TIPS n TRIK

Cara Unlock Bootloader “UBL” Xiaomi Mi A1 “Tissot” Android Nougat Dan Oreo

Mi A1 hadir memberikan pengalaman berbeda dengan kebanyakan smartphone Xiaomi lainya. Mi A1 adalah Smartphone Android One pertama hasil kolaborasi Google dan Xiaomi. Selain antarmuka yang berbeda, demikian juga dengan cara unlock bootloader Mi A1 ini tidak seperti smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI.

Mi A1 dibekali oleh Xiaomi dengan Processor Octa-Core dari Qualcomm Snapdragon 625 dengan kecepatan Clock hingga 2.0 GHz. Kinerjanya yang powerful akan di padu dengan RAM 4GB sehingga handal untuk menangani aktifitas multitasking. Penyimpanan yang tersedia sebesar 64GB cukup untuk menampung semua data-data pribadi. Selain itu baterai 3080 mAh cukup untuk bertahan seharian dengan pemakaian normal.

Untuk kamu saat ini menggunakan Mi A1 dan ingin mendapatkan akses root atau memasang TWRP, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka kunci bootloadernya terlebih dahulu atau biasa dikenal dengan istilah Unlock Bootloader yang disingkat UBL.

Apa itu Bootloader?

Bootloader adalah sebuah program inti yang berfungsi untuk mengatur program apa saja yang akan dijalankan saat Xiaomi Mi A1 kalian di hidupkan apakah itu langsung ke System Android atau masuk ke Recovery ataupun Fastboot. Bootloader ada 2 macam locked dan unlocked.

Dengan Bootloader yang terkunci kita tidak bisa memodifikasi perangkat ini seperti mengganti Stock Recovery dengan TWRP atau merubah system operasi resmi menjadi tidak resmi dengan Custom ROM bahkan melakukan instalasi ulang melalui Mi Flash Tool.

Apa itu Unlock Bootloder dan Tujuannya

Meskipun Xiaomi mengunci Bootloader Mi A1 tapi kita masih di izinkan untuk UBL, proses unlock bootloader di Mi A1 ini berbeda dengan smartphone Xiaomi yang lain. Mi A1 ini lebih simple dan sekali klik langsung terbuka bootloadernya.

Tujuan utama dari Unlock Bootloader agar bisa mengganti Stock Recovery dengan TWRP. Dengan adanya TWRP kita bisa melakukan banyak hal seperti melakukan rooting, install custom ROM, Backup dan Restore, dan lain sebagainya.

Selain itu penting juga dengan unlock bootloader kamu dapat dengan mudah melakukan flashing ulang firmware dengan menggunakan Flash Tool.

Sebelum mencobanya ada satu hal yang perlu kamu ketahui kalau Unlock Bootloader Mi A1 ini akan menghapus semua data seperti kontak, aplikasi dan game yang terinstall.

Bahan File UBL Xiaomi Mi A1

  1. Download file ADB Fastboot, setelah itu extract filenya di PC atau Laptop Windows kamu.
  2. Install USB Drivers di PC atau Laptop.

Langkah-langkah Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1

  1. Pertama aktifkan dulu USB Debugging Xiaomi Mi A1 kamu dengan cara buka Setting klik 7x pada tulisan Build Number / Nomor Bentukan sampai muncul tulisan “Anda sekarang adalah seorang pengembang“.
  2. Sekarang menu Developer Option / Opsi Pengembang telah terbuka, kamu sudah bisa masuk, kemudian aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
    Cara Unlock Bootloader "UBL" Xiaomi Mi A1 "Tissot" Android Nougat Dan Oreo 2
  3. Masuk ke Fastboot Mode, caranya matikan Mi A1 kamu kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power tahan beberapa saat kemudian lepaskan. Kalau berhasil masuk ke Fastboot Mode akan nampak seperti gambar di bawah ini.
    Cara Unlock Bootloader "UBL" Xiaomi Mi A1 "Tissot" Android Nougat Dan Oreo 3
  4. Buka folder ADB Fastboot, selanjutnya double klik file yang bernama start.cmd, Sekarang Command Prompt telah terbuka.
    Cara Unlock Bootloader "UBL" Xiaomi Mi A1 "Tissot" Android Nougat Dan Oreo 4
  5. Kemudian kamu ketik perintah seperti di bawah ini dan ENTER
    fastboot oem unlock
  6. Sekarang kamu sudah berhasil Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1. Silahkan di Reboot dengan perintah seperti ini.
    fastboot reboot

Dengan berhasilnya kamu UBL itu bearti kamu sudah bisa memasang custom recovery TWRP dan membuka akses root di smartphone ini.

Loading...
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!