Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 3 MTK (Mediatek) “Hennessy” MIUI 7 / 8 / 9

Cara Pasang TWRP Redmi Note 3 MTK – Redmi Note 3 memiliki berbagai varian ada yang versi Mediatek dan Snapdragon, nah apabila kamu saat ini menggunakan Redmi Note 3 versi Mediatek dengan code name hennessy yang sudah sukses di unlock bootloadernya dan berkeinginan untuk memasang custom recovery TWRP, silahkan ikuti panduannya di bawah ini.

Redmi Note 3 versi Mediatek adalah varian pertama yang Xiaomi rilis, dimana smartphone ini dikunci bootloadernya. Dengan bootloader yang terkunci tentunya kita tidak bisa mengganti Mi Recovery dengan TWRP.

TWRP adalah sebuah custom recovery yang berfungsi untuk melakukan flashing file flashable zip seperti SuperSU untuk membuka akses root, Custom ROM untuk mengganti systemnya, Xposed Framework dan berbagai file mod yang dishare oleh para developer. Selain itu kamu juga dapat melakukan Backup dan Restore ROM, Akses MTP dan sebagainya.

Tutorial pemasangan TWRP di Redmi Note 3 ini dapat kamu praktekan di MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 Android 5.0.2 Lollipop. Tapi di tutorial ini harus menggunakan PC, sebab sampai saat ini belum ada metode install TWRP tanpa PC yang berhasil.

Persiapan

Bahan TWRP Redmi Note 3 MTK (Hennessy)

  1. TWRP Redmi Note 3 Mediatek. Extract filenya di drive C:\ atau D:\ . Di dalam folder Flash-TWRP-Redmi-Note-3 tersebut ada file yang namanya lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip, Copy file tersebut dan simpan di internal storage Redmi Note 3.

Cara Install TWRP Redmi Note 3 MTK (Hennessy) MIUI 7 / 8 / 9

  1. Sekarang kamu aktifkan terlebih dahulu USB Debugging yang ada di menu Developer option/Opsi Pengembang. Bagi yang belum tahu silahkan lihat panduanya disini cara mengaktifkan USB Debugging Xiaomi.
  2. Kemudian Matikan Redmi Note 3 kamu, Kemudian tekan dan tahan secara bersamaan tombol Volume Bawah dan Power sampai masuk ke mode fastboot. Seperti gambar di bawah ini.
  3. Sekarang hubungkan HP dengan kabel USB ke PC
  4. Kemudian buka folder Flash-TWRP-Redmi-Note-3 dan Double klik file Flash-TWRP.bat
  5. Kalau sudah muncul “press any key to continue” klik ENTER
  6. Flash TWRP via Fastboot di mulai
  7. Kalau sudah SUCCESS!! jangan di Reboot tapi langsung tekan tombol Volume Atas dan Power, tahan kedua tombol tersebut dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  8. Kalau berhasil Redmi Note 3 kamu akan masuk ke TWRP, Selanjutnya pilih Install kemudian pilih file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip selanjutnya Swipe To Confirm Flash

Sampai disini kamu sudah berhasil memasang custom recovery TWRP di Redmi Note 3 MTK, Selanjutnya kamu bisa langsung membuka akses root dengan menggunakan SuperSU atau Magisk. Untuk cara lengkapnya install SuperSU bisa lihat postingan tentang Cara Root Menggunakan TWRP disini.

Sekian dulu tutorial cara install TWRP di Redmi Note 3 Mediatek, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Exit mobile version