Tips

Cara Hard Reset Samsung Galaxy A02

Factory atau hard reset adalah pertolongan pertama ketika terjadi error pada sebuah perangkat, oleh karena itu hampir semua perangkat dilengkapi dengan fitur reset. Bagi pengguna Samsung A02 dan varian A02s bisa mengikuti cara reset dibawah ini.

Samsung A02 maupun A02s pada dapur pacu kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang mana A02 dibekali chipset MediaTek MT6739 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB sedangkan A02s menggunakan Snapdragon 450 yang dipadukan RAM 3 GB atau 4 GB. Ada dua pilihan dua memori internal, 32 GB atau yang lebih lapang 64 GB.

Kedua ponsel ini sama-sama dibekali baterai 5.000 mAh tapi Galaxy A02s saja yang dibekali fast charging 15W dan port USB Type C. Antara Galaxy A02 dan A02s tidak memiliki perbedaan ukuran layar sama-sama 6.5 inci. Keduanya pun masih mengusung notch tetesan air.

Samsung membekali keduanya dengan kustom OS OneUI berbasis Android 10. Demikian juga dengan cara reset tidak ada yang berbeda, kamu bisa melakukan reset lewat recovery ataupun melalui menu pengaturan.

Tiga Cara Reset Samsung Galaxy A02 dan A02s

Biasanya, ketika ponsel mulai tidak berfungsi, itu menandakan ada masalah pada hardware atau software. Masalah software paling sering di alami pengguna dan umumnya bisa di perbaiki dengan melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik.

Selain itu, reset juga sering digunakan untuk membersihkan data saat ingin menjualnya. Pastinya kamu tidak ingin orang lain mengakses semua data yang tersimpan di ponsel milikmu. Saran saya, jika ingin menjualnya, lakukan reset 2 hingga 3 kali agar data yang tersimpan benar-benar terhapus.

Jika memerlukan sedikit panduan tentang cara reset Samsung A02 ini, berikut ini tiga langkah mudah untuk membantu kamu mengatasinya dalam waktu cepat dan menjadikan ponsel kamu seperti baru lagi.

Factory Reset Via Pengaturan

Cara Factory Reset Samsung A02 A02s
Saat ini, cara ini paling populer dan termudah untuk mengatur ulang pabrik ponsel Samsung kamu. Yang perlu di lakukan hanyalah masuk ke menu Pengaturan kemudian tap opsi factory reset.

Namun cara reset ini hanya berlaku dan berguna hanya saat ponsel masih aktif dan berjalan. Cara ini cocok untuk pengguna yang ingin menjual ponselnya, ingin menghapus virus atau membersihkan file sampah dan file lainnya.

Berikut cara reset Samsung A02 dan A02s melalui menu Pengaturan.

  1. Buka Pengaturan kemudian cari dan pilih Manajemen Umum.
  2. Langkah selanjutnya pilih Reset lalu tap Reset Data Pabrik.
  3. Berikutnya pilih tombol Reset yang ada di tengah.
  4. Selanjutnya pilih Hapus Semua untuk konfirmasi.
  5. Nanti ponsel kamu akan restart dan memulai proses reset.
  6. Tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai.

Hard Reset Lewat Recovery

Cara Hard Reset Samsung A02 A02s
Cara reset ini sangat berguna jika Hp kamu mengalami masalah yang cukup serius. Seperti tidak bisa masuk ke menu atau hanya stuck di logo Samsung (bootloop). Kamu dapat dapat mereset ulang Samsung A02 melalui mode pemulihan (recovery). Berikut cara hard reset Samsung lewat recovery mode.

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power bersamaan.
  2. Lepaskan tombol setelah logo Samsung muncul di layar.
  3. Nanti akan masuk ke Android Recovery.
  4. Pilih opsi Wipe data / Factory reset.
  5. Klik YES dengan menggunakan tombol Power untuk konfirmasi.
  6. Setelah selesai, pilih Reboot System Now.
  7. Selanjutnya ponsel Samsung kamu akan restart.

Catatan: Jika suatu saat ponsel Samsung A02s sudah mendapatkan update ke Android 11, kamu perlu menghubungkan ponsel ke PC dengan kabel USB type C baru setelah itu tekan kedua tombol seperti cara diatas.

Reset Kunci Pola Tanpa Menghapus Data

Cara Reset Samsung A02 A02s Lupa Pola
Cara ini berguna buat yang mengalami masalah lupa kunci pola, PIN atau password. Kamu bisa mereset kunci layar tanpa menghapus data melalui layanan Samsung Find My Mobile.

  1. Buka browser di PC, atau gunakan Hp milik teman lalu buka situs Samsung Find My Mobile.
  2. Pilih Find lalu login dengan akun Samsung yang terhubung dengan Hp Samsung A02 yang saat ini terkunci pola.
  3. Kemudian klik ikon Unlock untuk membuka kunci layar ponsel.
  4. Setelah itu, akan diminta memverifikasi kata sandi akun Samsung.
  5. Silahkan isi kata sandi kamu, lalu klik tombol Unlock.
  6. Nanti akan muncul keterangan berhasil membuka kunci Hp Samsung kamu dari jarak jauh.

Catatan: Dengan syarat, ponsel Samsung milikmu sudah aktif layanan Find My Mobile dan Remote Unlock yang ada di pengaturan.

Penutup

Oh ya, perlu kalian ketahui kalau FRP (Factory Reset Protection) akan segera bekerja setelah selesai melakukan reset. Kamu harus memasukan akun Google yang telah terdaftar di Samsung A02 untuk memvalidasi kepemilikan.

Untuk menjaga hal tersebut pastikan kamu masih ingat dengan akun Google baik itu email atau sandi sebelum melakukan hard reset.

Demikianlah panduan cara factory dan hard reset Samsung A02 dan Galaxy A02s. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat semua pengguna Hp Samsung.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *