Cara Root dengan Menggunakan TWRP

Bermacam-macam cara mendapatkan akses root di perangkat Android ada yang hanya cukup menggunakan aplikasi semacam Kingroot atau menggunakan perangkat PC dan yang terakhir menggunakan TWRP. Semakin tinggi operasi system android kalian tentunya akan semakin sulit untuk membuka akses root.

Saat ini berbagai aplikasi Root tanpa PC hanya mampu membuka akses root sampai di Android Lollipop dan untuk Android marshmallow ke atas sampai saat ini belum ada tool satupun yang sukses. Semoga saja ada developer yang bisa menemukan metode root termudah tanpa PC di Android Marshmallow ke atas.

Jalan lain untuk melakukan root adalah dengan memasang TWRP terlebih dahulu di smartphone mereka, proses instalasinya biasanya menggunakan metode ADB Fastboot kemudian setelah TWRP terpasang kamu dapat menginstall file Root seperti SuperSU dan Magisk.

Rata-rata pengguna Android mengenal TWRP untuk menginstall custom rom saja dan berhubung masih banyak yang masih kurang mengerti cara root dengan TWRP di sini saya akan memberikan tutorialnya.

Perhatian:
– Pastikan TWRP sudah terpasang di Android kalian.
– Root membatalkan garansi HP.
– Rekomendasi lakukan backup sebelum di ROOT. Bagi yang belum tahu cara backup ROM bisa mengikuti tutorial “Cara Backup dan Restore ROM via TWRP
– Sebelum melanjutkan, saya anggap kamu sudah tahu risiko apa saja yang mungkin terjadi jika melakukan root.

Cara Root Dengan SuperSU Dan Magisk Via TWRP

Cara Root Menggunakan TWRP
Ada 2 root tool yang dapat kamu install melalui TWRP yakni Magisk dan SuperSU. Dimana saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan Magisk untuk pengguna Android Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo dan Pie. Untuk pengguna Android Kitkat silahkan gunakan SuperSU.

Untuk proses instalasi kedua root tool tersebut melalui TWRP, ikuti panduannya dibawah ini.

  1. Pertama masuk ke menu TWRP.
  2. Di TWRP pilih Backup kemudian lakukan Backup.
  3. Setelah melakukan Backup kamu pilih Install.
  4. Kemudian pilih file root SuperSU atau Magisk.
  5. Sekarang geser ke kanan Swipe to confirm flash.
  6. Kalau sudah selesai silahkan Reboot System.

Apabila Android kamu sudah masuk ke Homescreen, nanti di situ ada icon SuperSU atau Magisk, sesuai yang kamu flash tadi. Untuk mengecek apakah akses root sudah terbuka silahkan menginstall Root Checker yang ada di Google Play Store.

Demikianlah proses root dengan menginstall SuperSU dan Magisk melalui TWRP.

Dengan Android yang sudah di root sekarang kamu bisa mengubah, atau mengedit file sistem dengan mudah. Seperti menghapus bloatware (aplikasi bawaan yang kurang berguna), menginstall berbagai aplikasi tweaker, mengetahui password WiFi, internet gratisan dan masih banyak lagi.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *