Tips Bermain Game di Android Jadi Lancar

Perkembangan smartphone begitu cepat terjadi dimana bukan hanya di jadikan sebagai alat komunikasi tapi sudah menjadi konsol game dan alat media sosial. Tetapi banyak yang tidak tahu akan keterbatasan dari smartphone mereka terutama dalam segi RAM, Processor dan GPU, sehingga menjejali dengan bermacam-macam aplikasi media sosial, dan game.

Pengguna android yang menggunakan RAM di bawah 512MB akan kesulitan dalam memainkan game-game HD apabila telah banyak aplikasi yang terinstall di smartphonenya. Bagi yang ingin bermain game dengan lancar tanpa lag mungkin bisa mencoba tips2 di bawah ini.

Menggunakan Aplikasi Quarantine

Aplikasi ini berfungsi untuk menonaktifkan sementara aplikasi2 yang terinstall di android kamu. semakin banyak aplikasi dan game yang terinstall tentunya berpengaruh dalam hal kinerja smartphone kita, apalagi aplikasi2 media sosial seperti FB,Whatsapps, BBM, Line, Twitter wajib dinonaktifkan untuk pengguna yang RAM 512MB kebawah.

Tips Bermain Game di Android Jadi Lancar 1

  1. Pastikan Android kamu sudah di Root terlebih dahulu.
  2. Install aplikasi tersebut bisa di dapat di Quarantine di Google Play Store ada yang free versionnya.
  3. Buka aplikasi tersebut dan pilih aplikasi-aplikasi yang akan dinonaktifkan.
  4. Kemudian klik tombol Gembok yang berada di atas.
  5. Sekarang coba mainkan gamenya.
  6. Untuk mengaktifkan lagi aplikasi-aplikasi yang sebelumnya di hibernate, uncheck di tab Quarantine

Menggunakan Tweak RAM

Apabila cara pertama masih kurang manjur bisa dikombinasikan dengan aplikasi Tweak RAM, seperti LSpeed, RAM Manager atau GameBooster. Tapi lebih direkomendasi gunakan aplikasi LSpeed, karena aplikasi ini berisi bermacam-macam tweak seperti meningkatkan performa, menambah daya tahan baterai dan mengurangi lag.

Agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik, pastikan sudah berhasil membuka akses root di Android kamu. Untuk menginstall aplikasi ini kamu bisa melalui Google Play Store. L Speed (Gaming~Battery saver~Performance).

Menggunakan GLTools

Masih ngelag juga gamenya?… bisa tambahin tutorial ke 3 ini dengan menggunakan aplikasi GLtools. Aplikasi ini mampu memanipulasi GPU dan CPU sesuai dengan yang kita inginkan. Sangat berguna untuk meningkatkan grafis supaya efek nya keluar dan juga menurunkan kualitas grafis agar bisa dimainkan di smartphone yang yang memiliki RAM yang kecil.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Android kamu harus sudah di root terlebih dahulu.

Cara Menggunakan GLTools

  • Install GLTools129XDA.apk
  • Kemudian buka aplikasi Gltools.
  • Beri centang ke tiga option dan setelah itu klik “Install” (pastikan internet di Android kamu aktif saat proses installnya).
  • Setelah selesai otomatis devices kamu akan Restart.
  • Setelah hidup kembali buka lagi Gltoolsnya.
  • Kemudian pilih game yang akan kamu setting.
  • Aktifkan “Use Fake GPU Info”. Klik “Use a Template” Untuk memilih GPU, coba pilih paling atas dulu, kalau ga kuat ganti GPU yang lain sampai menemukan yang pas.
  • Optional beri centang juga pada:
    -Enable custom setttings.
    – Force 16bit rendering.
    – GLSL shaders.
  • Setelah selesai coba kamu mainankan gamenya.
  • Apabila terasa kurang atau tidak ada pengaruhnya. Klik Downscale texture kemudian pilih 0.5x (apabila masih kurang juga pilih 0.25x) (efeknya kualitas gambar jadi turun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *