Tips

2 Cara Reset Ponsel Oppo Semua Tipe

Melakukan reset pada Hp Oppo merupakan cara paling mudah, cepat dan aman untuk memperbaiki beberapa masalah yang menimpa ponsel kamu ataupun sekedar ingin menghapus data untuk dijual kembali. Untuk yang belum tahu caranya, bisa mengikuti 2 metode cara reset Hp Oppo yang ada di bawah ini.

Kamu bisa melakukan reset apabila mengalami masalah seperti memory penyimpanan kepenuhan karena berisi data aplikasi maupun game, berbagai file sampah dan cache.

Hal seperti ini biasanya akan menyebabkan Hp kita akan terasa tidak seperti saat pertama kali membelinya, terasa ngelag, sering sekali hang ataupun tiba-tiba aplikasi yang kita buka tertutup sendiri.

Reset sering juga dilakukan jika pengguna ingin menjual ponselnya, supaya semua file dan data di Hp Oppo kamu tidak di gunakan oleh orang lain. Untuk hal ini sebaiknya lakukan reset 2 sampai 3 kali agar benar-benar bersih.

Dua Metode Cara Reset Oppo Cepat dan Aman

Untuk mempermudah penggunanya mengatasi sendiri masalah ini, Oppo menyematkan fitur yang biasa kita kenal dengan Factory Reset dan Hard Reset.

Berhubung mereset akan menghapus semua data, jadi pastikan masih ingat email maupun password akun Google. Sebab setelah reset dan kamu lupa, maka Hp Oppo milikmu akan terkunci terkena FRP (Factory Reset Protection) yang diterapkan oleh Google. Selain itu jangan lupa juga untuk membackup file-file penting yang ada di Hp kamu.

Cara Factory Reset Hp OPPO via Pengaturan

Cara Reset Hp Oppo via Pengaturan
Kamu bisa memanfaatkan menu factory reset yang ada di pengaturan Hp Oppo untuk mengatasi beberapa masalah seperti lag, aplikasi force close, memory kepenuhan dan menghapus semua data.

Berikut ini cara factory reset Hp Oppo lewat menu pengaturan.

  1. Ketuk ikon Pengaturan di beranda Hp Oppo milikmu.
  2. Scroll kebawah dan pilih opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Kemudian pilih Buat Cadangan dan Reset.
  4. Kalau sudah yakin mereset semua data, silahkan pilih menu Reset ke Data Pabrik.
  5. Langkah terakhir, pilih Bersihkan Semua Data.
  6. Tunggu proses reset berlangsung.

Cara Reset Hp Oppo Lewat ColorOS Recovery

Cara Reset Hp Oppo via ColorOS Recovery
Untuk bisa melakukan hard reset lewat recovery mode, kamu terlebih dahulu masuk ke ColorOS recovery dengan menggunakan cara menekan tombol volume dan power.

Untuk yang belum tahu caranya, silahkan simak cara hard reset Hp Oppo di bawah ini.

  1. Pastikan baterai masih tersisa minimal 50%.
  2. Kemudian matikan Hp Oppo milikmu.
  3. Selanjutnya tekan tombol Volume Bawah dan Power kemudian lepaskan setelah muncul logo Oppo.
  4. Pada tampilan awal recovery, kamu pilih English.
  5. Pilih menu Wipe Data.
  6. Setelah itu pilih Wipe data.
  7. Lakukan konfirmasi dengan tap tombol OK.
  8. Setelah muncul Wiped Successfully klik tombol OK.
  9. Terakhir pilih pilih Reboot.

Proses restart Hp Oppo membutuhkan waktu berkisar antara 5 sampai 15 menit, kalau sudah berhasil masuk, silahkan melakukan setup kembali.

Penutup

Factory Reset adalah metode penghapusan data melalui menu Reset data pabrik yang ada di Pengaturan. Sedangkan Hard Reset lewat menu Wipe Data yang ada di ColorOS Recovery. Biasanya reset via recovery ini digunakan apabila mengalami stuck atau berhenti di logo Oppo yang biasa dikenal dengan istilah bootloop.

Kamu pengguna OPPO A31, A12, A15, A3, A5, A7, A9 2020 dan juga semua varian Oppo Reno, F11, F9, F7, F5 dan sebagainya dapat mengikuti kedua metode tersebut.

Apabila masalah di Hp Oppo kamu tidak juga bisa diperbaiki, sangat besar kemungkinan ada masalah di bagian hardware dan itu harus diperbaiki di service center atau ke tukang service.

Nah, itulah 2 metode cara reset Oppo yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi berbagai masalah atau error. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Tags

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *