TIPS n TRIK

Cara Mengembalikan IMEI dan MEID yang Hilang / Null / Invalid

Cara Mengembalikan IMEI Dan MEID Yang Hilang – Saat kamu membeli sebuah handphone, baik dengan harga murah maupun mahal pasti semuanya memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) atau Mobile Equipment Identifier (MEID) untuk ponsel CDMA. Nomor IMEI sendiri menyimpan berbagai macam data yang berkaitan langsung dengan ponsel yang kamu miliki.

Kehilangan IMEI bisa saja menimpa HP kesayangan kamu entah itu karena melakukan unlock jaringan, salah install firmware ataupun hal lainya.¬†Ada beberapa HP yang memang rentan mengalami IMEI/MEID “null” seperti pada HP Andromax Series, hal ini bisa dimaklumi karena memang Andromax Series di desain khusus untuk jaringan Smartfren saja dengan berbagai proteksi sehingga kita tidak bisa sembarangan merubah-rubah settingan jaringan di HP buatan mereka. Kesalahan melakukan setting jaringan atau memaksa merubah konfigurasi modem bisa menyebabkan kehilangan IMEI/MEID.

Nah bagi kalian pengguna smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm, bisa mengikuti tutorial di bawah ini agar IMEI atau MEID bisa kembali lagi.

Bahan-Bahan Write IMEI/MEID

  1. Minimal ADB And Fastboot dan USB Driver kemudian install di PC.
  2. Software Write IMEI
  3. Software Write MEID (gunakan ini apabila HP kamu menggunakan MEID seperti Andromax E2, Andromax Qi, Andromax R dan lain-lain)

Cara Lihat IMEI/MEID

Sekarang catat nomor IMEI atau MEID HP yang kamu gunakan. Untuk mengetahui nomor IMEI bisa di lihat di balik tempat baterai atau di box HP kamu.
letak imei dan meid

Langkah selanjutnya pastikan HP kamu sudah sukses di root dan mengaktifkan USB Debugging di HP kamu, khusus pengguna Andromax berhubung menu USB Debugging tidak bisa di akses jadi terpaksa kamu harus memasang custom rom terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan USB Debugging kamu buka SetelanTentang Ponsel kemudian klik sebanyak 7x berturut-turut pada Nomor Bentukan nanti akan muncul Menu Opsi Pengembang, buka menu tersebut dan aktifkan Debugging USB.

Kalau masih bingung cara mengaktifkan USB Debugging lihat disini petunjuknya untuk pengguna Xiaomi MIUI, OPPO ColorOS, Vivo Funtouch dan ASUS ZenUI.

Cara Write IMEI Dan MEID Di Qualcomm

  1. Buka folder Minimal ADB and Fastboot yang ada C:\Program Files atau di C:\Program Files (86). Kemudian klik py_cmd.exe
    minimal adb fastboot
  2. Setelah itu hubungkan Android kamu ke PC dengan kabel USB. Setelah terhubung ketik adb devices, kemudian ketik adb shell selanjutnya ketik su. Coba cek di Android kamu ada permintaan izin dari SuperSU, kamu klik izinkan.
  3. Pastikan sudah ada tanda pagar lalu ketik setprop sys.usb.config diag,adb. Nanti di device manager akan muncul port Ports diag Qualcom HS-USB Android DIAG 901D.
    Cara Mengembalikan IMEI dan MEID yang Hilang / Null / Invalid 1
  4. Sekarang jalankan program write IMEI. Selanjutnya isi MEID, IMEI1 dan IMEI2. Setelah itu klik tombol START

    write imei dan meid

    Catatan: khusus Write MEID kamu harus isi juga IMEI2, untuk IMEI2 tulis seperti kepunyaan IMEI1 tapi sedikit dibedakan misalkan dirubah angka belakangnya saja.

  5. Kalau berhasil akan ada kotak warnah hijau dengan tulisan PASS
  6. Sekarang Reboot HP kamu

Sekarang IMEI dan MEID di HP kamu sudah kembali lagi, silahkan cek *#06#, kalau imei sudah nampak bearti kamu sukses melakukan write imei.

Semoga artikel ini bisa menjadi solusi terbaik mengatasi HP yang kehilangan IMEI/MEID.

Tags
error: Content is protected !!