TIPS n TRIK

Cara Cek IMEI Asus Zenfone Asli Dan Status Garansi Resmi

Cara Cek IMEI ASUS – Hampir semua manusia di muka bumi ini memiliki nomor identitas, kalau di indonesia dikenal dengan nomor KTP yang memuat berbagai informasi tentang diri kita. Demikian juga dengan semua perangkat yang menggunakan SIM Card, memiliki nomor identitas sendiri, kalau yang pakai GSM dikenal dengan International Mobile Equipment Identity (IMEI) dan untuk CDMA disebut Mobile Equipment Identifier (MEID).

Sama halnya dengan KTP, IMEI dan MEID ini sangat penting dan juga berguna untuk mengetahui status HP kita itu resmi atau BM (Black Market) dan juga bisa menghindari kita tertipu dengan HP palsu (Replika). Biasanya semakin populer/laris smartphone tersebut, biasanya ada saja yang membuat replikanya untuk dijual.

Beberapa replika dari iPhone dan Samsung sering sekali kita lihat jual bebas dan tidak menutup kemungkinan Zenfone juga ada replikanya. Mungkin kalau penjualnya jujur akan memberitahukan ke kita kalau HP tersebut replika, KW, Super Copy dan lain lain. Untuk menghidari hal tersebut kamu bisa melihat informasi nomor IMEI.

Untuk mengetahui nomor IMEI di ASUS Zenfone ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, disini ada 3 cara cek IMEI ASUS Zenfone yang umum dipakai.

Cara Cek IMEI ASUS Zenfone

  1. Buka Telepon dial ke *#06# akan nampak nomor IMEI1 dan IMEI2 (phone dual SIM).
    Cara Cek IMEI Asus Zenfone Asli Dan Status Garansi Resmi 1
  2. Kamu juga dapat menemukan nomor IMEI dan serial unit di SetelanAboutStatusInformasi IMEI.
    Cara Cek IMEI Asus Zenfone Asli Dan Status Garansi Resmi 2
  3. Kemudian cek juga pada bagian belakng Dus / Box. Disitu kamu akan menemukan informasi IMEI serta Serial Number (SN).Cara Cek IMEI Asus Zenfone Asli Dan Status Garansi Resmi 3

Dari ke 3 data diatas, kamu pastikan kalau nomor IMEI nya sama dan juga pada Serial Number (SN) / Nomor Seri yang ada di SetelanStatus dengan yang ada di BOX/Dus. Kalau kesemuanya itu sama betul, bisa dipastikan ASUS Zenfone kamu itu ASLI.

Meskipun ASUS Zenfone kamu asli belum tentu itu yang dijual resmi, kamu harus cek kembali menggunakan serial number HP kamu ke Service Center ataupun menggunakan aplikasi My ASUS. Disitu kamu akan menemukan info mengenai model zenfone dan masa garansinya.

Cara Cek Zenfone Resmi / Masa Garansi via Aplikasi My ASUS.

  1. Buka aplikasi My ASUS yang ada di HP kamu.
  2. Klik Daftarkan Produk kemudian masukan Serial Number (SN) / Nomor Seri.
  3. Setelah terdaftar, klik Akun dan pilih Produk Saya.
  4. Disitu akan terlihat Info Produk seperti model zenfone, tanggal terdaftar, tanggal pembelian dan masa berakhir garansi.
  5. Kalau informasinya sesuai, bearti smartphone ASUS Zenfone kamu itu Asli dan Resmi.
  6. Apabila informasi masa garansi tidak tersedia dan juga tanggal pembelian tidak ada, kemungkinan Zenfone kamu itu tidak resmi alias HP BM. Seperti contoh pada gambar dibawah ini.
    Cara Cek IMEI Asus Zenfone Asli Dan Status Garansi Resmi 4

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui perihal status HP Zenfone nya, apakah asli dan resmi atau palsu (replika) dan BM. Untuk lebih memastikan, kamu bisa cek IMEI di situs Kemenperin (Kementerian Perindustrian).

Cara Cek IMEI Zenfone Di Kemenperin

  1. Buka browser dan ketik https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Silahkan masukan nomor IMEI Zenfone kamu
  3. Kalau telah terdaftar akan muncul keterangan ponsel Znfone yang kamu gunakan seperti IMEI, nama perusahaan pembuat, Merek HP, Model / Tipe HP kamu.
  4. Kalau terlihat informasi HP kamu bearti, telah diakui oleh pemerintah.

Dengan info diatas tentunya akan menghindari resiko tertipu akan handphone palsu dan juga dapat mengetahui apakah HP tersebut barang resmi atau BM (Black Market) dengan melihat nomor IMEI.

Ingat ya, IMEI ini sangat penting, dan jangan sekali-sekali membagikan informasi mengenai nomor IMEI HP kalian. Karena sering sekali saya melihat di Facebook Group ataupun Instagram, membagikan hasil screenshot yang tanpa disadari terlihat nomor IMEI nya. Kalau mau share screenshot sebaiknya di edit terlebih dahulu.

Ok, Sekian dahulu info singkat dari saya ini agar bisa bermanfaat bagi yang ingin membeli ASUS Zenfone.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!