Home / TIPS n TRIK / Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 4 Dan Note 4X

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 4 Dan Note 4X

Cara Unlock Bootloader Atau UBL Di Xiaomi Redmi Note 4 Dan Note 4X Android Marshmallow Serta Nougat. Xiaomi menghadirkan smartphone ini di indonesia sekitar bulan April 2017 dengan berbekal prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang merupakan chipset pertama di kelasnya yang menggunakan teknologi 14 nanometer FinFET. Apabila kamu berencana ingin Root dan pasang TWRP, kamu harus melakukan UBL terlebih dahulu.

Redmi Note 4 memiliki luas layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Untuk kamera depan memiliki resolusi 5 MP dan kamera belakang resolusi 13 MP. Untuk penyimpanan, dibekali RAM 3 GB dan ROM 32 GB, dan tambahan memori eksternal hingga 128 GB. Smartphone ini sudah mendukung di jaringan 4G dengan dual SIM card. Seperti halnya Redmi Note 3, Redmi Note 4 juga dilengkapi teknologi pemindai sidik jari. Kapasitas baterainya 4100 mAh, diklaim bisa tahan 18 hari dengan standby.

Bagi sebagian orang memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi tidak serta merta membuat mereka puas, mereka selalu ingin lebih memaksimalkan kemampuan Androidnya seperti menggunakan tasker untuk memudahkan pekerjaanya, mematikan/hibernasi aplikasi sistem yang berjalan sehingga penggunaan RAM dan daya tahan batere akan lebih baik ataupun memang suka dengan kegiatan seperti mencoba berbagai ROM yang akan lebih memaksimalkan pengetahuannya tentang Android, sehingga bisa mengatasi sendiri permasalahan di smartphonenya.

Bagi mereka mendapatkan akses root dan memasang TWRP merupakan hal yang wajib. Tapi sayang sekarang Xiaomi sudah mulai membatasinya dengan mengunci Bootloader smartphone-smartphone mereka. Sampai saat ini Root dan pasang TWRP tidak bisa di lakukan apabila Bootloader Redmi Note 4 kamu masih berstatus “Lock”. Untuk membuka kunci bootloader kamu harus meminta ijin terlebih dahulu ke Xiaomi dan prosesnya juga cukup lama ya.

Cara UBL Redmi Note 4 dibawah ini bisa di terapkan di berbagai varian Redmi Note 4 dan 4X termasuk yang menggunakan chipset snapdragon maupun MTK (mediatek). Perlu kamu ketahui di pembaharuan terbaru yang di rilis oleh Xiaomi, kita sudah tidak bisa melakukan bypass UBL maupun tanpa konfirmasi SMS, terkecuali kamu melakukan downgrade ke versi awal Redmi Note 4 ini. Untuk downgrade sangat sulit ya terutama pada versi Snapdragon karena harus melakukannya dengan test point terlebih dahulu kemudian flashing menggunakan PC. Jadi sama saja, mau tidak mau juga harus menggunakan PC.

Kalau kamu memang berencana ingin Unlock Bootloader Redmi Note 4 (Mido), silahkan ikuti panduanya di bawah ini.

Langkah 1: Meminta Ijin UBL Ke Xiaomi

  1. Sebelum melakuan Unlock Bootloader, kamu harus memiliki Akun MI terlebih dahulu. Untuk cara registrasi Akun MI bisa menggunakan hape Xiaomi kamu. Kalau sebelumnya sudah memilikinya silahkan login terlebih dahulu.
    akun mi di redmi note 4
  2. Langkah berikutnya kamu harus meminta ijin untuk Unlock Bootloader terlebih dahulu ke pihak Xiaomi melalui web resmi mereka di http://en.miui.com/unlock/
    request unlock bootloader redmi note 4
  3. Disitu kamu di wajibkan mengisi data, nomor telepon yang sesuai dengan yang kamu daftarkan saat membuat Akun Mi dan alasan mengapa ingin di unlock. Untuk alasanya biar disetujui contohnya seperti ini “my phone Redmi note 4 is bootlooping after update. I am using MIUI 9 OS 7.0 and stuck in the logo. I have to unlock bootloader, so i can fix this problem from fastboot method.
    form request ubl redmi note 4
  4. Apabila pihak Xiaomi sudah mengirimkan SMS yang berisi 6 angka buat verifikasi, segeralah masukan kode 6 angka tersebut.
    kode verifikasi ubl redmi note 4
  5. Kalau sudah verifikasi kamu harus menunggu lagi SMS persetujuan dari mereka (biasanya antara 2-6 hari) yang mengijinkan kamu untuk UBL. Apabila mereka mengijinkan, kamu akan dapat SMS yang berbunyi “You’ve been granted the permission to unlock your device. Download Mi Unlock Tool at http://en.miui.com/unlock/” itu menandakan permintaan UBL telah di setujui

Redmi Note 4 kamu sudah bisa di buka akses bootloadernya dengan mengikuti tutorialnya di bawah ini, tapi terkadang tidak bisa langsung terulock Bootloadernya, biasanya ada notifikasi Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device Untuk menunggu selama 360 jam atau 15 hari, jadi kamu sabar saja.

Langkah 2: Cara Unlock Bootloader Redmi Note 4 / 4X (Mido)

  1. Langkah berikutnya kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Lihat disini Tutorial lengkap untuk mengaktifkan Debugging USB Dan OEM Unlock.
  2. Setelah itu kamu buka juga menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang tersebut
  3. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya tap Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses binding akun, akan seperti gambar di bawah ini. (kalau gagal coba di nonaktifkan fitur Cari Perangkat. Buka SetelanSinkronMi Cloud kemudian Restart setelah itu coba di bind lagi)
    suskes binding mi akun
  4. Sekarang kamu download Mi Unlock Tool ini Mi Unlock Tool
  5. Kemudian extract file tadi di PC/laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  6. Setelah itu buka file MiFlashUnlock.exe.
  7. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan di minta masukan Mi AKUN yang telah di buat tadi.
  8. Sekarang Matikan smartphone kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, hubungkan ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
    hubungkan redmi note 4 ke pc
  9. Apabila Renot 4 kamu sudah terhubung dengan baik, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock.
    UBL sukses redmi note 4
  10. Kalau failed muncul seperti ini “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan UBL.

Seperti itulah caranya membuka kunci bootloader di Redmi Note 4 dan Redmi Note 4X, baik itu masih menggunakan Android 6.0 Marshamallow ataupun sudah terupdate ke Android 7.0 Nougat, baik itu yang menggunakan chipset dari Mediatek maupun Qualcomm Snapdragon. Saya harap semoga bisa cepat sukses UBL nya.

Related

Tentang admin

Hanya seorang pengemar Android dari jamanya Nexus One, yang ingin berbagi pengalamanya tentang Android melalui Blog.
Loading...

Beri Komentar

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *