Home / TIPS n TRIK / Cara Reset / Kembali Ke Pengaturan Awal Xiaomi Redmi 2

Cara Reset / Kembali Ke Pengaturan Awal Xiaomi Redmi 2

Cara Reset / Kembali Ke Pengaturan Awal Xiaomi Redmi 2. Redmi 2 adalah smartphone buatan Xiaomi pertama yang resmi di rilis tahun 2015 di indonesia, smartphone ini laris karena spesifikasi yang di tawarkan menggunakan teknologi terupdate salah satunya mendukung 2 SIM di jaringan 4G/LTE, seperti kamu ketahui 4G di indonesia masih terbilang baru, 4G menawarkan kecepatan internet lebih baik dari generasi sebelumnya 3G.

Selain itu smartphone ini menggunakan prosesor Snapdragon 410 1,2 GHz 64-bit dari Qualcomm yang dilengkapi dengan RAM 1GB, media penyimpanan internal 8 GB serta mendukung kartu microSD hingga 64 GB dan baterai 2.200 mAh. Untuk kamera Redmi 2 memiliki kamera utama 8 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel. Untuk sistem operasi yang akan berjalan di perangkat ini adalah Android versi 4.4.4 KitKat yang dipercantik dengan tampilan antarmuka MIUI versi 6.

Memiliki smartphone ataupun perangkat lainya pastinya kita tidak akan terlepas dari masalah, ada saja problem yang akan menimpa smartphone kesayangan kita ini. Di sengaja atau tidak bisa saja smartphone kamu menjadi error, baik itu error berskala kecil seperti aplikasi sering force close sampai error yang parah seperti tidak bisa booting atau hanya terdiam di logo mi.

Apabila kamu salah satu pemilik smartphone Xioami ini dan mengalami masalah seperti lupa PIN,POLA ataupun kondisi Redmi 2 kamu hanya terdiam di logo mi saja ataupun masalah lainya, sebaiknya mencoba memperbaiki sendiri, solusi pertama yang kamu bisa mencobanya adalah dengan Hard Reset / Factory Reset atau Reset ke pengaturan awal.

Factory Reset/Hard Reset adalah proses menghapus semua data-data, jadi semua data baik itu kontak, Akun,aplikasi dan game yang terinstal akan terhapus. Intinya Redmi 2 kamu akan kembali ke pengaturan awal seperti saat pertama kali membelinya.

Backup Kontak

Sebelum melakukan Reset, sebaiknya lakukan Backup terlebih semua Kontak yang ada di HP kamu, Untuk backup biasanya langsung terbackup ke Google, tapi lebih baik kamu lakukan backup juga secara manual, untuk caranya Backup Kontak manual bisa ikuti caranya di bawah ini:
Buka Setelan setelah itu pilih Apl sistem kemudian pilih Kontak.
Selanjutnya kamu pilih Impor/Ekspor Kontak di menu itu nanti ada pilihan Ekspor ke penyimpanan kamu pilih yang itu, atau kalau memang Kontak kamu cuma sedikit bisa juga memilih Ekspor ke Kartu SIM 2.

Pastikan sebelum mencobanya kalian ingat akan password Google dan Akun Mi kamu!!. Sebab apabila kamu lupa dan sudah terlanjur melakukan reset, Redmi 2 kamu akan terkunci.

Disini saya share 2 cara melakukan Hard Reset, cara pertama melalui Settingan dan Cara ke-2 via Mi Recovery. Kalau kondisi Redmi 2 kalian masih masih bisa digunakan bisa melakukan Reset melalui pengaturan, tapi apabila dalam kondisi Bootloop/stuck di logo Mi gunakan cara yang ke-2.

Cara 1: Hard Reset via Setting


  • Buka Setelan selanjutnya pilih Setelan Tambahan kemudian Buat cadangan & setel ulang

  • Langkah berikutnya Kembalikan ke setelan pabrik di menu tersebut ada pilihan Data Personal kemudian klik tombol Setel Ulang Telepon yang ada di bawah. Kalau kamu memilih Hapus isi yang tersimpan maka semua foto,video dan lain-lain akan ikut terhapus.
  • Tunggu sampai proses reset sampai selesai, kalau telah selesai otomatis Redmi 2 kamu akan Reboot, proses reboot akan sedikit lama dari biasanya
  • Langkah berikutnya apabila metode Reset melalui pengaturan tidak berhasil menyelesaikan masalah di Redmi 2 kamu, bisa mencoba lanjut dengan melakukan Hard Reset via Recovery.

    Cara 2: Factory Reset/Hard Reset via Mi Recovery

    1. Matikan Redmi 2 kamu terlebih dahulu, setelah itu tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama dan tahan kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi
    2. Kalau benar prosesnya akan masuk ke Mi Recovery. Pilih English dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
      Cara reset Redmi 2 via recovery
    3. Setelah itu kamu pilih menu Wipe & Reset
    4. Kemudian pilih WIPE Cache selanjutnya konfirm dengan memilih tombol YES setelah Wipe Cache Complete kamu pilih BACK
      reset redmi 2
    5. Sekarang kamu pilih WIPE USER DATA dan lakukan prosesnya sama dengan Wipe Cache
    6. Kalau update sudah complete silahkan pilih menu Reboot kemudian Reboot to System untuk menghidupkan kembali Redmi 2

    Demikianlah tips cara melakukan hard reset di Redmi 2, cara ini juga bisa kamu terapkan di smartphone Xioami yang lain seperti Redmi 1s, Redmi Note, Redmi Note 2 dan Redmi 3.

    Related

    Beri Komentar

    Beri Komentar

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *