Home / TIPS n TRIK / Cara Lock Sinyal 4G di ASUS Zenfone

Cara Lock Sinyal 4G di ASUS Zenfone

Cara Lock Sinyal 4G di ASUS Zenfone
Zenfone adalah seri smartphone Android dari ASUS dengan teknologi dan fitur terkini. Saat ini telah banyak smartphone yang mereka edarkan di indonesia dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang tergolong baik. Rupanya mereka telah belajar banyak, mengembangkan inovasi, dan tidak ingin lagi kalah dari para pesaingnya.

Salah satu teknologi yang di tawarkan mereka adalah koneksi jaringan LTE (long term evolution) atau 4G, dimana saat ini merupakan koneksi internet tercepat yang mampu download sampai dengan 300 mbps dan upload 75 mbps. Hampir semua Zenfone mereka sudah mendukung jaringan 4G seperti Zenfone Go (ada beberapa varian yang tidak support), Zenfone 2, Zenfone Live, Zenfone laser, Zenfone 3, Zenfone Max, Zenfone Max Pro dan mungkin masih banyak lagi yang tidak tersebutkan.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu sempat bertemu dengan seorang teman yang menggunakan Zenfone 2, dia mengeluhkan tentang sinyal 4G di sekitar rumahnya kurang kuat, sehingga sering sekali sinyal berubah-rubah kadang 4G beberapa menit kemudian turun ke HSDPA (H) dan begitu seterusnya.

Hal tersebut bukan Zenfone nya yang bermasalah tapi memang dari BTS (base transceiver station) dari Operator yang digunakan jaraknya terlalu jauh atau memang saat itu terjadi kepadatan jaringan seluler.

Untuk menyiasati masalah sinyal atau jaringan 4G yang sering pindah ke H/3G dengan melakukan penguncian jaringan 4G atau biasa di sebut dengan Lock 4G.

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mengunci sinyal 4G

1. Hampir semua Operator menawarkan paket internet dengan memberikan Kuota 4G lebih besar di bandingkan Kuota Utama, bagi sebagian pengguna yang tinggal di daerah yang jangkauan sinyal 4G nya lemah tentunya menjadi hal yang menyebalkan. Sebab, nanti kuota 4G yang di dapatkan tidak maksimal digunakan, karena perpindahan jaringan/sinyal ke H/3G tentunya akan memakai dari kuota utama.

2. Perpindahan sinyal merupakan salah satu faktor penyebab PING membesar, sehingga bagi yang senang main game online akan terganggu aktifitasnya, karena mengalami lag.

3. Alasan lain adalah menjadi salah satu penyebab hasil download tidak sempurna atau korup. Kan sangat disayangkan file yang kamu download akhirnya tidak bisa digunakan dan harus mengulang lagi. Tentunya akan menghabiskan Waktu dan Kuota.

Kerugian mengunci sinyal 4G

1. Dibalik kelebihan pasti ada kekuranganya, apabila kamu mengunci 4G, tentunya Zenfone kamu akan bekerja lebih keras dan hal ini menyebabkan baterai lebih boros serta temperatur smartphone kamu akan naik alias lebih panas.

2. Tidak bisa melakukan komunikasi via Telepon ataupun SMS, karena saat ini hampir semua Operator di tanah air tidak mendukung teknologi VOLTE (Voice Over LTE) terkecuali kalau kamu menggunakan Smartfren dan itu pula tidak semua Zenfone support teknologi ini.

Cara Mengunci Sinyal 4G Di ASUS Zenfone

  1. Buka telepon kemudian dial ke *#*#4636#*#*
  2. Setelah itu akan muncul menu Testing dan disitu ada beberapa pilihan seperti Device Information, Usage Statistics, Wi-fi Information. Kamu pilih menu Device Information
  3. Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih Setel jenis jaringan yang disukai kemudian kamu set ke 4G Only
  4. Tunggu beberapa saat jaringan akan melakukan refresh, setelah itu sinyal 4G akan muncul dan sudah terkunci, tidak akan berpindah-pindah lagi.

Nah sekarang ASUS Zenfone kamu sudah terkunci 4G dan sudah tidak khawatir lagi kalau sinyal akan berpindah ke HSDPA atau 3G. Demikianlah tips hari ini semoga bisa bermanfaat bagi para pengguna ASUS Zenfone.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *