Cara Reset Redmi Note 4 / Note 4X Tanpa PC

Cara Reset Redmi Note 4 / Note 4X – Tadi malam saya kedatangan seorang teman yang membawa smartphone Redmi Note 4 dalam keadaan bootloop atau stuck di logo MI, dimana HP tersebut dalam kondisi tidak bisa masuk ke homescreen. Hal pertama yang terpikirkan oleh saya adalah mencoba dengan melakukan hard reset melalui menu recovery yang biasa terdapat di setiap hp Android. Dan sangat beruntung akhirnya HP tersebut bisa masuk ke menu lagi tanpa masalah.

Hard reset bisa dibilang adalah hal pertama yang bisa kamu lakukan saat Redmi Note 4 kamu mengalami error seperti Bootloop, Aplikasi Force Close atau Xiaomi kamu terkunci karena lupa sandi / PIN / Pattern (Pola). Mereset kembali Ini bisa menjadi solusi terrmudah bagi yang mengalami hal-hal yang saya sebutin tadi.

Tapi tentunya tidak selalu masalah yang menimpa Redmi Note 4 kamu bisa terselesaikan dengan hanya mereset saja, banyak faktor yang menentukannya. Kerusakan Hardware dan kerusakan sistem tidak akan bisa diperbaiki dengan hanya reset saja, harus melakukan flash atau membawa ke tempat service. Sebelum di bawa ke service center Xiaomi, tidak ada salahnya mencoba memperbaiki sendiri dengan melakukan hard reset.

Reset adalah mengembalikan kondisi HP kita ke semula / bawaan pabrik, dimana HP kamu akan seperti saat membelinya. Melakukan reset akan menyebabkan semua data akan terhapus, baik itu aplikasi, games, settingan dan SMS maupun kontak. Xiaomi kamu akan refersh ke kondisi semula saat pertama kali kamu menggunakanya.

Cara mereset ini bisa kamu terapkan di Redmi Note 4 dan Redmi Note 4X baik itu yang menggunakan chipset Mediatek (MTK) ataupun Qualcomm Snapdragon entah itu berjalan di OS Marhsmallow atau Nougat MIUI 8, MIUI 9 dan juga MIUI 10.

Perhatian!!

  1. Reset akan menghapus semua aplikasi/game yang pernah terinstall dan juga kontak serta SMS.
  2. Pastikan kamu ingat Akun Google dan Akun Mi yang terdaftar melalui Redmi Note 4/4X kamu.
  3. Usahakan baterai masih tersisa minimal 50%, untuk berjaga saat proses reset kehabisan daya.

Apabila hal tersebut tidak jadi masalah silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

Cara Reset Redmi Note 4 / Note 4X Via Mi Recovery

  1. Pertama tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama dan tahan terus kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi.
  2. Kalau benar prosesnya akan masuk ke Mi Recovery. Bagi yang hanya muncul bahasa China, pilih recovery kemudian pilih tombol warna biru.
    Pilihan Boot Menu Xiaomi
  3. Pilih Wipe Data dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
    wipe data redmi note 4
  4. Setelah itu kamu pilih menu Wipe All Data.
    wipe all data redmi note 4
  5. Selanjutnya akan muncul Confirm Wipe of all data?, kamu pilih Confirm kalau merasa yakin untuk Reset data.
    confirm wipe data
  6. Kalau sudah muncul Data Wipe Successfully, pilih tombol Back to main menu kemudian Reboot dan pilih Reboot System.

Untuk proses booting sampai masuk ke homescreen membutuhkan waktu sedikit lebih lama sekitar 5-15 menitan. Kalau memang sampai 30 menit masih stuck di logo animasi Mi, terpaksa kamu lakukan flashing ulang dengan Mi Flash Tool atau membawanya ke service center terdekat.

Sekarang kamu sudah berhasil melakukan reset dan HP Xiaomi Redmi Note 4 atau Redmi Note 4X sudah kembali ke kondisi semula seperti saat pertama kali kamu membelinya.

Sekian dulu tutorial cara reset redmi note 4 dan Redmi Note 4x, semoga apa yang saya infokan diatas bisa menjadi solusi untuk problem-problem yang menimpa smartphone Xiaomi.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *