Cara Cek IMEI Xiaomi Resmi / TAM Terdaftar Atau Tidak

Cara Cek IMEI Xiaomi – Saat ini kita dihebohkan dengan peraturan baru dari pemerintah tentang validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) di semua perangkat seluler yang sedang beredar maupun akan beredar di indonesia. Dimana nantinya pemerintah akan mengumpulkan semua IMEI dan SIM Card semua perangkat seluler resmi kedalam satu database.

Pemerintah akan memberlakukan peraturan baru IMEI ini pada tanggal 17 agustus 2019, kalau IMEI kamu tidak terdaftar kemungkinan tidak akan bisa menggunakan layanan komunikasi dari operator indonesia seperti SMS, Telpon dan internetan.

Nantinya HP Kamu hanya bisa menggunakan untuk memotret, main game dan aktifitas lainya yang tidak berhubungan dengan operator. Untuk internet di HP, kamu bisa menggunakan Wifi.

Saat ini peraturan tersebut masih disusun dan semoga saja regulasi ini tidak jadi di terapkan. hehehe…soalnya 2 hape Xiaomi saya barang BM yang IMEI nya tidak jelas, berbeda yang ada di HP sama dus.

Dengan adanya peraturan ini pastinya membuat para distributor hp Black Market (BM) dan kita para penggunanya ataupun yang beli di luar negeri seperti Amazon atau Aliexpress ketar-ketir. Dan juga mungkin kita tidak akan bisa merasakan HP murah dengan spesifikasi mumpuni lagi.

6 Cara Cek IMEI Xiaomi

Untuk itu kamu pengguna Xiaomi harus tahu cara cek IMEI Xiaomi, Bagi yang belum tahu, disini ada 4 cara untuk melihat nomor IMEI Hp Xiaomi.

Disini saya hanya share 4 cara ini saja, karena lebih aman daripada menggunakan aplikasi ataupun cek melalui situs tidak resmi. Karena sangat beresiko kalau cek IMEI Xiaomi lewat situs-situs tidak resmi. Untuk mengecek imei tidak membutuhkan waktu yang lama hanya sekitar 5 menit.

Sebelum memulai kamu perlu menyiapkan sebuah HP Xiaomi beserta Dus HP (optional) dan Pulpen untuk mencatat nomor-nomor IMEI yang nantinya nampak.

Cek IMEI Xiaomi Di Menu Setting

Cara Pertama buka Settigs pilih About phone (Tentang Ponsel) kemudian pilih Status. Nanti disitu akan terlihat kode IMEI HP Xiaomi yang kamu gunakan.
menu informasi imei xiaomi

Cek IMEI Xiaomi Dengan Kode Dial

Cara kedua kamu bisa cek IMEI Xiaomi dengan aplikasi Telepon, dial ke *#06#. Nanti akan terpampang IMEI Xiaomi kamu. Cara ini yang paling umum digunakan karena bisa diterapkan di semua perangkat Android.
dial cek imei

Cek IMEI Xiaomi Yang Terdapat Pada Dus/Box

Cara ketiga yakni dengan melihat IMEI yang terdapat di Dus / Box HP. Biasanya IMEI tertera pada belakang Dus, silahkan di lihat informasi IMEI 1 dan IMEI 2 yang ada disitu.
cara cek imei xiaomi di dus

Cek IMEI Xiaomi Di Body HP

Cara keempat dengan cek IMEI Xiaomi yang ada di body yang ada di balik baterai HP kamu. Cara ini hanya khusus buat yang Hp Xiaomi bisa dilepas baterainya seperti Redmi 2 atau Redmi Note 2.
cek imei xiaomi di balik baterai

Sekarang kamu catat nomor IMEi tersebut, kemudian compare semuanya apakah yang di tampilkan selalu sama atau tidak, kalau semuanya sama kemungkinan Xiaomi kamu itu resmi dan asli. Tapi tetap bukan jaminan ya, karena bisa saja memang sengaja dirubah agar sama.

Untuk itu kamu perlu meverifikasi IMEI tersebut di situs resmi Xiaomi.

Cara Verifikasi Nomor IMEI Xiaomi

Untuk memastikan IMEI di HP Xiaomi kamu itu resmi, kamu perlu verifikasi IMEI tersebut di web resmi milik Xiaomi apakah asli atau tidak.

  1. Buka halaman Product Authentication di web Xiaomi
  2. Pilih tab Verify your phone purchase
  3. Isi IMEI Xiaomi kamu pada tab IMEI / SN (cukup isi IMEI pada SIM1 saja)
  4. Setelah itu masukan kode verifikasi
  5. Klik tombol Verify
  6. Nah, kalau Xiaomi kamu resmi akan muncul model/tipe Hp Xiaomi kamu. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
    verifikasi imei resmi xiaomi

Sekarang kamu sudah mengetahui apakah Xiaomi kamu termasuk barang asli atau palsu dengan melakukan verifikasi IMEI di situs resmi Xiaomi. Untuk kamu yang memiliki Xiaomi resmi tentunya sekarang bisa bernafas lega, kemungkinan terhindar dari pemblokiran pemerintah.

Tetapi lebih baik lagi kamu cross cek apakah IMEI Xiaomi kamu sudah terdaftar oleh pemerintah atau belum melalui situs resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Cara Mengetahui Status IMEI HP Xiaomi Sudah Terdaftar Di Kemenperin

cek imei di kemenperin
Saat ini pemerintah sudah membuatkan sebuah halaman khusus di situs Kementerian Perindustrian untuk mengecek IMEI yang terdaftar resmi atau tidak.

Nantinya kamu bisa cek IMEI Xiaomi kamu disitu, kalau tidak terdaftar berarti HP kalian tidak resmi alias BM.

Untuk mengetahui status IMEI Xiaomi kita sudah terdaftar oleh pemerintah, kamu bisa mengunjungi halaman cek IMEI di web situs Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id.

Silahkan masukan nomor IMEI Xiaomi kamu, apabila telah terdaftar akan muncul keterangan IMEI sudah terdaftar di database Kemenperin.

Kalau memang punya kamu belum terdaftar, coba kamu cek IMEI kembali dalam beberapa hari, karena sampai saat ini pemerintah masih mensinkronkan database IMEI dan SIM Card.

Update:
Peraturan ini akan berlaku pada bulan April 2020, untuk yang sudah terlanjur membeli HP Xiaomi tidak resmi sebelum peraturan ini berlaku tidak akan diblokir.

Akhir Kata

Sering sekali saya melihat di Group dan forum, banyak yang share screenshot yang terlihat nomor IMEI nya. Sebelum share screenshoot edit terlebih dahulu bagian yang memuat nomor IMEI kalian. Karena bisa saja digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah panduan cara cek IMEI Xiaomi yang bisa saya share, semoga dengan adanya tutorial cek IMEI Hp Xiaomi ini bisa terhindar dari pemblokiran pemerintah dan juga bisa mengetahui apakah Hp Xiaomi kamu aslia tau palsu.

Tags

2 Comments

  • Kenapa hp xiaomi 5A saya tidak bisa di gunakan
    Padahal sudah saya cek di situs kemenperin dan di nyatakan sudah terdaftar
    Tapi sinyal tetap tidak mau muncul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *