Cara UBL / Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5A / Prime

Update Terbaru UBL Redmi Note 5A Dan Redmi Note 5A Prime Tanpa SMS. Setelah sukses memasarkan Redmi 5A di indonesia dua bulan kemudian Xiaomi resmi melepas smartphone Redmi Note 5A di tanah air.

Sama halnya dengan Redmi 5A dalam hal Unlock Bootloader juga sedikit ribet terutama proses UBL sampai berhasil membutuhkan waktu yang cukup lama. Memang sedikit kecewa dengan semakin sulitnya membuka bootloader di smartphone android terbaru dari Xiaomi tapi tak mengapalah terobati dengan harga dan spesifikasi yang bisa dibilang sangat bersahabat dengan kantong kita.

Beberapa tahun belakangan ini memang Xiaomi mulai mengunci bootloader di perangkat buatan mereka, mungkin banyak pertimbangan dari mereka sehingga kita diharuskan untuk meminta ijin terlebih dahulu apabila ingin membuka bootloadernya alias Unlock Bootloader.

Dalam hal unlock bootloader di Xiaomi ini tergolong lama tidak seperti vendor yang lain, memang cukup mengesalkan juga. Dimana proses untuk UBL kalau di hitung-hitung membutuhkan total waktu sekitar 3 mingguan, dimana untuk proses perijinan kamu membutuhkan sekitar 1-5 hari sedangkan untuk bisa UBL dengan Mi Unlock nya kita diharuskan menunggu selama 350 jam atau sekitar 2 minggu.

OK di sini saya akan memberikan tutorial cara unlock bootloader Redmi Note 5A atau biasa disebut UggLite. Untuk proses UBL nya sebenarnya sama saja dengan perangkat dari Xiaomi yang lain.

Langkah-langkah UBL Redmi Note 5A (UGGLITE)

  1. Pastikan kamu telah membuat Akun MI terlebih dahulu. Untuk cara registrasi Akun MI bisa menggunakan HP Xiaomi kamu. Apabila sudah memiliki Akun silahkan login terlebih dahulu.
    Membuat Akun Xiaomi
  2. Sekarang kamu download Mi Unlock Tool ini Mi Unlock Tool
  3. Kemudian extract file tadi di PC/laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  4. Langkah berikutnya kamu aktifkan Developer Option/Opsi Pengembang. Dengan cara buka SetelanTentang Ponsel – dan klik 7x Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang
    Developer Option Xiaomi
  5. Setelah itu buka Setelan Tambahan pilih Opsi Pengembang kemudian aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
    Opsi Pengembang Xiaomi
  6. Lanjut dengan buka menu Status Mi Unlock. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya tap Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses binding akun, akan seperti gambar di bawah ini.
    Tanda Berhasil Binding Akun Xiaomi
  7. Setelah itu buka file MiFlashUnlock.exe.
  8. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan diminta masukan Mi AKUN yang telah dibuat tadi.
  9. Sekarang Matikan Redmi Note 5A kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara matikan HP nya kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, hubungkan ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
    HP Xiaomi Sukses Terhubung Dengan Mi Flash Unlock
  10. Apabila Redmi kamu sudah terhubung dengan baik, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock.
    UBL HP Xiaomi Sukses
  11. Apabila muncul “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa di UBL Redmi Note 5A kamu. Kalau “Couldn’t Unlock, After 720 hours of trying to unlock the device” itu maksudnya menunggu selama sebulan.

Tips Tambahan:

Bagi yang mengalami kegagalan saat binding akun meskipun sudah menggunakan VPN, alternatif lain yang bisa kamu coba adalah dengan nonaktifkan fitur Cari Perangkat. Buka SetelanSinkronMi Cloud kemudian Restart setelah itu coba di bind lagi.

Tags

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close