TIPS n TRIK

Cara Unlock Bootloader “UBL” Xiaomi Redmi 6 “Cereus”

Cara Unlock Bootloader Redmi 6 – Akhir tahun kemarin Xiaomi merilis smartphone terbaru mereka yakni Redmi 6. Kalau saat ini kamu sudah memiliki Redmi 6 dan ingin membuka kunci bootloader (Unlock Bootloader) smartphone ini. Kamu bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

Redmi 6 di hadirkan dengan menggunakan MIUI 9 dan prosesor Octa-core 2.0 GHz dengan pilihan RAM 3 GB dan 4 GB sehingga dapat dengan mudah menangani tugas sehari-hari, seperti nonton film, bermain game, dan lainnya. Smartphone ini di bekali dengan layar 5.45 Inch, kapasitas baterai besar 3000mAh dan optimisasi daya level-sistem MIUI, memberikan penggunaan daya yang sangat efisien, 10 jam pemutaran video dan 6 jam main game.

Mungkin bagi sebagian orang apa yang ada di Redmi 6 ini belumlah cukup, mereka ingin lebih memaksimalkan penggunaan smartphone ini seperti memodfikasi dengan install custom ROM, memasang kernel pihak ke 3, install berbagai tweak agar performanya lebih baik dan lain sebagainya.

Untuk melakukan itu semua langkah awal yang harus kita tempuh adalah membuka kunci bootloader terlebih dahulu karena tanpa ini kita tidak bisa memasang TWRP dan Root.

Pengenalan Tentang Bootloader

Bootloader adalah sebuah program inti yang berfungsi untuk mengatur program apa saja yang akan dijalankan saat Redmi 6 kalian di hidupkan apakah itu langsung ke System Android atau masuk ke Recovery ataupun Fastboot. Bootloader ada 2 macam locked dan unlocked, dan ini tergantung dari para vendor, contohnya Xiaomi yang sejak tahun 2016 mulai menggunakan Locked Bootloader (Bootloader terkunci) pada semua perangkat Android terbaru mereka.

Dengan Bootloader yang terkunci kita tidak bisa mengganti program-program yang ada di Redmi 6 ini seperti Recovery di ganti dengan TWRP atau MIUI di ganti dengan custom ROM.

Bagaimana dengan Garansi?

Unlock Bootloader di Xiaomi tidak menghanguskan garansi, kamu bisa klaim garansi selama kerusakan berhubungan dengan hardware dan software resmi mereka dalam hal ini MIUI. Kalau Remdi 6 kamu bootloop install custom ROM tentunya garansi tidak akan berlaku tapi kalau bootloop saat setelah update MIUI, klaim masih akan di terima.

Apa itu Unlock Bootloder dan Tujuannya

Meskipun Xiaomi mengunci Bootloader Redmi 6 tapi kita masih di izinkan untuk membuka kunci Bootloadernya, Untuk proses unlock bootloader di Xiaomi ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui.

Tujuan kita Unlock Bootloader agar bisa mengganti Mi Recovery dengan TWRP. Dengan adanya TWRP kita bisa melakukan banyak hal seperti melakukan rooting, install custom ROM, Backup dan Restore, dan lain sebagainya.

Cara UBL Redmi 6

Langkah pertama kamu harus login dengan Akun Mi terlebih dahulu, bagi yang belum punya silahkan buat akun terlebih dahulu. Dengan memilih tombol buat akun.
membuat akun mi

Setelah berhasil login dengan Akun Mi, langkah selanjutnya kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging yang ada pada Redmi 6. Untuk caranya lihat disini Tutorial lengkap untuk mengaktifkan Debugging USB Dan OEM Unlock.

Setelah itu kamu buka menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang tersebut. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya pilih Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses terbinding akan muncul tulisan “Berhasil ditambahkan. Akun mi tertaut dengan perangkat ini sekarang“. Seperti pada screenshot di bawah ini.
suskes binding mi akun

Kamu sudah siap untuk proses UBL. Sekarang download File UBL Redmi 6 ini. Setelah terdownload extract file itu di PC atau Laptop Windows kamu dengan software seperti Winrar atau Winzip.

Setelah itu kamu klik file MiFlashUnlock.exe. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan diminta masukan Akun Mi yang telah dibuat tadi.

Sekarang matikan smartphone kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
fastboot mode redmi 6

Hubungkan Redmi 6 kamu ke PC/Laptop, kalau HP kamu terbaca oleh PC, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock.
Cara Unlock Bootloader "UBL" Xiaomi Redmi 6 "Cereus" 1

Proses UBL tidaklah lama, kalau berhasil akan di tandai dengan tulisan “Unlocked Successfully“.
Cara Unlock Bootloader "UBL" Xiaomi Redmi 6 "Cereus" 2

Kalau failed muncul seperti ini “Couldn’t Unlock, After 720 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 720 jam atau 30 hari, kalau di suruh tunggu 320 jam bearti 15 hari untuk bisa melakukan UBL lagi. Proses menunggu ini mungkin ada berbeda-beda waktunya.

Saya berharap kamu bisa langsung sukses tanpa harus di suruh menunggu lagi. Semoga tutorial tentang Unlock Bootloader Redmi 6 ini bisa bermanfaat.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!