TIPS n TRIK

3 Cara Mengetahui HP OPPO Ilegal atau Resmi Lewat Cek IMEI

Cara Cek IMEI OPPO – International Mobile Equipment Identity yang biasa disingkat IMEI adalah salah satu hal yang penting. Apalagi saat ini pemerintah mulai memberlakukan kontrol IMEI yang ketat, dimana nomor IMEI yang tidak terdaftar oleh pemerintah akan di blokir perangkatnya selulernya.

Semua perangkat seluler baik itu HP, tablet, Smartwatch dan lain-lain pasti memiliki IMEI (ponsel GSM) atau MEID (ponsel CDMA). Nomor IMEI ini sendiri menyimpan berbagai macam data yang berkaitan langsung dengan perangkat seluler yang kamu miliki seperti nama perusahaan pembuat, model, tipe, garansi dan lain sebagainya.

Pemerintah akan memberlakukan aturan IMEI ini mulai 17 Agustus 2019 ini, tentunya saat itu kamu sudah tidak bisa membeli sembarang HP seperti HP BM ataupun membelinya di luar negeri. Buat yang sudah terlanjur membeli sebelum tanggal 17 agustus, nantinya akan ada pemutihan.

Nah, untuk kamu pengguna smartphone OPPO sebaiknya segera lihat tutorial cara cek IMEI OPPO kamu, untuk mengetahui apakah barang ilegal (BM) atau resmi. Dengan tahunya nomor IMEI, kamu bisa melakukan validasi apakah HP kamu asli atau palsu melalui situs resmi OPPO dan juga kamu bisa cek apakah IMEI tersebut sudah terdaftar di Kemenperin (Kementerian Perindustrian).

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menyiapkan halaman khusus untuk mengecek nomor IMEI yang diijinkan untuk digunakan di indonesia. Karena meskipun smartphone OPPO kamu asli belum tentu itu resmi masuk ke negara kita, biasanya barang BM masuk ke indonesia secara tidak resmi (menghidari pajak). Makanya barang BM biasanya lebih murah.

Karena masalah IMEI ini krusial, sedikit tips buat kamu, janganlah pernah share nomor IMEI ponsel kamu di group ataupun di forum-forum. Biasanya kita share screenshot tanpa disadari terlihat nomor IMEI. Edit terlebih dahulu screenshot kamu.

OK, pertama akan saya bahas terlebih dahulu bagaimana cara cek IMEI OPPO kamu. Disini ada beberapa cara yang memungkinkan kita bisa melihat IMEI tersebut.

Cara Cek IMEI OPPO

  1. Cara pertama buka Telepon dan ketik *#06#, nanti akan muncul nomor IMEI.
    cek imei via dial
  2. Cara kedua buka Setelan (Settings) – Tentang Ponsel (About phone) – Status. Di menu tersebut akan nampak IMEI.
    cek imei di phone status
  3. Cara ketiga dengan melihat info yang ada di Dus/Box. Biasanya ada di belakang.
    cara cek imei oppo dus

Sekarang kamu pastikan kalau semua IMEi yang tampil itu sama, kalau semuanya sama betul bearti besar kemungkinan OPPO yang saat ini kamu miliki itu asli. Kalau berbeda pastinya itu barang palsu ataupun refurbish.

Bagaimana kalau IMEI Null / Invalid / 0 / Unknown?
Masalah ini biasanya terjadi karena kerusakan partisi modem, untuk hal ini silahkan klaim garansi atau coba lakukan perbaikan IMEI dengan mengikuti tutorial yang pernah saya share mengenai cara mengembalikan IMEI yang hilang.

Cara Cek Validasi IMEI OPPO

Sekarang kamu cek validitas IMEI tersebut melalui website OPPO. Kalau valid akan muncul informasi model HP serta status garansinya.
Silahkan kunjungi halaman Cek Status Garansi OPPO. Masukan IMEI1 di kolom IMEI dan isi verifikasi kodenya kemudian klik tombol Cek Sekarang.
imei oppo valid

Kalau informasinya di website OPPO tersebut sesuai, bisa dipastikan HP OPPO kamu itu asli dan resmi.

Langkah selanjutnya sebaiknya kamu cek kembali IMEI Oppo melalui situs resmi pemerintah, agar kita bisa mengetahui apakah IMEI HP Oppo kita sudah terdaftar atau belum.

Cara Cek IMEI Terdaftar di Kemenperin

Untuk mengetahui status IMEI OPPO kita sudah terdaftar oleh pemerintah, kamu bisa mengunjungi halaman cek IMEI di web situs Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id. Silahkan masukan nomor IMEI OPPO kamu, apabila telah terdaftar akan muncul keterangan perangkat seluler yang kamu gunakan seperti IMEI, nama perusahaan pembuat, Merek HP, Model / Tipe HP kamu.

Tapi untuk sementara halaman tersebut masih dalam tahap pengembangan, kamu akan bisa mengecek setelah pemerintah selesai mensinkronkan database IMEI dan SIM Card. Semoga dalam beberapa hari sudah bisa digunakan lagi.

Penutup

Akhir kata, selamat tinggal HP Black Market (BM) yang murah dengan spesiifkasi berkelas. Oh ya sebaiknya lakukan backup IMEI via TWRP untuk mencegah apabila terjadi kehilangan IMEI.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!