Cara Mengaktifkan USB Debugging di Opsi Pengembang Xiaomi (MIUI)

Cara aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock yang terdapat pada Developer Option / Opsi Pengembang Hp Xiaomi baik itu MIUI 6, MIUI 7, MIUI 8, MIUI 9, MIUI 10 dan MIUI 11 serta OS Android Lollipop, Marshmallow, Nougat dan Oreo.

Semua perangkat yang menggunakan Android sebagai operasi system pasti memiliki menu Opsi Pengembang tapi memang disembunyikan karena fitur ini di peruntukan buat pengembang aplikasi.

Banyak fitur-fitur yang ada di opsi ini seperti USB Debugging yang memungkinkan terhubung dengan PC melalui Android Debug Bridge (ADB) sehingga para developer bisa membaca log, kirim file system ataupun buat install ulang dengan flash tool.

Diantara fitur-fitur yang ada di Opsi Pengembang, mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock paling terpenting, apalagi yang suka oprek androidnya.

Opsi ini di aktifkan apabila kamu ingin melakukan Unlock Bootloader, memasang TWRP dan flashing ROM melalui Fastboot. Setelah menggunakan kamu bisa menonaktifkan kembali.

Untuk mengaktifkan fitur ini ada trik tersendiri, dan pada dasarnya semua perangkat android sama saja caranya tapi ada beberapa yang sedikit berbeda. Dan bagi pengguna MIUI bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.
.

Cara Aktifkan Opsi Pengembang, USB Debugging Dan OEM Unlock Xiaomi

  1. Buka Setelan atau Setting, kemudian pilih Tentang Ponsel kalau di MIUI 8/7/6 ada di paling bawah. Setelah itu klik 7x Versi MIUI nanti muncul notifikasi “Sekarang anda sudah menjadi pengembang“.
    Opsi Tentang Ponsel dan Pengembang
  2. Setelah itu buka Setelan Tambahan pilih Opsi Pengembang kemudian kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
    Opsi Pengembang Xiaomi
  3. Nah sekarang USB Debugging dan OEM Unlock di Xiaomi telah aktif. Sekarang coba kamu hubungkan ke PC, nanti ada notifikasi meminta ijin untuk terhubung ke PC.
    Notifikasi RSA Fingerprint Xiaomi
  4. Nah kalau sudah muncul notifikasi RSA Key Fingerprint seperti di atas, kamu pilih OKE.

Dan sekarang Xiaomi kamu sudah terhubung ke PC dengan modus Debug USB. Dan telah siap untuk melakukan UBL atau memasang TWRP ataupun hal lainya.

Cara aktifkan USB Debugging di atas bisa kamu terapkan di semua perangkat Xiaomi baik itu MIUI 7/8/9/10/11 seperti:
Xiaomi Redmi 5, Redmi 5 Plus, Redmi 5A, Redmi 4X, Redmi 3S, Redmi 3X, Redmi 4A, Redmi 4, Redmi 2, Redmi 6A, Redmi 1S, Redmi Note 4X, Redmi Note 5A, Redmi Note 2, Redmi Note 3, Redmi Note 4 dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Sekarang, kamu sudah tahu mengenai cara mengaktifkan opsi pengembang di HP Xiaomi. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa membantu kamu agar HP Xiaomi bisa terhubung dengan baik di PC atau Laptop.

Share informasi ini ke teman-teman agar mereka tidak mengalami kesulitan saat menyambungkan kabel USB ke PC, sehingga dapat dengan mudah melakukan Unlock Bootloader, install TWRP, flashing ulang, dan memanfaatkan beberapa fitur penting yang ada di developer option ini.

Terima kasih telah membaca postingan ini dan terus mengunjungi cararoot.com untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik seperti ini. Jika menemukan masalah yang berhubungan dengan Opsi pengembang dan USB debugging ini, Silahkan berkomentar, dan saya akan mencoba membantu untuk mengatasi masalah yang dialami.

Apabila ingin selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai artikel Cara Mengaktifkan USB Debugging di Developer Option Xiaomi (MIUI), maka saya akan menyarankan untuk bookmark situs ini dan tidak pernah ketinggalan pembaruan dari tutorial ini.

Tags

6 Comments

  1. saya sudah mengikuti tutorialnya, tetapi tidak masuk ke TRWP nya hanya balik2 ke logo MI trs mati, gmn ya caranya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *