sangat standar hanya bisa melakukan wipe, backup data dan install file OTA. Oleh para opreker android stock recovery di kembangkan lagi agar fungsinya lebih terutama agar bisa backup ROM, install custom ROM.

Custom Recovery banyak jenisnya ada yang namanya CWM (ClockWorkmod), Philz CWM dan TWRP (Team Win Recovery Project). Diantara kustom recovery yang beredar menurut saya yang paling terbaik adalah TWRP dikarenakan banyak fitur yang sudah terintegrasi di recovery ini seperti adanya File Manager, Bisa akses MTP, Auto-Root, themes dan lain-lain. Tapi yang paling penting dari semua itu adalah fungsi touchscreen dalam pengoperasianya, sehingga lebih mudah,cepat dan mengurangi penggunaan tombol fisik.

TWRP buat Lenovo A6000 dapat digunakan untuk A6000+ (Plus) dan dibuat oleh SevenMaxs salah seorang member dari Lenovo Forum. TWRP yang akan kamu install ada 2 versi yaitu versi Kitkat dan Lollipop, pastikan kamu memilih sesuai versi Android di Lenovo A6000 kamu.

Sebelum mengikuti tutorial di bawah ini pastikan Lenovo A6000 kamu telah berhasil di Root. Untuk tutorial cara root Lenovo A6000 ikuti petunjuknya disini.

Bahan-bahan

TWRP Kitkat Lenovo A6000/A6000+ Pilih ini apabila kamu masih menggunakan Android Kitkat 4.4.4.
TWRP Lollipop Lenovo A6000/A6000+ Pilih ini bila telah upgrade ke Android Lollipop 5.0.2.
Pasang Flashify via Google Play Store

Cara Pasang TWRP Di Lenovo A6000

  1. Pertama buka aplikasi Flashify, nanti ada permintaan Root Authorization pilih Allow
    Screenshot_2015-09-13-16-27-13
  2. Kemudian pilih Recovery image (jangan sampai salah pilih!!)
  3. Pilih Choose a File dan pilih File Manager
  4. Dan cari file TWRP yang tadi di download
    flashify twrp c3

  5. Nanti muncul notifikasi Flash Recovery? … pilih Yup
  6. Selanjutnya ada notifikasi “Flash Complete” pilih Reboot Now
    flashify suksess
  7. Otomatis Lenovo kamu akan masuk ke menu TWRP

Catatan Penting:

  • Baik itu Stock Recovery atau custom recovery hanya dapat berjalan apabila sesuai dengan OS di Lenovo A6000 kamu.
    – Apabila kamu melakukan downgrade dengan ROM Kitkat kamu harus menginstall lagi TWRP Kitkat
    – Apabila kamu melakukan Upgrade dengan ROM Lollipop install juga TWRP Lollipop
  • Untuk cara masuk ke TWRP, matikan dulu Lenovo A6000 kamu kemudian tekan tombol Volume Atas, Bawah dan Power bersamaan tahan dan lepaskan apabila telah muncul Logo Lenovo.

Itulah cara pasang TWRP Lenovo A6000, A6000 SE dan A6000 Plus. Jika kamu masih bingung kamu bisa bertanya di kolom komentar. Setelah terinstal TWRP kamu sudah bisa mencoba berbagai ROM yang pernah saya porting seperti ROM Color OS, ZenUI, Funtouch, MIUI dan lainya. ROM tersebut bisa kamu dapatkan disini Kumpulan ROM Lenovo A6000.

Selamat mencoba!

Tags
Loading...

Artikel Terkait