TIPS n TRIK

2 Cara Install Google Play Store / Play Services / Framework

Bagaimana caranya agar di Android kita memiliki Google Play Store? Bagi kamu pengguna Android tapi tidak memiliki Play Store dari Google, bisa mengikuti tutorial disini agar Smartphone atau Tablet Android yang kalian gunakan bisa terpasang layanan dari Google ini.

Google selaku pengembang Android menyediakan layanan mereka untuk kita gunakan seperti Play Store untuk menginstall aplikasi, Gmail supaya bisa berkomunikasi melalui Email, GDrive agar kita bisa menyimpan file via cloud service mereka, Youtube buat streaming video secara online, ada juga Gmaps sebagai penunjuk jalan bagi kita yang ingin bepergian dan masih banyak lagi.

Tapi sangat disayangkan, ternyata tidak semua perangkat Android memiliki layanan Google. Rata-rata hampir semua perangkat Android yang berasal dari China tidak menyertakan layanan Google seperti Play Store, Youtube, Gmail dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena kebijakan dari pemerintah China yang melarang penggunaan Layanan Google sebenarnya tidak hanya Google saja, Facebook, Twitter, Whatsapp juga demikian tidak bisa digunakan di sana.

Kebijakan pemerintah China ini bermaksud agar perusahaan lokal mampu berkembang di negara sendiri, oleh sebab itu para produsen smartphone di negara tersebut membuat layanan App Store sendiri seperti Xiaomi dengan Mi Store, Vivo Store dan lainnya. Tapi sayang App Store yang disediakan para vendor smartphone Android tersebut tidak sebaik dan selengkap punya Google.

Oleh sebab itu, apabila kamu memiliki Android Xiaomi, Vivo, Oppo, Meizu atau lainya yang hanya untuk di jual di China tapi di pasarkan ke negara kita oleh distributor tidak resmi pastinya HP kalian tidak memiliki Play Store. Kalau ingin ada Play Store, kamu harus install sendiri.

Untuk menginstall layanan Google seperti aplikasi Play Store, Youtube, Gmail atau Maps tersebut, di Android kamu harus sudah terinstall Google Framework dan Play Service.

Agar layanan google ini bisa terinstall dan digunakan, disini saya share 2 metode yang bisa kamu gunakan yaitu dengan menggunakan Google Installer dan flashing file GAPPS yang telah di zip, biasanya yang terkenal buatan Opengapps.org.

Untuk itu pada postingan kali ini saya akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara memasang aplikasi Play Store tersebut secara manual.

Cara Install Play Store Menggunakan Google Installer (Tanpa Root)

Metode ini tidak memerlukan akses root dan terinstall TWRP, sebab kamu cukup menginstall aplikasi ini dan menunggu sampai layanan Google terinstall di hape kamu. Metode ini berjalan di ROM MIUI dari Xiaomi, ROM Flyme buatan Meizu, FuntouchOS dari Vivo serta ColorOS kepunyaan Oppo dan beberapa ROM China yang lain. Tapi kadang sering tidak berjalan dengan baik.

  1. Pertama Aktifkan dulu “unknown source” kalo dalam bahasa indonesia “sumber tidak dikenal” , apabila kamu menggunakan ROM MIUI ada di Settings >> Additional settings >> Privacy >> Centang Unknown Source. Apabila menggunakan ROM selain MIUI cari di bagian Security atau Privacy
  2. Selanjutnya Download dan install Aplikasi GMS Google Installer v4
  3. google installer miui

  4. Setelah terpasang di Android kamu, jalankan aplikasi tersebut dan klik tombol Install yang ada dibawah
  5. Tunggu sampai semua layanan google terinstall di smartphone atau tablet Android kamu.

Cara Install Google Play Store via TWRP (Rekomendasi)

Menggunakan metode ini wajib sudah terinstall custom recovery seperti TWRP dan CWM dan saya lebih merekomendasikan menggunakan metode ini sebab layanan Google dari opengapps ini lebih terupdate. Cara ini cocok buat pengguna Custom ROM seperti LineageOS, CyanogenMod, ViperOS, AEX dan Custom ROM lainya.

  1. Buka www.opengapps.org melalui browser Android kamu.
  2. Tunggu beberapa saat sampai web ini mendeteksi dan memilihkan GAPPS yang cocok dengan ROM yang kamu gunakan, tapi pada bagian variant kamu lebih baik memilih “Pico“.
    opengapps
  3. Selanjutnya kamu tinggal klik bulatan merah…nanti file GAPPS akan terdownload
  4. Setelah selesai masuk ke TWRP/CWM dan flashing file tersebut

Saya harap dengan adanya kedua cara install Google Play Store di Android kalian, bisa bekerja dengan baik dan kamu bisa menggunakan semua layanan Google.

Tags

4 Comments

  1. Gan hh ane honor 4c versi kk trus ane update ke mm trus aplikasi playstornya g ada lanjut cerita pas ane instal playstore ama play servis g bisa d buka loading trus itu knp ea gan mohon pencerahanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!